4 Konsep Digital Marketing yang Penting untuk Dipahami! Pemula WAJIB Tahu!

konsep digital marketing
konsep digital marketing
Konsep Digital Marketing

Konsep digital marketing sering didefinisikan sebagai salah satu jenis promosi dengan menggunakan media digital. Contohnya, kalau kamu mempunyai produk dan ingin menjualnya, kamu bisa membuat akun media sosial seperti Instagram atau Tiktok untuk mempromosikan bisnis yang kamu punya.

Tujuan utama digital marketing adalah untuk menarik konsumen dengan cepat dan mudah. Dengan digital marketing, kamu bisa menjangkau konsumen yang luas.

Konsep ini dapat digunakan untuk semua jenis bisnis dan dapat menjangkau target konsumen tertentu. Berikut ini adalah beberapa konsep dalam digital marketing yang perlu kamu tahu!

Konsep Digital Marketing Zero Moment of Truth dari Google

Untuk memahami zero moment of truth, sederhananya seperti ini, sebelum orang mengambil keputusan untuk membeli di toko, mereka akan memutuskan untuk membeli sebuah barang, mereka akan memutuskan untuk membeli atau tidak berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari mesin pencari.

Itu artinya, kalau kamu mau memenangkan ZMOT ini, kamu harus memastikan bahwa reputasi kamu di mesin pencari itu bagus. Pastikan informasi yang kamu berikan itu lengkap, website experience-nya bagus, dan juga mendapatkan review yang positif dari para pengunjung. Jika ada yang negatif, pastikan kamu jawab dan meluruskannya.

AISAS dari Dentsu Jepang

Ada 5 tahapan pada konsep yang satu ini, yaitu:

  • Attention (tahu)
  • Interest (tertarik)
  • Search (cari)
  • Action (beli)
  • Share (memberikan review)

Pengalaman yang orang rasakan terkait produk kita akan dibaca oleh orang lain yang sedang mencari tahu tentang produk kita dan sedang dalam proses mengambil keputusan.

Mobile First atau Mobile Only

Saat ini banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, orang-orang selalu memeriksa smartphone-nya. Artinya, kita sebagai seorang digital marketer harus bisa memastikan website kita, konten media sosial, dan video kita harus enak dinikmati via mobile.

Kamu bisa bayangkan kalau ada website yang tidak mobile friendly, konten media sosialnya yang berisi tulisan yang terlalu kecil, atau video panjang dengan durasi sampai 15 menit, jika user sedang berada di atas kendaraan yang bergoyang, apakah kontennya bisa terbaca? Atau malah langsung dilewatkan begitu saja?

Digital Marketing Trifecta

Digital marketing nggak cuma sekedar media sosial dan website aja, tapi juga tentang 3 elemen di bawah ini:

  • Owned: Rumah kita
  • Paid: Iklan buat ngajak ke rumah
  • Earned: Testimoni orang yang tidak kita bayar

Pertama, kita harus siapkan rumah kita dahulu. Kalau rumah kita sudah bersih dan nyaman, kita bisa mengajak orang (beriklan) supaya main ke rumah kita. Jika orang-orang betah, mereka tentu akan merekomendasikan rumah kita tanpa harus kita bayar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua! Buat kalian yang tertarik dengan digital marketing, kalian bisa daftar kursus digital marketing di Argia Academy.

Kursus digital marketing di Argia Academy menyediakan GRATIS sertifikasi BNSP yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja dan portofolio kamu. Yuk daftar sekarang juga di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x