fbpx

Material Theme, Percantik Sublime Text 3 Kamu

Percantik Sublime Text dengan Material Theme – Bagi programmer, text editor menjadi bagian yang cukup penting dan krusial bagi mereka. Bahkan, bisa dibilang, text editor merupakan senjata utama para programmer untuk membangun sebuah aplikasi. Apalagi, coding atau menyusun baris kode menjadi bagian yang tidak pernah lepas dari pekerjaan seorang programmer baik yang handal maupun yang masih belajar atau pemula. Banyak aplikasi text editor yang tersebar luas, salah satu yang terbaik adalah Sublime Text.

Mengapa Sublime Text?

Sublime text termasuk ke dalam text editor yang mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Jadi tidak masalah jika kalian ingin mengerjakan aplikasi menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda-beda. Sublime text menjadi text editor yang juga memiliki cukup banyak keunggulan. Pertama, sublime text termasuk cepat dan dapat digunakan bahkan di perangkat dengan resource yang kecil. Sublime text memungkinkan kalian untuk menambahkan fitur dengan menginstall plugin. Kalian bisa menginstall beberapa plugin apabila mempunya resource yang cukup. Dan salah satu keunggulan yang menjadi andalan dari sublime text adalah tampilannya yang memang terbukti keren dan dinamis.

Baca Juga : 5 Code Editor Terbaik untuk Programming

Bosan dengan Tampilan Default Sublime Text?

Kalian pasti banyak yang merasa bosan dengan tampilan default sublime text yang begitu-begitu saja. Nah, tenang saja, karena di dalam sublime text tersedia banyak theme atau tema yang bisa kalian instal dan gunakan ke dalam sublime text agar lebih beragam dan tidak monoton itu-itu saja. Nah, dari banyak tema yang tersedia, ada satu yang menjadi andalan banyak pengguna nih, yakni Material Theme.

 Mengapa Material Theme?

Material theme ini dibuat oleh equinusocio untuk memberikan cita rasa material design di dalam sublime text. Theme ini sudah terbukti menjadi the most epic theme untuk Sublime Text 3. Total, sudah ada lebih dari 981.000 perangkat yang telah menginstall theme satu ini baik itu dari Windows, Mac, maupun Linux.

Tampilan dari Theme ini diantara seperti ini,

Cantik dan elegan bukan?

Ingin menerapkan theme tersebut ke dalam sublime text kalian? Yuk kita intip caranya!

Cara Menginstall dan Mengaktifkan Material Theme

A. Install Package Control

  1. Kalian bisa melihat tutorial cara mengintall di web resmi package control, melalui link https://packagecontrol.io/installation atau kalian bisa mengikuti langkah berikut ini.
  2. Buka Sublime Text, kemudian tekan Ctrl + Shift + P atau klik menu Tools » Command Pallete …
  3. Ketik Install Package Control , kemudian enter

  1. Maka sublime text akan menginstall package control

 

B. Install Material Theme

  1. Tekan Ctrl + Shift + P atau klik menu Tools » Command Pallete …
  2. Ketik Install Package, klik pada Package Control : Install Package

  1. Maka sublime text akan meloading repositories dari package control

  1. Kemudian ketik Material Theme dan klik Enter

 

C. Activate Material Theme

  1. Jika sudah muncul file , maka artinya instalasi theme sudah berhasil
  2. Untuk mengaktifkan, tekan Ctrl + Shift + P , kemudian ketik Material Theme : Activate Theme
  3. Kemudian pilih tampilan yang kalian inginkan dan klik
  4. Restart sublime text, dan theme sudah terpasang pada sublime text kalian

 

Nah, itu tadi bagaimana cara mengupgrade tampilan sublime text kalian dengan Material Theme yang pastinya akan menciptakan tampilan yang lebih cantik dan nyaman. Kalian bisa mencobanya, dan Selamat Belajar!

X
X