4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Wajib Diketahui

Di artikel kali ini kita akan membahas cara mendapatkan uang melalui internet. Di era digital seperti sekarang ini, penggunaan internet bagi masyarakat indonesia semakin meluas. Dengan semakin banyaknya pengguna internet, cara mendapatkan mendapatkan uang dari internet pun semakin banyak. Ada banyak cara yang bisa kalian coba.

Nah di artikel kali ini kita akan membahas berbagai cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kalian coba. Gimana sih caranya? Yuk simak 4 cara mendapatkan uang dari internet!

1. Membuat dan Mengelola Blog

Cara mendapatkan uang dari internet yang pertama adalah membuat blog. Mungkin yang kalian ketahui blog hanyalah tempat yang digunakan untuk membagikan opini atau membagikan hasil karya, tapi sebenarnya fungsi blog tidak cuma itu saja loh! Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan dengan blog, salah satunya menghasilkan uang dengan blog.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu yang mau memulai untuk membuat blog:

  • Tentukan fokus blog
  • Posting dengan konsisten
  • Membuat konten yang berkualitas
  • Membuat tampilan blog yang menarik

Nah, setelah kalian membuat blog yang berkualitas, kalian bisa menentukan cara monetasi blog kalian agar bisa mendapatkan keuntungan dari blog yang kalian buat. Berikut ini adalah cara monetasi blog yang bisa kalian coba!

  • Melalui iklan berbayar
  • Menjual produk digital
  • Mempromosikan produk afliliasi
  • Melalui endorsment
  • dll

2. Memulai Bisnis E-Commerce

Cara Mendapatkan Uang

Cara mendapatkan uang dari internet yang kedua adalah dengan memulai bisnis e-commerce. Apa itu e-commerce? Electronic commerce atau e-commerce adalah segala aktivitas jual beli barang atau jasa melalui media elektronik. Di indonesia sendiri e-commerce berkembang sangat pesat, bahkan indonesia menempati 10 besar negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia

Bisnis e-commerce di Indonesia saat ini sudah sangat menjanjikan. Ditambah dengan adanya pandemi beberapa tahun terakhir, menambah populer bisnis e-commerce tersebut. Karena, masyarakat seakan dipaksa untuk membeli kebutuhan mereka secara online, agar terhindar dari virus Covid-19 yang sedang eksis.

Dilihat dari keadaan tersebut, tentunya akan sangat menguntungkan bukan? Di zaman sekarang menjual barang atau jasa lewat e-commerce juga sangat mudah, kalian bisa mulai menjual barang atau jasa melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Atau kalian bisa membuat situs kalian sendiri dengan menggunakan platform seperti WordPress atau WooCommerce.

Ada dua metode yang bisa kalian coba agar toko online kalian sukses, yaitu:

  1. Membeli produk yang lebih murah dari luar negeri, lalu menjualnya kembali melalui toko online kalian dengan harga yang lebih tinggi
  2. Membuat produk kalian sendiri lalu menjualnya ke konsumen lewat toko online yang sudah kalian buat

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membaca artikel 5 Cara Mudah Berjualan di Shopee!

3. Menjadi Youtuber

cara mendapatkan uang dari internet
Cara Mendapatkan Uang

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah dengan menjadi Youtuber. Youtuber adalah istilah untuk orang yang mempunyai channel Youtube dan membuat konten di Youtube. Sedangkan, Youtube adalah salah satu platform yang berfokus untuk berbagi video.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube? Cara mendapatkan uang dari Youtube jhampir sama dengan blog, yaitu melalui iklan berbayar ataupun memalui endorsement. Kalau kalian merasa nyaman di depan kamera dan bisa membuat video, cara ini bisa kalian coba. Pada umumnya ada 2 tipe konten yang menarik perhatian penonton di youtube, yaitu:

  1. Konten Hiburan, misalnya konten tentang komedi, game, web series, prank, ulasan, dan lain-lain.
  2. Konten Edukasi, misalnya video tentang cara membuat sesuatu, cara mengatasi suatu masalah, video tentang materi tertentu, atau yang lain-lain.

4. Menjadi SEO Specialist

Cara ke lima untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan menjadi SEO specialist. SEO adalah salah satu kategori dari digital marketing. Seperti namanya, search engine optimization atau SEO adalah seseorang yang bertugas untuk mengoptimalisasi sebuah website agar saat dicari oleh search engine. Website tersebut muncul di posisi paling pertama dan menghasilkan traffic yang tinggi.

Pekerjaan SEO spesialist juga cukup populer dan merupakan salah satu pekerjaan yang lagi ngehits di kalangan startup. Rata-rata gaji seorang SEO spesialist di Indonesia juga cukup menjanjikan, yaitu sekitar 5 juta per bulan.

Dengan penggunaan media digital yang semakin banyak, mencari materi tentang SEO juga cukup mudah. Bisa melalui Youtube, website, dll. Tapi, jika kalian tidak ingin repot-repot mencari materi, kalian juga bisa belajar di Argia Academy, loh!

Argia Academy adalah sekolah teknologi informasi dan digital marketing yang berfokus menghasilkan lulusan-lulusan berkarakter dan profesional di bidang teknologi informasi dan digital marketing. Kami memiliki program kuliah digital marketing dengan kurikulum yang selalu update mengikuti perkembangan teknologi terkini. Kami juga memberikan pendampingan untuk uji kompetensi sertifikasi BNSP.

Selain mendapatkan materi-materi tentang digital marketing, kalian juka akan mendapatkan studi kasus, sertifikat, dll, yang tidak kalian dapatkan di media belajar seperti Youtube atau yang lainnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x