Kenapa Digital Marketing Itu Penting?

Digital marketing merupakan sebuah usaha untuk memasarkan produk atau jasa dengan bantuan media digital dan jaringan internet.  Banyak sekali orang atau instansi yang mulai mendalami bidang ini.  Semuanya bertujuan untuk lebih memajukan usaha mereka masing-masing.  Lantas, kenapa harus digital marketing?  Apa yang membuat ini menjadi lebih unggul dibanding jenis pemasaran yang lainnya?  Berikut ini Argia Academy akan menyampaikan beberapa keunggulan digital marketing dibanding dengan upaya pemasaran yang lainnya.

1. Kecepatan

Dibandingkan dengan upaya pemasaran yang konvensional, digital marketing lebih cepat dan real time.  Ketika konten sudah diunggah ke media digital, seperti media sosial, website, atau marketplace, konten tersebut langsung bisa dilihat oleh audiens kita.  Berbeda dengan upaya pemasaran konvensional.  Sebagai contoh, ketika kita membuat baliho, maka prosesnya akan lebih panjang.  Mulai dari mendesain, kemudian mencetak, dan baru bisa dipasang untuk dilihat khalayak.  Untuk memasang baliho pun perlu perizinan yang rumit dan tentunya memakan waktu yang cukup lama.  Sehingga, ada selisih dari segi kecepatan yang cukup signifikan.

Baca Juga : Intip 9 Pekerjaan Baru di Era Digital

2. Jangkauan

Untuk upaya pemasaran konvensional, jangkauan yang dapat diraih sangat terbatas.  Baliho yang biasanya terpasang di perempatan, hanya bisa kita lihat di sekitar baliho tersebut dipasang.  Berbeda dengan digital marketing yang mampu menjangkau audiens yang lebih luas.  Satu postingan di Instagram contohnya, dapat menjangkau hingga ke seluruh dunia.  Sehingga, jika Anda ingin memasarkan produk atau jasa Anda dengan menggunakan ini, maka produk dan jasa Anda akan dikenal lebih luas oleh masyarakat.

3. Anggaran

Biaya yang dibutuhkan dalam kampanye iklan digital marketing jauh lebih murah dibandingkan dengan konvensional.  Cost per Reach dari sebuah iklan di Facebook saja hanya seharga Rp20,00 untuk sepasang mata yang melihat.  Sedangkan, brosur yang dicetak secara konvensional, seharga Rp100,00 per lembarnya.  Tentunya dalam mencetak brosur tidak mungkin hanya 1 lembar saja, melainkan harus banyak lembar.  Biasanya juga brosur tersebut akan dibagikan secara random.  Hal ini berbeda dengan bisnis digital.  Audiens yang akan dituju sangat jelas dan spesifik.  Sehingga, setiap rupiah yang dikeluarkan akan tepat sasaran dan tidak sia-sia.

Demikian keunggulan dari digital marketing dibandingkan dengan usaha pemasaran konvensional.  Dengan adanya pandemi seperti saat ini, kita dipaksa untuk melakukan pemasaran secara digital.  Hal ini tentu merupakan kesempatan bagi kita semua untuk semakin mendalaminya.  Dengan keunggulan yang sudah disampaikan di atas, harapannya Anda dapat memahami pentingnya belajar digital marketing. Bagaimana menurut kalian, argiatics? Seberapa penting sih belajar ilmu yang satu ini? komen di bawah ya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x