Cara Migrasi Blogger ke WordPress

Kalian pengguna Blogger? Tapi mulai jenuh dengan fitur blogger yang itu-itu saja? Ya, memang blogger ini menjadi platform blogging yang paling mudah dan cocok digunakan untuk memulai blog pertama khususnya bagi kalian yang masih pemula. Fitur yang ramah pengguna mampu memberikan kemudahan untuk menambahkan konten menjadikan Blogger menjadi pilihan favorit dan berhasil menjaring banyak pelanggan. Akan tetapi, saat ini sebagian besar pengguna merasa fitur yang ditawarkan Blogger tidak lagi cukup untuk mengembangkan website blog yang sudah terbangun.Yang pada akhirnya banyak dari kalian yang memutuskan untuk melakukan migrasi blogger ke wordpress.

Mengapa Harus WordPress?

A. Display

Blogspot memiliki theme dan wallpaper terbatas. WordPress memiliki ribuan theme serta beragam widget untuk membuat website Kalian semakin menarik.

B. Kontrol Website

Apabila Kalian menggunakan website WordPress Hosting, Kalian dapat lebih leluasa dalam melakukan pengaturan website. Kalian dapat menetapkan apapun yang Kalian inginkan.

C. Pengelolaan Mudah

Pada dasarnya, WordPress memiliki kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola website melalui dashboard Admin Area yang telah disediakan.

D. Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan

Jika Kalian menggunakan WordPress, Kalian akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan plugin. Misalkan Kalian ingin memperbaiki keamanan WordPress atau membuat website dengan builder. Semuanya dapat dengan mudah Kalian lakukan.

E. Akses Website Lebih Cepat

Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat. Sedangkan pada WordPress terdapat di berbagai file database. Sehingga ketika  akses akan lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa load seluruh file HTML.

Tak Ingin Kehilangan Google Ranking karena Migrasi Blogger ke WordPress?

Ingin migrasi, tapi ragu karena tidak rela jika harus memulai lagi dari awal agar mendapatkan google ranking seperti saat ini? Memang, sangat disayangkan jika kalian harus kehilangan peringkat teratas Google padahal kalian sudah merintis hal tersebut dengan cukup susah payah dan memakan waktu yang cukup lama, kecuali kalian sudah pro atau ahli dibidang ini. Tapi, lebih baik meneruskan dari pada harus memulai lagi dong.

Kalian jangan khawatir! Karena memutuskan untuk migrasi ke WordPress bukanlah hal yang salah. WordPress mempunyai fitur ataupun plugin yang mampu membantu kalian untuk migrasi dari blogger ke wordpress dengan aman tanpa harus takut kehilangan google ranking, postingan, halaman, hingga komentar di blog kalian.

Baca Juga : 5 Platform CMS Terbaik

 Cara Migrasi Website Blogger ke WordPress

A. Export Data Blogger

  1. Masuklah ke dalam dashboard blogger kalian
  2. Klik menu Setelan » Lainnya
  1. Pada bagian Impor & Cadangkan , klik tombol Cadangkan Konten
  2. Kemudian akan muncul popup seperti ini, klik Simpan ke Komputer
  1. Maka, blogger akan secara otomatis mendownload file XML blogger kalian

B. Import Blogger ke WordPress

  1. Masuklah ke dalam dashboard WordPress kalian
  2. Klik menu Tools » Import
  1. Kemudian, pada bagian Blogger, Klik Install Now untuk menginstall plugin migrasi blogger
  2. Setelah itu, klik Run Importer untuk memulai proses import blogger ke wordpress
  1. Klik tombol Choose File dan pilih file XML Blogger yang sudah terdownload sebelumnya. Kemudian klik Upload file and import
  1. Kemudian, akan ada Assign Autors . Disini kalian bisa mengimport data author. Baik itu dengan membuat user baru atau kalian masukkan ke akun user kalian. Dan klik Submit
  1. Nah, jika tampil seperti ini, maka artinya kalian sudah berhasil mengimport data dari blogger ke wordpress

C. Pengaturan Permalink

Setelah kalian berhasil melakukan migrasi Blogger ke WordPress, jangan lupa lakukan pengaturan Permalink di WordPress. kalian tentu tidak ingin kehilangan index Google yang telah dibangun sebelumnya di Blogger, bukan?

  1. Klik menu Settings » Permalinks
  1. Klik pada bagian Custome Structure. Kemudian paste/tempel kan kode berikut ke dalam kolom Custome Structure
/%year%/%monthnum%/%postname%.html
  1. Klik tombol Save Settings untuk menyimpannya

D. Pengaturan Redirection

Nah, ini dia langkah terpenting untuk menjaga agar website kalian tidak kehilangan Google Ranking saat dipindahkan dari Blogger ke WordPress.

  1. Klik menu Plugins » Add New
  2. Kemudian ketikkan kata kunci Blogger to WordPress. Atau bisa kalian download di link https://wordpress.org/plugins/blogger-to-wordpress-redirection/
  3. Klik Install Now pada plugin yang dimaksud. Kemudian klik Activate untuk mengaktivasi plugin sehingga siap untuk dipakai
  1. Setelah selesai, klik menu Tools » Blogger to WordPress Redirection
  1. Klik Start Configuration untuk memulai konfigurasi. Dan akan muncul List of Blogs, pada bagian ini klik tombol Get Code
  2. Kemudian akan muncul sebuah kode dibawah, copy semua kode yang ada di dalam kolom
  1. Kembali masuk ke dalam dashboard Blogger kalian. Klik menu Tema. Dan scroll ke bawah, klik pada bagian Kembali ke tema klasik dan klik Kembali ke tema klasik
  1. Kemudian, akan muncul halaman seperti ini. Tempel atau paste kode yang sudah kalian copy tadi ke dalam kolom Edit konten tema. Setelah itu, klik Simpan Tema
  1. Kembali ke dashboard WordPress, pada halaman Blogger to WordPress, klik tombol Verify Configuration dan proses selesai.

Nah, itu tadi bagaimana cara migrasi website blogger ke wordpress tanpa harus takut kehilangan google ranking. Kalian bisa mencobanya dan Selamat Belajar!