Intip 9 Pekerjaan Baru di Era Digital

Seperti yang kita para millennial tau, saat ini sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Perubahaan era ini ditandai dengan masuknya teknologi digital di berbagai bidang kehidupan manusia, baik di sektor ekonomi, bisnis, perbankan, infrastruktur, maupun komunikasi. Selain itu, Pasar tenaga kerja sebagai tempat bertemunya pencari kerja (supply) dan penerima kerja (demand) saat ini juga ikut mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan berbagai perkembangan teknologi.

Menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim, perubahan pada dunia kerja dan profesional adalah hal yang biasa. Apalagi pandemi COVID-19 telah mengubah seluruh aspek kehidupan masyarakat dalam waktu yang sangat cepat.

“Dunia kerja atau profesional pun akan berubah seiring berjalannya waktu, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini,” kata Nadiem, seperti dikutip dari laman Institut Teknologi Batam (ITEBA).

Tingkatkan SoftSkill Di Era Digital

Munculnya berbagai jenis pekerjaan baru di era digital maka diikuti dengan tuntutan profesionalitas tenaga kerja. Kita akan dituntut untuk memiliki keterampilan tidak hanya berupa hardskill namun juga softskill. Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan melek teknologi merupakan prasyarat mutlak jika ingin memenangkan persaingan pekerjaan di era digital ini. Karena bagaimanapun juga penguasaaan teknologi akan menghadirkan kesiapan tenaga kerja Indonesia untuk bersaing.

Hal yang menarik dari fenomena ini adalah, jenis-jenis pekerjaan baru di era digital ini mengadopsi kultur bekerja yang berbeda. Kantor menjadi lebih fleksibel dari segi jam kerja, bahkan para pekerja bisa dengan nyaman bekerja cukup dari rumah saja/WFH (Work From Home). Dan satu hal lagi, kini, para millennial bisa dengan mudah untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion nya. Maka dari itu, berbagai jenis pekerjaan baru di era digital ini membuka kesempatan kerja untuk siapa saja asalkan memiliki keterampilan di bidangnya.

Baca Juga : Cara Mulai Menggunakan Instagram untuk Menumbuhkan Usaha Kecil Anda

Nah, jadi apa saja sih pekerjaan-pekerjaan baru yang muncul di era digital saat ini, yang patut kalian coba pelajari dan terjun ke bidangnya? Yuk kita intip!

Jenis Pekerjaan Baru di Era Digital

Digital Marketer

Digital marketer adalah profesi di bidang pemasaran dengan memanfaatkan platform digital. Mereka bertanggungjawab atas branding dan pemasaran suatu produk.

Profesi ini juga tidak mengharuskan pekerjanya bertatap muka dengan atasan di kantor. Selama tugas-tugas terpenuhi, dikerjakan dari rumah juga tak jadi masalah.

Content Creator

Content creator adalah seseorang yang bisa membuat sebuah konten berupa tulisan, foto, atau video. Konten ini dimuat atau dipublikasikan di media online yakni website dan/atau aplikasi. Content creator kini dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Media yang biasa digunakan adalah media sosial, seperti Facenook, Instagram, dan Youtube.

Seorang content creator atau pembuat konten memiliki waktu kerja yang fleksibel dan bisa dikerjakan dimanapun. Selain mendapatkan uang dari jumlah penonton konten yang dibuatnya, mereka pun bisa menjadi jembatan antara brand dengan konsumen lewat kerja sama bisnis yang tentu menghasilkan uang.

Programmer

Sesuai dengan kondisi era digital ini, programmer menjadi pekerjaan yang sangat berhubungan erat dengan era ini. Seorang ahli programmer memiliki tugas utama menciptakan program computer atau website. Mereka dapat bekerja secara mandiri maupun bekerja dengan perusahaan yang menyewa jasanya.

Meskipun harus memiliki kemampuan yang mumpuni, menjadi seorang programmer merupakan pekerjaan yang bagus karena jam kerja yang fleksibel, tempat kerja yang fleksibel tapi dengan gaji yang besar.

Graphic Designer

Seorang Graphic Designer bertugas untuk membuat konten pemasaran perusahaan dalam bentuk gambar. Dalam membuat desain, seorang Graphic Designer harus memiliki kreatifitas yang tinggi agar mampu menghasilkan visual yang komunikatif dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Social Media Specialist

Social Media Specialist kini menjadi pekerjaan yang banyak dicari karena Media sosial berperan besar dalam penyebaran informasi dan memberikan pengaruh. Promosi melalui media sosial bagian dari komunikasi bisnis digital marketing.

Seorang Social Media Specialist bertanggung jawab dalam pemilihan konten dan menaikkan minat pembaca dengan cara membagikan konten dari perusahaan ke media sosial.

Web Designer

Web Designer atau biasa dikenal dengan UI/UX Designer memiliki tugas merancang tampilan visual sebuah web atau laman situs semenarik mungkin dengan tampilan yang mudah dipahami agar lebih mudah digunakan.

Pekerjaan ini menguras cukup banyak waktu dan membutuhkan keahlian khusus. Dan tentunya, bisa dikerjakan dari rumah dengan gaji yang besar.

SEO Specalist

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Hal itu dibutuhkan agar sebuah website mudah ditemukan, diindeks, dan mendapatkan peringkat atas di halaman hasil pencarian Google.  SEO yang diterapkan dengan baik akan menjadikan sebuah web banyak pengunjung. Jumlah kunjungan berdampak pada popularitas, pengaruh, dan akhirnya mendatangkan uang.

SEO Specialist inilah yang bertugas mengatur kata kunci yang nantinya bisa menaikkan traffic dari sebuah website. Kemudian ia juga akan membuat strategi pemasaran, tautan (link), dan sebagainya.

Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas, tidak terikat sebuah perusahaan. Ada banyak cara untuk bekerja sebagai freelancer, seperti join di beberapa website yang mempertemukan antara freelancer dan pemberi project misalnya freelancer, upworks, sribulancer, dan sebagainya.

Freelancer menjadi pekerjaan yang kini banyak diminati karena hanya dengan kerja dari rumah bisa mendapatkan client dari luar negeri yang bergaji dollar.

Bisnis Online

Bisnis online menjadi salah satu alternatif pekerjaan yang diminati. Yakni, membangun sebuah usaha dari rumah. Semua proses pembelian atau transaksi dilakukan secara online cukup menggunakan handphone atau laptop. Pekerjaan atau usaha ini tidak memerlukan budget yang terlalu besar, karena kita tidak perlu membangun sebuah tempat atau toko untuk memasarkannya.

Nah, itu tadi 9 pekerjaan baru di era digital ini. Persiapkan diri kamu dengan memulai meningkatkan softskill khususnya di bidang digital marketing dan teknologi, dengan begitu kamu bisa bersaing di era digital yang penuh persaingan ini. Jika kamu tau tentang pekerjaan baru selain diatas, komen dibawah ya 😉

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x