7 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Digital Marketing

Cara meningkatkan penjualan dengan digital marketing gimana sih ? Yuk simak penjelasan saya dibawah ini!

cara meningkatkan penjualan

sumber : unsplash.com

Pengertian Digital Marketing

Apa itu digital marketing? Setiap orang memiliki cara yang beda dalam menentukan makna dari digital marketing. Menurut marketo digital marketing ialah strategi yang berbentuk promosi/periklanan yang disebarkan melalui mesin pecarian, website, media sosial, email, maupun aplikasi.

Berdasarkan versi Smart Insights, pengertian digital marketing adalah kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital. Sementara itu, Hubspot menyebut pengertian digital marketing adalah semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet.

Jadi digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat digital.

Baca juga : apa Itu Digital Marketing, Penting Gak Sih?

Cara meningkankan penjualan dengan digital marketing

Ada macam macam cara meningkatkan penjualan dengan digital marketing yang dapat kamu gunakan, di antaranya:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Cara meningkatkan penjualan dengan digital marketing yang pertama adalah Search Engine marketing atau pemasaran mesin pencarian adalah jenis digital marketing yang fokus pada promosi produk melalui mesin pencarian atau situs web seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Strategi digital marketing satu ini dilakukan melalui pembuatan website, landing page (website khusus promosi), pemasangan Ads, dan sebagainya.

Dengan menggunakan strategi jenis ini, pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis kita. Cara kerja jenis ini yaitu iklan memilih beberapa kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci pproduk dan jasa yang dijual.

2. Social Media Marketing

Digital marketing adalah pemasaran di media sosial. Kamu dapat menggunakan jenis digital marketing ini dengan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media lain sesuai dengan target konsumen. Selain itu social media marketing dalam sebuah bisnis menjadikan pemasaran lebih efektif dalam menjalankan aktivitasnya. para pemasaran juga dapat melakukan interaksi dengan audiens.

3. Email Marketing

Cara meningkatkan penjualan dengan digital marketing yang ketiga adalah email marketing, yaitu pemasaran melalui surat elektronik (surel) atau email. Strategi digital marketing ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B).

Dibandingkan dengan jenis marketing lainnya memang sedikit lebih tradisional. Namun jika ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan jenis ini bisa dikatakan lebih tepat.

4. Digital Advertising

Seperti namanya, digital advertising atau digital ads adalah jenis digital marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads. Tepatnya, digital advertising adalah segala bentuk iklan yang muncul dalam saluran digital, seperti situs web, mesin pencari,media sosial dan sebagainya.

5. Content Marketing

Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, atau video. Konten disini harus mampu mendeskripsikan bisnis anda secara jelas dan informatif. Proses content marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email marketing, atau digital ads.

Tujuan content marketing ada 2 yaitu :

  • Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda.
  • mendorong dan mengajak orang untuk menjadi konsumen.

6. Customer Service Automation

Cara meningkatkan penjualan dengan digital marketing yang ke enam adalah otomasi sistem pelayanan konsumen. Adanya otomasi membuat perusahaan bisa mendapat informasi tentang calon konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali. Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS atau tenaga penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).

7. Affiliate/Dropshipping

Cara meningkatkan penjualan dengan digital marketing yang terakhir yang bisa anda manfaatkan adalah program affiliate atau dropshipping. Saat menerapkan strategi digital marketing satu ini, anda bisa mendapat profit dari tengkulak online (dropshipper) seraya membantu mereka mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri.

Metode pemasarannya adalah ketika ada orang yang membeli produk menggunakan link yang dipromosikan oleh orang lain biasanya link ini dibaikan oleh content creator maka content creator tersebut mendapat komisi. Medianya seperti media sosial atau chanel youtube.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x