fbpx

Tips Memilih Nama Domain atau Brand yang BENAR! Jangan Sampai SALAH!

Baru saja membangun sebuah website atau usaha?

Bingung harus memberikan domain atau brand apa pada produk kalian?

Ya, pertanyaan-pertanyaan itu memang sering kali menjadi momok yang cukup mampu memutar otak bagi para pemula di bidang web developer dan branding. Dan besar kemungkinan kalian akan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membuat nama domain. Nah apa sih domain itu?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Dalam memilih nama website sebenarnya tidak berbeda jauh dengan memilih nama brand atau bahkan nama perusahaan. Jika kalian sudah memiliki brand atau perusahaan sendiri, pemilihan nama domain ini bisa disesuaikan dari keduanya atau salah satunya saja. Semua itu tergantung dari  strategis bisnis yang ingin diterapkan nanti,namun juga harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih domain.

 

Berikut ini tips cara memilih nama domain atau branding dengan benar:

 

  1. Pilih ekstensi domain yang tepat

Pemilihan ekstensi domain yang tepat akan membantu pasar mengenali industri bisnis yang digeluti perusahaan dengan lebih mudah. Jadi jangan sampai antara nama domain, bisnis dan ekstensi yang dipilih tidak memiliki korelasi sama sekali.

 

  1. Gunakan nama domain yang kreatif dan menarik

Nama domain menjadi identitas dari suatu Lembaga di dunia online. Jadi, oleh  karena itu, sebisa mungkin gunakan nama yang kreatif dan menarik agar Anda bisa melakukan branding dengan mudah. Domain Anda akan menjadi nama yang dicari, diingat, dan disebarkan oleh customer dan pengunjung di website anda.

 

  1. Hindari penggunaan angka pada nama domain

Selain menggunakan huruf, kalian memang bisa menggunakan angka pada nama domain. Meski demikian, sebaiknya hindari penggunaan angka,karena menggunakan angka pada domain akan membuat domain tersebut lebih sulit untuk diketikkan. Selain itu orang juga cukup sulit mengingat angka tersebut.

 

  1. Gunakan domain yang mudah diingat

Di dunia ini ada jutaan nama domain yang sudah diregister sehingga sangat penting jika Anda memiliki nama domain yang mudah diingat,maka dari seharusnya memilih nama domain menggunakan kata yang pendek.Untuk mengetes, Anda bisa bertanya pada orang lain apakah nama tersebut mudah diingat? Jika iya maka mungkin Anda bisa menggunakan domain tersebut.

 

  1. Hindari penyalahgunaan hak cipta

Usahakan jangan pernah berusaha menggunakan nama domain yang sudah menjadi brand perusahaan atau website lain. Misalnya sudah ada yang menggunakan nama domain yang Anda pilih dengan TLD.com, jangan pilih nama domain sama dengan TLD .co atau .net. Jika anda membuat nama domain yang sama, jika ada seseorang yang mencari, kemungkinan besar dapat muncul sama dengan nama pemilik brand yang sudah ada sebelumnya.

Nah itu tadi beberapa tips-tips cara memilih nama domain atau brand yang benar semoga dari tips di atas dapat membantu kalian,selamat mencoba.

5 November 2019

0 responses on "Tips Memilih Nama Domain atau Brand yang BENAR! Jangan Sampai SALAH!"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X