2 Hari Penuh! Inhouse Training Digital Marketing Bersama Guru SMK PGRI Wlingi

inhouse training digital marketing
Inhouse Training Digital Marketing

Blitar (31/06) – SMK PGRI Wlingi mengadakan inhouse training digital marketing dengan mengundang Argia Academy sebagai narasumber utama pada acara ini. Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini dihadiri oleh para guru dari SMK PGRI Wlingi ini membahas beberapa topik terkait digital marketing, diantaranya strategi digital marketing, fotografi produk, desain grafis dengan Canva, Tiktok marketing, membuat website landing page tanpa coding, Google My Business, dan marketplace Shopee.

Inhouse Training Digital Marketing Argia Academy X SMK PGRI Wlingi

Inhouse training digital marketing dimulai pada hari Kamis (31/06) pukul 08.00 WIB. Acara dibuka secara langsung oleh Bapak Kepala Sekolah SMK PGRI Wlingi. Pembukaan oleh kepala sekolah berlangsung selama 30 menit. Pada pembukaan acara kali ini, Bapak Kepala Sekolah menyampaikan harapan beliau kepada guru-guru selama pelatihan ini, sekaligus menjelaskan secara singkat tentang apa saja yang akan dipelajari selama pelatihan ini. Bapak Kepala Sekolah menutup sambutan dengan membuka secara resmi pelatihan digital marketing SMK PGRI Wlingi bersama dengan Argia Academy.

Selanjutnya, materi pertama dimulai dengan materi strategi digital marketing. Materi ini membahas tentang pengenalan terkait dunia digital marketing dan apa saja kegiatannya. Materi strategi digital marketing ini diisi oleh Kak Fuad, yang merupakan mentor dari Argia Academy. Kak Fuad juga menyebutkan beberapa jenis platform yang digunakan oleh para pebisnis online dalam memasarkan produknya dengan memanfaatkan digital marketing.

Selain itu, ada beberapa studi kasus dan contoh-contoh konten pemasaran yang viral yang ditunjukkan oleh Kak Fuad agar peserta semakin memahami materi secara lebih jelas. Pembahasan tentang strategi digital marketing ini berlangsung selama 90 menit.

inhouse training digital marketing
Kak Fuad menyampaikan materinya di Inhouse Training digital marketing bersama SMK PGRI Wlingi

Setelah mendapatkan pengantar tentang digital marketing oleh Kak Fuad, materi selanjutnya lebih praktikal, yaitu fotografi produk. Materi tentang fotografi produk diisi oleh Kak Khilma, mentor materi yang sama di Argia Academy.

Pada materi kali ini, Kak Khilma membuka dengan memberikan sedikit materi terkait fotografi produk. Kak Khilma menunjukkan alat sederhana yang bisa kita gunakan agar bisa mengambil foto produk yang bagus untuk bisnis kita. Beliau juga menyampaikan beberapa teknik mengambil gambar dan juga pencahayaan. Semuanya disampaikan dengan ringan dan mudah untuk diikuti oleh para peserta.

Teori yang disampaikan kak Khilma kemudian diikuti dengan praktik foto produk. Kak Khilma mengatur studio mini untuk praktik foto produk bersama guru-guru dari SMK PGRI Wlingi. Antusiasme peserta meningkat ketika mengikuti praktik foto produk ini, karena materinya lebih praktikal. Sehingga, lebih mudah dipahami oleh para peserta.

Materi dari Kak Khilma beserta teorinya berlangsung selama 100 menit.

inhouse training digital marketing
Praktik foto produk bersama Kak Khilma pada Inhouse training digital marketing SMK PGRI Wlingi

Materi selanjutnya adalah desain grafis dengan menggunakan platform Canva. Materi kali ini diajarkan oleh Kak Nerry, seorang Canva mobile specialist yang juga merupakan mentor di Argia Academy dengan materi yang sama.

Menggunakan foto produk yang sudah diambil oleh para peserta di materi sebelumnya, foto tersebut kemudian diolah menjadi konten yang jauh lebih menarik dengan menggunakan Canva. Kak Nerry mengajarkan cara untuk membuat konten desain grafis dari produk yang sudah difoto menggunakan Canva.

Sama seperti materi sebelumnya, materi kali ini juga disambung dengan praktik mendesain agar lebih mudah untuk dipahami. Materi ini berlangsung selama 100 menit.

inhouse training digital marketing
Kak Nerry menjelaskan materi tentang dasar-dasar desain di Canva

Inhouse training hari pertama ditutup dengan materi tentang TikTok marketing yang diisi oleh Kak Rizka, TikTok konten kreator yang juga merupakan mentor di Argia Academy.

Pada materi kali ini, kak Rizka mengupas tuntas bagaimana alur perjalanan sebuah konten bisa viral melalui platform yang sedang naik daun tersebut. Kak Rizka juga menunjukkan beberapa jenis konten pemasaran di TikTok yang berhasil viral. Peserta nampak antusias mengikuti materi ini. Dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilemparkan peserta kepada Kak Rizka terkait tips berkonten di TikTok. Materi ini berlangsung kurang lebih selama 90 menit.

inhouse training digital marketing
Kak Rizka menyampaikan materi tentang TikTok Marketing

Dengan berakhirnya penyampaian materi dari Kak Rizka, berakhir pula inhouse training digital marketing Argia Academy bersama dengan SMK PGRI Wlingi di hari pertama.

Hari Kedua Pelatihan Digital Marketing

Berbeda dengan hari pertama, hari kedua diisi dengan materi yang lebih sedikit. Total ada 3 materi saja yang disampaikan pada hari ini. Ada materi tentang membuat website tanpa coding, Google My Business, dan marketplace.

Materi pertama dibuka oleh Kak Rijal, selaku mentor dan web developer di Argia Academy. Pada kesempatan ini, kak Rijal mengajarkan materi tentang cara membangun website tanpa harus melakukan coding. Jadi, meskipun tidak akrab dengan dunia IT, peserta mampu untuk membuat website dengan mudah.

Materi berlangsung selama kurang lebih 100 menit dengan membahas teori dan praktik yang langsung didampingi oleh kak RIjal. Meskipun sedikit berat, peserta mampu mengikuti materi ini dengan baik.

Setelah kak Rijal selesai menyampaikan materinya, kak Fuad kembali hadir menyampaikan materi tentang Google My Business. Di inhouse training digital marketing hari kedua ini, kak Fuad mengajarkan kepada para peserta tentang cara untuk mengoptimasi Google My Business agar target pasar dapat menemukan usaha para peserta dengan mudah. Sehingga, keduanya bisa dipertemukan melalui Google My Business ini.

Materi yang disampaikan kak Fuad berlangsung selama kurang lebih 90 menit dan kemudian disambung dengan materi dari kak Syifa tentang marketplace.

Dengan maraknya tren belanja online yang sedang hits saat ini, penting bagi para peserta untuk tahu cara mengoptimasi marketplace yang mereka miliki agar terjadi banyak penjualan. Pada kesempatan ini, kak Syifa berbagi pengetahuannya di bidang marketplace.

Kak Syifa menjelaskan tentang tips untuk meningkatkan penjualan melalui marketplace yang sedang populer saat ini. Banyak tips segar dan baru bagi para peserta yang disampaikan oleh kak Syifa. Materi dari kak Syifa berlangsung selama 90 menit.

Dengan berakhirnya materi dari kak Syifa, maka berakhir pula inhouse training digital marketing Argia Academy bersama dengan SMK PGRI Wlingi.

Anda ingin memperdalam skill digital marketing Anda dan karyawan Anda? Yuk ikut inhouse training digital marketing bersama dengan Argia Academy. Informasi selengkapnya, bisa kalian lihat di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x