7 Tips Maksimalkan Instagram Reels! PASTI VIRAL!

instagram reels
Instagram Reels

Instagram reels, sebuah fitur terbaru dari Instagram, hadir sebagai pesaing berat TikTok. Dengan menggunakan fitur terbaru ini, kamu bisa langsung merekam, mengedit, hingga membagikan video dengan durasi hingga 90 detik.

Reels mulai dirilis tahun 2019, namun baru bisa diakses di Indonesia sejak Juni 2021. Apakah kamu sudah pernah menjajal Reels? Sudah paham belum dengan cara kerjanya? Yuk coba terapkan tips ini untuk membuat performa video Reels-mu makin meningkat!

Tips Maksimalkan Instagram Reels

Sebagai fitur baru, banyak yang belum paham betul cara kerja Reels. Sehingga, video yang sudah dikreasikan menjadi kurang maksimal dari segi performanya, baik itu likes, comment, hingga share dari video tersebut. Untuk itu, kamu wajib banget tahu tips-tips untuk memaksimalkan performa konten Reels-mu!

  • Menggunakan musik yang populer

Tidak jauh berbeda dengan TikTok, penggunaan musik yang populer di Reels juga mampu meningkatkan performa konten Reels-mu. Jika kamu menggunakan musik yang sedang populer, algoritma Instagram akan menampilkan lebih banyak video serupa di lama Reels audiens. Sehingga, kamu bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan views yang lebih banyak, dan tentu saja akan berpotensi lebih tinggi untuk mendatangkan followers baru.

  • Gunakan hashtag yang sesuai

Sama seperti halnya mengunggah postingan di feed Instagram, menambahkan hashtag di postingan Reels kita mampu membantu kita untuk mendapatkan views yang lebih tinggi. Karena, hal ini dapat membantu algoritma untuk memahami jenis konten kita.

Selayaknya cara kerja SEO, Instagram akan melihat hashtag yang kita gunakan, kemudian dianalisis, lalu konten kita akan ditayangkan ke audiens yang relevan dan memiliki minat yang sama.

  • Maksimalkan fitur editing video bawaan Reels

Instagram Reels mempunyai fitur bawaan untuk mengedit, menambahkan musik, teks, dan efek visual. Tidak disarankan untuk menggunakan aplikasi lain untuk mengedit videomu. Karena, Instagram ingin agar kita benar-benar menggunakan Reels. Dengan begitu, Instagram akan lebih meningkatkan eksposur konten kita.

  • Berikan sesuatu yang menarik pada detik pertama video

Sama halnya dengan konten pada umumnya, detik-detik awal adalah momen krusial. Buatlah konten menarik di awal agar audiens tertarik untuk menonton kontenmu hingga selesai. Kamu bisa pancing dengan ucapan atau teks. Di sini kamu harus bisa berpikir kreatif untuk bisa membuat kalimat atau scene yang memancing penasaran!

  • Edit video sekreatif mungkin

Supaya konten Instagram Reels-mu menarik, kamu bisa memikat audiens dengan mengedit video sekreatif mungkin.

Terkadang audiens akan bosan melihat video dengan durasi panjang dari angle yang sama. Kamu bisa memotong videonya tiap beberapa detik dan mengubah angle pengambilan gambar dan bisa menambahkan transisi.

Untuk memikat audiens agar mau menonton konten Instagram Reels-mu lebih lama, kamu bisa membuat video dengan transisi sederhana namun tiba-tiba untuk masing-masing klip.

  • Tambahkan teks pada video

Teks dapat membantu orang dalam memahami apa yang kita bicarakan. Selain itu, penambahan teks ini akan menjangkau lebih banyak pengguna jika kita mampu menerjemahkan konten kita ke dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, audiens dari berbagai penjuru dunia dalam menikmati konten Reels yang kita buat dan tentu saja dapat meningkatkan views konten kita.

Selain itu, teks berguna agar audiens lebih mudah menyerap informasi. Terutama jika kita membahas materi yang berat. Dengan durasi yang terbatas, akan sangat membantu memberikan keterangan terhadap kontenmu.

  • Tambahkan thumbnail yang clickbait

Hal terakhir dan tak kalah pentingnya adalah menambahkan thumbnail atau gambar sampul untuk konten Reels-mu. Kamu bisa memilih cuplikan adegan dari video tersebut dan mendesain sendiri sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa tambahkan beberapa elemen desain dan foto agar lebih menarik.

Thumbnail ini tidak akan terlihat di laman Explore, namun akan nampak ketika seseorang mampir ke laman profil Instagram kita. Fungsinya agar audiens mengetahui gambaran konten Reels dari cuplikan gambar thumbnail yang sudah kamu buat. Ini akan memudahkan audiens untuk melihat konten yang sesuai dengan minat mereka tanpa harus membuka reels-mu satu per satu.

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk semakin memaksimalkan kontenmu di Instagram Reels. Dengan menggunakan fitur Instagram Reels, kamu bisa menghadirkan lebih banyak pengikut baru dan memperluas jangkauan kontenmu.

Tertarik untuk mempelajari Instagram lebih dalam lagi? Atau penasaran bagaimana cara membuat konten Reels yang menarik? Yuk gabung di Argia Academy. Daftar di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x