fbpx

Tingkatkan Omzet Bisnis dengan Daftar di Google My Business

Siapa sih yang tidak bisa lepas dari google setiap harinya? Pasti hampir 99% dari kalian tidak bisa lepas dengan mesin pencari nomor satu ini setiap harinya dong. Karena faktanya memang ada sekitar 1,3 miliar pengguna diseluruh dunia dimiliki dan dikuasai oleh Google. Tentu saja, angka itu akan terus bertambah setiap harinya. Nah, dari fakta itu, tentu saja akan menjadi peluang besar yang sangat menguntungkan bagi para pebisnis , baik itu yang punya usaha yang kecil maupun usaha yang besar. Untuk apa? Ya, untuk menjangkau masayarakat luas untuk tertarik dan mengetahui produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Nah, untuk memfasilitasi para pebisnis, google membuat layanan yang namanya “Google My Business Pages” untuk membantu pemilik usaha kecil maupun besar mengingkatkan visibilitas mereka dalam pencarian Google, Google Maps, dan Google Plus. Dan yang lebih mneguntungkan lagi, Google My Business tak hanya hadir dalam versi PC saja, namun juuga hadir dengan versi seluler sehingga bisa digunakan di Android dan iOS.

Mengapa Harus Google My Business ?

Ada banyak kelebihan dan keuntungan yang akan kalian dapatkan dan berdampak pada bisnis dengan mendaftar di Google My Business. Apa saja? Yuk cek!

  1. Google My Business GRATIS

Kalian bisa dengan mudah dan gratis mendaftar ke Google My Business. Yang kalian perlukan hanya satu akun gmail, dan itu sudah bisa digunakan untuk mengelola 100 profil bisnis kalian.

  1. Membantu konsumen menemukan alamat fisik bisnis

Bisnis kalian akan tercantum secara resmi di peta (Google Maps). Peta tersebut memang menjadi salah satu fasilitas yang ditawarkan kepada pengguna Google My Business. Dimana Google My Business nantinya akan merekam permintaan peta ini dan menyajikannya sebagai statistik untuk kalian.

  1. Tampilan lebih baik di Google Search

Secara garis besar, google search ketika bekerja akan menampilkan daftar wesbite sebagai hasil dari Google Ads, kemudian box berisi 3 perusahaan, dan daftar website. Nah pada box yang disebutkan tadi akan memunculkan Google My Business dimana akan menampilkan informasi alamat, jam buka tutup, jumlah review yang tentu saja akan ditampilkan dengan menarik sehingga menimbulkan rasa penasaran pengguna google.

  1. Fasilitas review

Bisnis bila semakin banyak diperbincangkan secara positif akan menciptakan tingkat kepercayaan tinggi bagi konseumen lainnya. Manfaatkan fasilitas ulasan (review) ini dengan meminta pelanggan kalian mengisinya kemudian membalasnya. Sehingga akan terbentuk dan meningkatkan engagement (keterlibatan) dengan pelanggan.

  1. Meningkatkan local SEO

Google My Business sangat bagus untuk Local SEO. Local SEO ini adalah proses optimasi pencarian dari situs kalian agar dapat memperoleh peringkat lokal yang lebih tinggi di mesin pencari dan pada akhirnya akan berdampak pada makin banyaknya pengunjung yang kita peroleh nantinya.

Cara Daftar Google My Business

Sebelum mengatur Google My Business, pertama kalian harus menyiapkan akun Google terlebih dahulu jika kalian memang belum membuatnya.

Buat Akun Google / GMAIL

  1. Buka https://account.google.com/login
  2. Kemudian klik Buat akun

  1. Kemudian isi seluruh kolom yang tersedia dan klik Berikutnya

  1. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke dalam nomor telepon kalian dan masukkan kode verifikasinya dan klik Verifikasi
  2. Ikuti langkah-langkah selanjutnya dan akun google kalian sudah siap digunakan untuk keperluan Google My Business

Daftar Google My Business

  1. Kunjungi link google.com/business
  2. Klik Kelola Sekarang

  1. Apabila kalian belum login kedalam akun google, maka kalian akan diarahakan ke halaman login akun google terlebih dahulu kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik Tambahkan bisnis Anda ke Google.

  1. Masukkan nama bisnis kalian kemudian klik Berikutnya

  1. Pilih Ya agar bisnis kalian bisa ditampilkan di Google Maps, sehingga pelanggan dapat menemuka lokasi bisnis kalian. Kemudian klik Berikutnya

  1. Masukkan Alamat lengkap lokasi bisnis kalian kemudian klik Berikutnya

  1. Setelah itu, pilih lokasi bisnis dalam Google Maps. Dan klik Berikutnya

  1. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini. Jika kalian memberikan pelayanan di luar lokasi bisnis, seperti mengunjungi ke rumah pelanggan, atau COD (Cash On Delivery). Kalian bisa klik Ya, namun jika bisnis kalian bersifat hanya melayani ketika pelanggan datang ke toko atau lokasi bisnis, klik Tidak

  1. Masukkan lokasi area bisnis kalian untuk membantu pencarian pelanggan yang nantinya lebih relevan. Namun, kalian juga bisa melewati langkah ini karena bersifat opsional.

  1. Kemudian, masukkan kategori atau jenis dari bisnis yang kalian bangun

  1. Langkah selanjutnya, masukkan nomor telepon dan alamat website bisnis kalian.

  1. Nah, apabila kalian ingin mendapatkan notifikasi terbaru dari Google, kalian bisa mengklik Ya

  1. Setelah itu, akun Google My Business kalian akan segera diproses dengan mengklik Google akan memberikan kode verifikasi melalui kantor pos dengan surat. Masukkan nama penerima surat. Dan klik Kirim. Surat akan dikirim dalam waktu beberapa hari. Dan Google My Business kalian siap dioperasikan.

 

Nah itu tadi bagaimana cara kita untuk meningkatkan bisnis dengan daftar di Google My Business. Kalian bisa mencobanya dan Selamat Belajar!

30 Oktober 2019

0 responses on "Tingkatkan Omzet Bisnis dengan Daftar di Google My Business"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X