fbpx

5 Platform CMS Terbaik

Membuat website di era revolusi 4.0 ini menjadi kian mudah. Para penggelut website disodori berbagai platform CMS terbaik yang dimana sebagian besarnya memungkinkan para penggunanya untuk membuat website dengan mudah tanpa pusing-pusing untuk membuat website dari nol menggunakan bahasa pemrograman. Hanya saja, mungkin banyak dari kalian, para pengguna platform, cukup disulitkan dalam memilih satu dari begitu banyak platform CMS handal untuk diterapkan pada website yang akan kalian bangun.

Nah, maka dari itu, kali ini melalui artikel ini, kalian akan diberikan 5 dari banyak platform lainnya yang layak untuk direkomendasikan bagi para pengguna platform CMS. Tapi, sebelum cek apa saja 5 platform CMS terbaik itu, kalian harus tau platform CMS itu sebenarnya apa sih.

CMS adalah aplikasi Sistem Manajemen Konten yang memungkinkan bagi kalian untuk mempublish dan mengelola konten web dengan cara yang intuitif. Sebagai contoh, anggap saja CMS sebagai text editor (misalnya Notepad atau TextEdit) yang digunakan untuk mempublish artikel secara langsung ke website Anda. Pemisalan tersebut merupakan hal paling mendasar tentang CMS. Meski tentu saja, CMS masa sekarang menawarkan yang lebih banyak dari sekadar memposting konten. Berbagai platform sistem manajemen konten memudahkan kalian untuk mengindeks konten, mengubahnya, memformatnya menggunakan editor visual, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya CMS adalah solusi satu langkah dalam pembuatan website dan pengelolaan konten di dalamnya. Selain itu, tergantung pada CMS yang digunakan, kalian akan mendapatkan berbagai fitur tambahan yang bisa digunakan untuk menginstall ‘plugin’ .

Nah, setelah membahas secara singkat mengenai gambaran umum dari platform CMS itu sendiri, kini saatnya kita melihat-lihat apa saja sih 5 platform CMS terbaik yang sudah disebutkan diatas yang menjadi rekomendasi bagi kalian. Yuk kita cek!

 

  1. WordPress

Siapa sih yang tidak kenal salah satu platform CMS terbaik ini. Pasti, hampir sebagian besar dari kenal sudah pernah mendengar paltform ini. Yap, WordPress ini menjadi platform yang berhasil menguasai sebagian besar pasar dan 30% lebih website di internet. Pada awal kemunculannya, wordpress hanya ditujukan untuk platform blogging saja dan pada link para penggunanya disertakan subdomain .wordpress.com. Namun, beriring jalannya waktu, wordpress sudah banyak berkembang dan dapat dimodif sedemikian rupa menggunakan themes dan juga plugin. Dari segi fitur tak usah diragukan lagi, wordpress mampu memberikan layanan yang sangat lengkap kepada para penggunanya. Selain itu dari segi penggunaannya juga terbilang simple bahkan untuk pemula sekalipun.

Keunggulan:

  1. Editor yang bagus dan menajamemen konten yang mudah
  2. Tersedia banyak pilihan themes dan plugin
  3. Komunitas yang besar dan solid untuk berbagi seputar wordpress
  4. Sebagian besar provider hosting menyediakan paket hosting untuk website berbasis wordpress
  5. Mudah digunakan

 

  1. Joomla!

Platform CMS Joomla! Ini adalah salah satu CMS yang terbaik dan banyak digunakan setelah WordPress. Meskipun dari segi penggunaanya tak semudah wordpress, namun apabila dilihat dari beberapa aspek Joomla ini bisa dibilang lebih fleksibel. Joomla sering dipakai dan menjadi platform CMS favorit bagi para blogger. Hal ini karena user experience yang bagus sehingga banyak orang yang suka menggunakannya. Bisa dibilang, platform ini sangat cocok untuk situs berbasis membership. Namun, sayangnya jika kalian pemula, mungkin akan sedikit kebingungan dan kesulitan jika masih belum memiliki keahlian khusus. Sehingga, sangat dianjurkan bagi para pemula untuk belajar dokumentasi yang telah tersedia terlebih dahulu.

Keunggulan :

  1. Menawarkan support yang optimal untuk custom post types
  2. Manajemen user tingkat lanjut yang bagus
  3. Tersedia banyak template yang manarik
  4. Tersedia fitur multibahasa

 

  1. Drupal

Mungkin banyak dari kalian yang belum pernah mendengar atau terasa asing dengan platform CMS yang satu ini.  Namun, meski dengan popularitas yang masih berada dibawah WordPress dan Joomla, bukan berarti Drupal tidak layak untuk digunakan dan dijadikan pilihan untuk menjadi platform CMS. Secara umum, dalam praktiknya, Drupal hampir sama dengan Joomla. Salah satunya, Platform CMS ini menawarkan sistem yang sangat fleksibel ntuk mengelola custom post type. Drupal ini tergolong sulit untuk digunakan bagi para pemula dibandingkan dengan WordPress dan Joomla, namun Drupal memilik keunggulan pada segi keamanan serta kecanggihannya dan lebih powerful dibandingkan dengan WordPress dan Joomla. Sehingga, bisa dibilang Drupal ini bisa menjadi pilihan yang cocok apabila kalian ingin membangun website perusahaan.

Keunggulan :  

  1. Sistem keamanan yang lebih kuat
  2. Menyediakan fitur multibahasa
  3. Fitur kelola custom post type yang fleksibel
  4. Memiliki sistem taksonomi yang mendetail
  5. Fitur manajemen user dan pengaturan permission tingkat lanjut

 

  1. Serendipity

Serendipity ini adalah salah satu platform CMS yang mudah digunakan untuk membuat website sederhana, seperti blog. Platform CMS ini menjadi platform yang teringan. Ringan bukan berarti fitur-fitur yang fitawarkan jauh lebih sedikit. Justru CMS ini menawarkan performa terbaik bagi website. Selain itu, Serendipity juga menyertakan text editor yang powerfull, fitur manajemen media, dan pengaturan taksonomi level lanjut. Namun, kemungkinan untuk membuat website selain blog sangatlah terbatas.

Keunggulan :

  1. Pilihan terbaik untuk website yang mengedepankan performa
  2. Menyediakan berbagai theme dan plugin
  3. Ringan namun tetap memiliki fitur yang baik
  4. Cukup mudah digunakan untuk pemula

 

  1. Typo3

Mungkin banyak orang yang heran karena tak pernah mendengar platorm CMS yang satu ini, bukan? Tak heran sih, karena memang Typo3 ini lebih sering digunakan untuk membangun website dengan level enterprise atau sudah tingkat lanjut dengan skalabilitas sebagai poin utamanya. Maka dari itu, para pemula yang akan membangun website yang kecil dan sederhana tidak disarankan untuk menggunakan ini, karena dalam penggunaanya pun dibutuhkan keahlian khusus. Untuk instalasinya sendiri tergolong simple dan cukup cepat. Dan didalamnya Typo3 memiliki sekumpulan fitur keren, termasuk bantuan multibahasa-nya.

Keunggulan :

  1. Cocok untuk membangun situs level enterprise
  2. Memiliki fitur multibahasa
  3. Memudahkan dalam pengelolaan berbagai situs hanya dari satu instalasi saja
  4. Memungkinkan pembagian data dan tool di antara beberapa website pengguna miliki sekaligus.

Nah itu tadi 5 platform CMS Terbaik yang pantas untuk direkomendasika kepada kalian para sahabat Argia Academy. Kalian bisa memilih salah satu yang cocok untuk website yang akan kalian bangun nantinya yang tentunya akan memberikan kemudahan dan keunggulan bagi kalian. Selamat Belajar!

6 September 2019

0 responses on "5 Platform CMS Terbaik"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X