Mau Jadi Digital Marketer? Yuk Kenalan sama 4 Job Desc Digital Marketing!

mau jadi digital marketer
mau jadi digital marketer
Mau jadi digital marketer?

Apakah ada dari kalian yang mau jadi digital marketer? Atau ada yang belum tahu apa itu digital marketer?

Digital marketer adalah sebuah pekerjaan bidang pemasaran dengan menggunakan platform digital. Seorang digital marketer bertanggung jawab untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk dan menjadi perantara untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Para digital marketer menggunakan media digital, seperti e-mail, media sosial, dan website.

Tapi, kamu tahu nggak sih? Ternyata masih ada banyak banget loh potensi yang bisa digali di bidang digital marketing ini. Hal ini karena prospek karir digital marketing sangat menjanjikan saat ini. Sehingga, nggak sedikit perusahaan atau bisnis butuh seseorang digital marketer di perusahaannya.

Buat kalian yang mau jadi digital marketer, kalian perlu tahu nih job desk digital marketing di perusahaan!

Mau jadi digital marketer? Yuk kenali job desc-nya!

Buat kalian yang mau jadi digital marketer, kamu harus tahu beberapa job desc yang dikerjakan oleh seorang digital marketer. Supaya kamu semakin mantap untuk menjadi seorang digital marketer. Selain itu, supaya kamu juga dapat mengenal lebih dalam tentang digital marketing.

1. Content Marketing

Seorang content marketing memiliki tugas untuk membuat konten yang berkualitas untuk memudahkan para audiens untuk mendapatkan informasi produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dalam pemasaran media sosial, konten adalah kuncinya! Pastikan konten yang kamu buat menarik dan sesuai dengan target market yang kamu tentukan.

Kalau kamu mau konten yang kamu buat disukai oleh banyak orang, maka kamu harus membuat konten dengan komposisi yang pas dan tentunya sesuai dengan selera dari target audiens kita.

2. Social Media Marketing

Social media marketing bertugas untuk menjangkau target audiens lewat platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube, Tiktok, dan lain sebagainya.

Social media marketing juga turut membangun brand awareness produk dan jasa lewat media sosial. Strategi ini dilakukan sampai kamu mampu mendapatkan pelanggan dari media sosial. Tidak berhenti di situ! Kamu juga harus tetap menjaga citra brand kamu melalui media sosial. Supaya nilai brand kamu tetap bagus.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Seorang digital marketing juga bertanggung jawab untuk mengurus SEO sebuah perusahaan. Tugasnya melakukan pemasaran lewat mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Safari, dan lain-lain, untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan situs bisnis yang kamu punya.

Dengan SEO, website yang kamu punya berpeluang mendapatkan lebih banyak pengunjung. Karena, situs kamu bisa berada di halaman atas search engine. Dengan begitu, kemungkinan banyak pembeli yang berdatangan dari website kamu.

Untuk itu, sebagai seorang digital marketer harus paham akan penerapan optimasi SEO agar website yang kamu miliki ada di rangking pertama kolom pencarian.

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah metode pemasaran di mana seseorang akan mendapat sejumlah komisi setelah berhasil menjual produk atau jasa tertentu. Strategi dari affiliate marketing ini bertanggung jawab pada pemasaran produk atau jasa dalam sebuah perusahaan.

Kita bisa menggunakan jasa afiliasi untuk membantu memasarkan produk atau jasa kita kepada calon pembeli. Biasanya sebuah perusahaan akan meminta jasa influencer, atau seseorang dengan pengikut yang banyak di media sosial, untuk membantu produk kepada para calon pembeli. Salah satu cara yang populer adalah dengan endorsement atau paid promote.

Untuk menjadi ahli dalam suatu bidang, tentu kamu perlu untuk sering belajar dan berlatih agar bisa menguasai hal tersebut. Termasuk jika kamu mau jadi digital marketer. Kamu harus bisa mempersiapkan dirimu untuk siap berkarier di bidang digital marketing.

Salah satu caranya kalau kamu mau jadi digital marketer adalah dengan belajar ilmunya bersama Argia Academy. Di kursus singkat digital marketing dan sertifikasi BNSP, kamu akan belajar ilmu digital marketing secara lengkap bersama dengan praktisinya secara langsung. Sehingga, akan memudahkan kamu untuk menggapai cita-citamu yang mau jadi digital marketer.

Buat kamu yang mau belajar digital marketing bersama Argia Academy, kamu bisa daftar di sini ya! Buruan daftar!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x