fbpx

5 Code Editor Terbaik untuk Programming

Tidak peduli kalian web developer pemula maupun yang sudah profesional, kalian pasti perlu yang namanya code editor untuk menangani seluruh program yang kalian buat. Karena faktanya, pemilihan dan penggunaan code editor yang benar dan bagus menjadi bagian yang terpenting dan akan memberikan dampak pada proses pembuatan dan integrasi alur dan kode program kalian.

Pemilihan code editor yang tepat akan membuat kalian lebih efisien dalam menkoding dan menulis, membantu dalam memeriksa dan mengedit kode program, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih nyaman, dan masih banyak lagi yang dapat kalian sesuaikan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa pemilihan dan penggunaan code editor tidak boleh dianggap remeh.

Nah, yang menjadi tantangan tersendiri bagi kalian para web developer adalah memilih satu dari begitu banyak code editor yang tentunya saling bersaing dan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri satu sama lain. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, akan kami sajikan apa saja sih Code Editor yang layak untuk direkomendasikan kepada para web developer dari sekian banyak pilihan mulai dari yang gratis maupun yang berbayar.

Ini dia 5 Code Editor Pilihan Terbaik untuk Para Web Developer, Yuk kita intip!

 

  1. Sublime Text

Sublime Text adalah salah satu aplikasi code editor yang dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi dengan menggunakan teknologi Phyton API. Sublime Text ini menjadi sebuah aplikasi yang standard untuk industri bagi teks editor lainnya. Hal itu dikarenakan aplikasi ini sangat fleksibel dan powerfull. Sublime text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan menyajikan fitur syntax highlight hampir di semua bahasa pemrograman seperti; C, C++, CSS, HTML, Java, JavaScript, SQL, Ruby, XML, PHP, Perl, dan masih banyak lagi.

Harga : GRATIS, $80 untuk mendapatkan akses fitur lengkap yang ada.

Platform :

  • Windows
  • MacOS
  • Linux

Fitur:

  1. Split Editing mode, bisa membuka 2 – 4 column, 4 grid, dan 2 – 3 row editor dalam sekali membuka aplikasi, artinya kita bisa membuka 2 atau lebih sekaligus program dalam waktu bersamaan tanpa harus berpindah-pindah tab
  2. Multiple Selection, kemampuan untuk bisa merubah beberapa kode di baris atau kolom yang berbeda dalam waktu bersamaan
  3. Command Pallete, bisa mengakses file shortcut dari sublime text. Untuk menjalankannya tinggal klik di keyboard CTRL+SHIFT+P
  4. Multi Platform, mendukung banyak platform
  5. Plugin API
  6. Instant Project Switch
  7. Customize Anything
  8. Banyak Plugin lainnya

 

  1. Notepad++

Notepad++ merupakan salah satu aplikasi code editor yang sangat terkenal di kalangan para web developer. Hal itu dikarenakan notepad++ memberikan tampilan dan penggunaan yang simple. Code editor ini memiliki code editor yang polos dan simple, sehingga sangat fleksibel untuk digunakan bagi pemula maupun yang sudah professional. Kalian juga bisa mendapatkan semua yang kalian inginkan melalui aplikasi ini. Sehingga banyak di antara web developer yang merekomendasikan aplikasi code editor Notepad++ untuk dijadikan pilihan terbaik.

Harga : GRATIS

Platform :

  • Window
  • Linux (versi tertentu)

Fitur :

  1. Syntax Highlighting
  2. Syntax Folding
  3. Search/Replace
  4. Auto-completion
  5. Multi-Document
  6. Multi-Language

 

  1. Visual Studio Code

Visual Studio Code atau biasa dikenal dengan nama VS Code secara cepat menjadi standar dari sebuah aplikasi development dan itu dirilis tahun 2015. Seperti kebanyakan dari produk Microsoft, VS Code bisa dijalankan di hampir seluruh platform. Meskipun tergolong baru, tapi aplikasi ini sudah disukai oleh banyak programmer dan tentu saja VS Code mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman.

Harga : GRATIS

Platform :

  • MacOS
  • Windows
  • Linux (Ubuntu, Fedora, SUSE, Red Hat, dan Debian)

Fitur :

  1. Cross-Platform
  2. Open-Source
  3. Dibangun dengan GIT
  4. Editor Debugging
  5. Menyediakan Plugin dan ekstensi yang banyak
  6. Mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman
  7. Cepat dan Responsive

 

  1. Komodo Edit

Komodo Edit dapat menjadi alternatif dari sublime text. Komodo Edit memiliki banyak fitur dan juga cukup ringan digunakan. Kalian juga dapat memilih tema untuk tampilan editor ini. Aplikasi code editor ini pun mendukung berbagai macam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti bahasa pemrograman python, perl, ruby, tcl, sql, html, sql, css, smarty, xhtml, php dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya. Komodo edit dapat berjalan di berbagai platform.

Harga : GRATIS

Platform :

  • Windows
  • MacOS
  • Linux

Fitur : 

  1. Code Intelligence, memberikan fitur syntax highlighting, autocomplete, code refactoring, dan masih banyak lagi yang memudahkan kalian mengkoding program
  2. Debugging dan Unit Testing, membantu dalam melakukan debug, memeriksa, dan menguji kode program
  3. Version Control, mendukung GIT, Mercurial, Subversion, CVS, Perforce, dan Bazaar
  4. Ekstensibilitas, menyediakan banyak add-ons, dan fitur tambahan
  5. Multi-Languange, mendukung banyak bahasa pemrograman
  6. Workflow Management, mampu menetapkan alur kerja pengguna dengan file yang mudah dan navigasi projek

 

  1. Atom

Atom adalah code editor yang bersifat open source dan tersedia untuk hampir segala platform. Atom ini dibuat dan dikembangkan oleh Github, namun sekarang dimiliki oleh Microsoft. Atom sendiri mirip dengan Sublime Text, karena memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Atom ini berdifat modular, sehingga kalian bisa menginstall plugin tambahan.

Harga : GRATIS

Platform :

  • MacOS
  • Windows
  • Linux

Fitur :

  1. File System browsr
  2. Teletype
  3. Multiple Panes
  4. Autocompletion
  5. Snippets
  6. Find dan Replace
  7. Tersedia tema atau theme

 

Nah, itu tadi 5 code editor yang patut direkomendasikan kepada para programmer. Kalian bisa memilih salah satu diantaranya yang pastinya pilih yang sesuai dan bisa memeuhi kebutuhan kalian dalam melakukan koding program. Selamat Belajar!

29 Oktober 2019

0 responses on "5 Code Editor Terbaik untuk Programming"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X