6 Tips Belajar Digital Marketing untuk Pemula

belajar digital marketing untuk pemula
Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Buat kamu yang mau memulai belajar digital marketing, kamu harus banget tahu tentang beberapa tips belajar digital marketing untuk pemula supaya kamu nggak bingung waktu memulai memasarkan bisnis kamu secara online.

Jaman sekarang banyak pebisnis, mulai dari yang kecil hingga yang besar, mulai berbondong-bondong ke media digital. Mereka mulai mengurangi model iklan konvensional. Maka tidak heran jika banyak yang mulai belajar digital marketing.

Namun, banyak sekali platform yang bisa digunakan oleh para pemula, sehingga mereka bingung untuk mau memulai dari mana.

Nah, supaya kamu nggak salah langkah, kamu perlu banget untuk mempelajari beberapa hal penting terkait digital marketing. Argia Academy bakal ngasih tahu kamu tips belajar digital marketing untuk pemula yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Tips Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Ini dia tips yang harus kalian lakukan kalau mau belajar digital marketing sebagai seorang pemula di bidang ini!

  • Menentukan buyer persona

Buyer personal merupakan profil yang mewakili target pasar kamu. Sehingga, untuk menentukan keberhasilan digital marketing, kamu harus menentukan buyer persona.

Dengan menentukan buyer persona yang tepat, kamu jadi bisa menyusun strategi digital marketing yang lebih tepat sasaran. Namun, kamu tidak bisa asal tunjuk saja. Kamu harus membuat buyer persona khusus untuk bisnis kamu secara tepat. Caranya dengan melakukan riset pasar, sehingga bisa menciptakan profil buyer persona yang lebih lengkap.

  • Identifikasi kebutuhan target pasar

Setelah kamu tahu buyer persona dari target pasarmu, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan mereka.

Untuk mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan target pasarmu, kamu harus bisa memastikan produk yang kamu tawarkan mampu menjawab pain point atau masalah yang sedang mereka hadapi.

Nah, agar kamu bisa mengetahuinya, kamu harus melakukan riset pasar. Kamu juga bisa melakukan FGD (Focus Group DIscussion) atau bahkan bergabung dengan Space di Twitter yang membahas topik yang sedang hits. Supaya kamu tidak ketinggalan tren terkini terkait digital marketing.

  • Susun marketing plan

Langkah selanjutnya belajar digital marketing untuk pemula adalah dengan menyusun strategi marketing yang tepat. Kenapa harus disusun sejak awal? Karena, percuma jika produk yang kamu buat mampu menjawab permasalahan masyarakat jika kamu tidak memasarkannya secara tepat.

Sebagus-bagusnya produk yang kamu tawarkan, risiko gagal akan sangat tinggi jika tidak kamu promosikan dengan tepat. Maka dari itu, kamu perlu untuk membuat marketing plan. Gunanya untuk merencanakan pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis yang kamu tentukan pada periode waktu tertentu.

Dengan menyusun marketing plan, strategi promosi kamu akan lebih terarah dan efisien. Karena, kamu sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan dan cara untuk mencapai hal tersebut.

  • Manfaatkan berbagai media digital marketing

Belajar digital marketing untuk pemula di masa kini tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan banyak media digital marketing untuk mengoptimasi promosi digitalmu. Media ini ada yang gratis hingga berbayar.

  1. Google Bisnisku;
  2. WhatsApp Bisnis;
  3. Website;
  4. Landing page;
  5. SEO;
  6. SEM;
  7. Content Marketing;
  8. Blog;
  9. Email Marketing;
  10. Video Marketing;
  11. Social Media Marketing;
  12. PPC;
  13. Native Advertising;
  14. Affiliate Marketing.

Nah, media di atas bisa kamu pilih tuh yang cocok untuk strategi pemasaranmu supaya performanya bisa melejit!

  • Terapkan strategi copywriting

Copywriting merupakan ilmu yang paling penting dalam digital marketing. Karena, semua materi promosi membutuhkan kata-kata. Bagian kalian yang mau belajar digital marketing untuk pemula, kalian wajib banget tahu hal ini.

Ada teknik khusus yang harus kamu pelajari agar bisa menyampaikan kalimat untuk keperluan bisnis. Hal ini yang disebut dengan copywriting.

Namun, copywriting tidak hanya sebatas menulis saja. Copywriting adalah teknik untuk membujuk pembaca agar mereka mau mengikuti perintah yang kamu instruksikan. Bisa jadi perintah transaksi, mendaftar, mengunduh, dan lain sebagainya.

Sebagai pemula, kamu wajib banget belajar ini agar bisa menyampaikan pesan bisnis dengan baik. Sehingga, target pasarmu bisa mengerti manfaat dari layanan dengan baik dan akhirnya bisa membeli produk yang kamu tawarkan.

  • Gunakan marketing tools untuk bisnis

Kamu bisa memanfaatkan beraneka ragam marketing tools yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Kamu bisa mengatur to do list untuk mengatur daftar pekerjaan yang kamu lakukan, aplikasi e-mail otomatis, aplikasi menganalisis data, sampai dengan tools untuk membantu upaya SEO. Nantinya manajemen project yang kamu kerjakan akan lebih mudah dan praktis.

Tips belajar digital marketing untuk pemula ini harus kamu ketahui agar strategi digital marketingmu semakin optimal.

Nah, itu tadi beberapa tips belajar digital marketing untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Bagi kalian yang ingin belajar digital marketing lebih dalam, kalian bisa belajar bareng Argia Academy. Ada promo belajar digital marketing untuk pemula khusus Idul Adha loh! Yuk cek informasinya di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x