Ini Dia! 10 Tugas Social Media Specialist yang Harus Kamu Tahu!

social media specialist
social media specialist

Social media specialist cukup akrab kita dengar akhir-akhir ini. Terutama semenjak adanya pandemi, ketika segalanya beralih ke digital. Beberapa orang yang sudah lebih dulu terjun ke dunia media sosial tentu sudah tahu asam garam pekerjaan di bidang ini.

Dengan tren media sosial yang senantiasa berganti, para pekerja di bidang media sosial ini harus memutar otak agar konten yang mereka produksi bisa efektif menarik minat para audiensnya. Untuk itu, pekerjaan yang bergerak di bidang media sosial ini bisa dikatakan sebagai sebuah pekerjaan yang menuntutmu untuk selalu belajar. Tidak ada kata berhenti belajar pada pekerjaan yang satu ini.

Lalu, apa saja lingkup pekerjaan dari social media specialist?

Kenalan Yuk Sama Social Media Specialist?

Menurut Betterteam, social media specialist adalah pekerjaan yang fokus untuk menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat marketing, dan tentunya mendorong penjualan.

Meski nampak mudah, social media specialist tidak hanya membuat 1 jenis konten media sosial saja. Mereka harus mengerti cara untuk menyesuaikan konten dengan tujuannya, dan mampu mengaplikasikannya ke setiap jenis media sosial. Alasannya, karena setiap platform media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda. Jenis konten yang ada di Instagram, tentu akan berbeda dengan konten yang ada di TikTok.

Setiap konten yang dibuat harus dibedah sedetail mungkin agar menyesuaikan karakteristik setiap media sosial agar hasilnya lebih efektif.

Orang-orang yang bekerja di bidang media sosial ini akan bekerja sama dengan tim digital marketing untuk menentukan strategi yang tepat untuk membuat konten di media sosial. Mereka akan berpikir bersama terkait cara pembuatan konten yang mampu meningkatkan brand awareness dan meningkatkan engagement.

Setiap pekerjaan yang dilakukan oleh social media specialist akan dipertanggungjawabkan kepada social media manager yang akan mengevaluasi kelayakan sebuah untuk untuk tayang di media sosial.

Pekerjaan Social Media Specialist

Setelah mengerti tentang apa maksud dari pekerjaan di bidang media sosial yang satu ini, sekarang kita belajar tentang tugas dan tanggungjawab yang harus dilakukan oleh mereka. Apa saja ya tugasnya?

  • Mengembangkan content plan media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand
  • Membuat konten yang memiliki value
  • Mengelola konten media sosial dengan volume tinggi
  • Berinteraksi dengan para audiens di media sosial
  • Membuat program dengan para influencer dan datang ke eventevent
  • Menggunakan tools analitik, seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights
  • Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial
  • Memberikan rekomendasi dan saran untuk strategi social media marketing
  • Update dengan perkembangan tren media sosial
  • Memberikan arahan kepada tim desain terkait visual konten yang sudah ditentukan

Kualifikasinya Apa, Ya?

Mempunyai pekerjaan ini bisa dibilang berbeda dengan pekerjaan lain. Karena, pekerjaan lain bisa dipelajari di jenjang sekolah atau perkuliahan. Berbeda dengan social media specialist yang masih belum ada mata pelajaran yang mengajarkan materi tentang media sosial. Sehingga, pekerjaan ini terbuka untuk semua orang yang memiliki kemampuan seperti berikut:

1. Social media fluency

Jika kamu ingin bekerja di bidang ini, kamu harus memiliki minat yang tinggi dalam menggunakan media sosial. Kamu juga harus mengetahui jenis media sosial yang digunakan oleh para masyarakat.

Kamu tentunya tidak boleh gagap teknologi dan mengikuti perkembangannya. Kamu juga harus mengerti dan peka terhadap tren di media sosial, sehingga bisa selalu membuat konten yang relevan dengan audiens.

2. Kemampuan komunikasi

Meskipun bekerja di balik layar, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik jika ingin bekerja di bidang ini. Komunikasi ini meliputi menulis, editing, story telling, SEO, dan juga presentasi.

Komunikasi melalui media sosial terbilang unik, karena kamu harus bisa membangun hubungan yang secara virtual melalui tulisan dan konten yang kamu buat, meskipun tanpa tatap muka.

3. Mampu menggunakan tools media sosial

Dalam mengerjakan pekerjaan ini, kamu harus bisa menggunakan beragam tools yang diperlukan untuk memudahkan pekerjaanmu. Selain itu, kamu harus bisa menguasai berbagai tools analisis yang berguna untuk monitoring perkembangan media sosialmu.

4. Skill komputer dan desain

Dalam mengerjakan media sosial, tentu saja kamu setidaknya harus memiliki pemahaman tentang komputer dan desain. Kemampuan komputer ini meliputi kemampuan WordPress atau Blogger. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus memiliki selera visual yang bagus, karena nantinya kamu akan bekerjasama dengan tim desain.

5. Mampu berpikir cepat

Tren di media sosial bergerak dengan sangat cepat. Makanya, kamu harus mampu peka dan berpikir secara cepat untuk mengaplikasikan tren yang ada dengan konten yang ada. Jangan sampai konten kamu ketinggalan arus dan out of date.

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang social media digital marketing. Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang ini, kamu bisa ikut kursus digital marketing di Argia Academy. Yuk gabung sekarang!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x