fbpx

WordPress.com VS WordPress.org | Manakah yang Lebih Baik?

Bagi kalian yang menggeluti dunia per-website-an, pasti tau dong platform CMS yang satu ini. Yap, The King of Platform, si WordPress. Dan platform ini terbagi jadi dua, wordpress.org dan wordpress.com. Untuk kalian yang sudah menyelam begitu lama di dunia website pasti tau kalau dua wordpress tersebut jauh berbeda satu sama lain. Tapi, untuk yang pemula mungkin belum tau banyak ya. Nah, maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan bahas perbedaan wordpress.org dan wordpress.com serta manakah yang lebih baik dan cocok untuk dijadikan platform dalam membangun website yang kita butuhkan nantinya. Karena kalau kita salah memilih, itu akan menjadi kesalahan fatal untuk situs atau website kamu kedepannya.

Apa sih WordPress dan Mengapa Menjadi Pilihan Terbaik untuk Website Kita?

Nah, sebelum kita membahas perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org, bagi kalian yang belum tau wordpress disini kita akan bahas dulu apa sih wordpress itu.

WordPress adalah sebuah platform yang berbentuk CMS (Content Management Sytem) yang bersifat open source. Dimana, sebagai platform open source, wordpress ini bisa digunakan untuk membuat dan memanajemen website bagi para penggunanya secara gratis. WordPress dikelola oleh sukarelawan di seluruh dunia dan tidak dimiliki oleh suatu perusahaan apapun. Nah, secara keseluruhan hal itu juga berlaku baik di wordpress.com maupun wordpress.org.

WordPress ini menjadi platform yang cocok dan patut untuk direkomendasikan kepada kalian yang ingin membangun website nih. WordPress ini cocok untuk segala jenis website yang kalian inginkan, mulai dari web profil, online shop, blogger, dan lain-lain. Dan terlebih lagi platform ini sangat friendly bagi pemula, karena tak ada kesulitan yang berarti dalam membangun website seperti semudah kita menggunakan microsoft dan kawan-kawannya.

Untuk fitur-fiturnya jangan ditanya lagi, wordpress memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan beragam dibandingkan platform lainnya. Selain itu, wordpress mampu menangani halaman dan lalu lintas website yang besar dan menjadi platform CMS yang berkembang dengan cepat selama 8 tahun terakhir berbarengan dengan CNN, Mashabele, TenCrunch, Forbes, dll.

Itulah mengapa WordPress menjadi platform CMS pilihan terbaik. Dan terbukti ada hampir 30% pengguna internet yang menggunakan platform ini.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

  1. Definisi dan Gambaran Umum

 

 

WordPress.com

 

 

WordPress.org

WordPress.com adalah sebuah platform layanan hosting dimana para penggunakanya dapat mengatur atau memanajemen website atau blog nya yang berjalan di dalam server hosting wordpress. 

VS

WordPress.org adalah tempat dimana para penggunanya bisa mendownload software platform WordPress untuk digunakan baik ke dalam akun hosting websitenya maupun digunakan secara offline di localhost komputer menggunkan web server.

 

  1. Penggunaanya

 

 

WordPress.com

 

 

WordPress.org

Para penggunanya diharuskan untuk membuat akun dan masuk ke wordpress.com untuk membuat dan memanajemen website atau blog kalian.

VS

Dibutuhkan akun hosting website atau untuk yang offline bisa menggunakan XAMPP untuk menginstall dan menjalankan website WordPress
WordPress memberikan sebuah bantuan dimana wordpress akan membuatkan website sesuai dengan yang pengguna inginkan, sehingga para pengguna bisa mendapatkan website atau blog dalam waktu kurang dari 5 menit. Banyak hosting yang menawarkan proses instalasi dengan satu klik saja, sehingga sangat memudahkan jika kalian tidak ingin untuk menginstall WordPress sendiri.

 

  1. Harga atau Biaya
 

WordPress.com

 

 

 WordPress.org

Pengguna akan mendapatkan website fungsional yang sederhana dengan paket gratis dengan penyimpanan 3GB saja, namun pengguna diharuskan melakukan pembayaran jika ingin mendapatkan fitur tambahan. Dan, untuk website yag berbasis onine shop tidak ada paket gratisnya.

Ini dia list harga wordpress.com :

Website Personal       : $5/bulan

Website Premium       : $8/bulan

Website Business        : $25/bulan

Website E-Commerce : $45/bulan

 

 

 

VS

Software WordPress 100 persen gratis. Kalian hanya perlu mengeluarkan biaya untuk hosting website kalian atau jika kalian menggunakan plugin dan theme premium. Namun, wordpress sendiri sudah menyediakan theme dan plugin yang gratis juga.

 

  1. Fasilitas dan Sitem Manajemen
 

WordPress.com

 

 

 WordPress.org

Tidak memperbolehkan penggunanya untuk meng-upload plugin ke dalam wordpress 

 

 

Memperbolehkan penggunanya untuk meng-upload plugin nya sendiri untuk meningkatkan fungsionalitas website
Tidak menyediakan backend code, database, dan akses file 

VS

Memperbolehkan penggunanya untuk mengakses dan menyesuaikan backend code, database, dan akses file sesuai kebutuhan
Penggunanya bisa memilih berbagai tema gratis dan premium yang telah disediakan. Jika penggunanya meggunakan wordpress dengan versi berbayar, maka tema yang disediakan semakin beragam. Namun, pengguna tidak diperbolehkan untuk meng-upload tema sendiri. Pengguna bisa memilih berbagai tema gratis yang sudah disediakan wordpress. Juga, bisa meng-upload tema premium atau custom untuk diterapkan di dalam websitenya.

 

  1. Domain

 

 

WordPress.com

 

 

 WordPress.org

 

Yourwebsite.wordpress.com

 

WordPress.com menyediakan domain secara gratis, namun akan ada penambahan subdomain wordpress.com di dalam domain penggunanya.

 

 

VS

Yourwebsite.com

 

Penggunanya menggunakan nama domain yang telah dibeli dan dimilikinya tanpa ada penambahan subdomain apapun.

 

WordPress.com vs WordPress.org | Manakah Yang Lebih Baik ?

Setelah melihat beberapa perbedaan di antara kedua jenis wordpress ini, pasti banyak dari kalian yang akan bertanya, jadi mana yang lebih baik, wordpress.com atau wordpress.org ?

Kalau kalian ingin membangun sebuah website untuk pribadi dan bersifat bukan untuk keperluan khusus, wordpress.com bisa menjadi pilihan kalian. Tetapi, jika kalian akan membangun website untuk membantu bisnis kalian dan ingin menghasilkan uang dari website yang nanti nya kalian bangun, maka wordpress.org menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Karena dengan wordpess.org, kalian akan lebih banyak mendapatkan kebebasan dan fleksibilitas dalam mengembangkan website kalian. Dan, sudah terbukti banyak website dari brand besar yang menggunakan wordpress.org menjadi platform andalan mereka, salah satunya adalah Disney.

 

Nah, jadi pilihan ada ditangan kalian. Namun pastikan bahwa pilihan kalian nantinya sesuai dan memberikan banyak keuntungan kepada website yang akan kalian bangun nantinya.

13 September 2019

0 responses on "WordPress.com VS WordPress.org | Manakah yang Lebih Baik?"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X