4 Cara Membuat Blog untuk Pemula yang Wajib Diketahui!

Gimana sih cara membuat blog? Yuk cari tahu!

Apa Itu Blog?

Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi, seperti artikel, foto, atau video, yang selalu diperbarui secara rutin. Blog merupakan media online multifungsi yang semakin populer dan serbaguna.

cara membuat blog
Cara membuat blog

Menurut sebuah survei, 77% pengguna internet ternyata membaca blog, loh! Tidak mengherankan, akan ada 600 juta blog aktif di seluruh dunia pada tahun 2020. Pada dasarnya, definisi blog adalah “weblog”. Ini berarti, situs web untuk menyimpan “log” atau catatan yang dikelola oleh satu atau lebih blogger.

Saat ini membuat sebuah blog juga cukup mudah dan cepat. Ada banyak cara membuat blog yang bisa kalian coba. Kalian dapat menggunakan platform seperti, WordPress atau Blogger tanpa harus repot mempelajari pemrograman terlebih dahulu.

Kenapa Harus Membuat Blog?

Blogging bisa sangat berharga bagi berbagai orang, karena berbagai alasan. Kamu sendiri bisa banget dapetin manfaat dari blog buat pribadi, profesional, sampai menghasilkan uang sendiri atau berbisnis dari blogging. Manfaat diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan ketajaman skill menulis
  2. Menghasilkan uang 
  3. Membantu meningkatkan penjualan
  4. Sebagai media publikasi
  5. Membangun branding

Cara Membuat Blog

Lalu, bagaimana cara membuat blog? Saat ini, blog dapat dibuat tidak hanya di laptop dan PC, tetapi juga di ponsel. Cara membuat blog di HP gratis untuk pemula.

1. Tentukan niche

Cara membuat blog yang pertama adalah menentukan niche. Apa itu niche? Niche adalah topik yang menjadi fokus utama suatu blog. Menentukan topik yang menarik adalah salah satu kunci utama sebuah topik yang menarik dan disukai banyak orang. Salah satu cara untuk membuat blog pribadi atau profesional yang menarik adalah dengan menentukan topik yang kamu sukai. Misalnya, jika kalian mempunyai minat di bidang teknologi, kalian mungkin bisa membuat blog yang membahas seputar teknologi,

Dalam dunia blogging, topik adalah inti dari semua tulisan yang ada. Jadi, cobalah untuk membuat topik blog yang bermakna dan jangan mencampur aduk satu topik dengan topik lainnya. Semakin spesifik topik yang dibahas, semakin baik blog tersebut. Terutama yang memiliki konten yang membutuhkan keahlian khusus, seperti topik pemrograman, akuntansi, fotografi, olahraga, dll.

2. Pilih web hosting yang tepat

Setelah menentukan niche, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menentukan web hosting yang tepat. Hosting memungkinkan website kamu untuk bisa online dan dilihat oleh banyak orang. Hosting adalah sebuah “rumah” bagi blog kamu. Maka dari itu, menentukan sebuah hosting yang tepat adalah hal yang sangat penting.

Untuk menentukan web hosting yang tepat untuk blog kalian, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memahami kebutuhan kalian terlebih dahulu. Fokuslah kepada apa yang akan kamu prioritaskan. Berikut ini adalah pertanyaan yang bisa menjadi acuan kalian saat menentukan web hosting untuk blog kalian:

  1. Apakah blog kalian akan mendatangkan banyak pengunjung?
  2. Apakah proses setup-nya mudah?
  3. Apa saja layanan yang kamu butuhkan?
  4. Apakah fitur untuk membuat blog yang fungsional dan profesional tersedia?
  5. Berapa biaya langganannya?

3. Daftarkan nama domain

Cara membuat blog yang ketiga adalah memilih nama domain yang tepat. Memilih jenis hosting adalah aspek yang sangat penting ketika kalian ingin membuat situs web untuk bisnis kalian. Namun, memilih nama domain yang tepat tidak boleh dianggap enteng. Ini karena nama domain yang unik dan mudah dieja dapat memengaruhi lalu lintas pengunjung situs web kalian. Jadi, seperti halnya mengambil keputusan bisnis, kalian perlu berhati-hati saat memilih nama domain. Untuk menghindari kesalahan, berikut ini adalah tips memilih nama domain yang tepat!

  1. Memasukkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis
  2. Pastikan domain mudah diucapkan dan dieja
  3. Tetap unik dan brandable
  4. Jaga agar nama domain tetap singkat

4. Install platform pengelola blog

Sistem manajemen konten (CMS) adalah platform yang paling pas jika kalian ingin mencoba cara membuat blog baru. CMS adalah singkatan dari content management system, yaitu software yang memungkinkan kamu untuk membuat dan mengelola website dengan mudah. Salah satu platform terbaik yang kami rekomendasikan untuk membuat blog adalah WordPress.

Baca juga : 5 Plugin Iklan atau Advertising WordPress Terbaik

Ada platform lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog gratis, yaitu Blogspot. Namun, fitur yang disediakannya tidak selengkap WordPress.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x