fbpx

5 Tips Gampang Belajar Pemrograman Bagi Pemula

Tips belajar pemrograman ini pasti sangat dibutuhkan bagi programer pemula ini ya. Karena dengan berkembang pesatnya dunia IT pasti banyak peluang kerja untuk bidang itu. Dan bagi pemula pasti masih bingung nih, “Gimana sih cara mengawalinya?” Namun di era modern ini anda tidak perlu khawatir, karena di internet sangat banyak pemaparan tentang bahasa pemrograman.

Di baris selanjutnya ini, ada tips mudah belajar pemrograman. Dan ini sangat membantu sekali bagi para programer pemula :

  1. Menggali Minat

 

Jika kita ingin melakukan sesuatu yang terpenting anda harus mempunyai minat ya. Karena dengan mempunyai minat yang menggebu-gebu akan mendorong anda untuk melakukan suatu hal. Memiliki minat tinggi akan pemrograman komputer adalah modal besar untuk menjadi seorang programmer. Minat akan membuatmu terus termotivasi untuk menaklukan segala rintangan yang muncul.

  1. Selarasi Dokumentasi

 

Selain menggali minat, anda juga harus lebih mengakrabi dokumentasi bahasa pemrograman. Dokumentasi bahasa pemrograman umumnya disediakan secara online di internet. Beberapa dokumentasi bahasa pemrograman bahkan disediakan dalam format PDF. Pelajari dokumentasi pemrograman yang anda minati. Dan mulailah menyatukan diri dengan manual book yang berkaitan dengan bahasa pemrograman.

  1. Ditulis, Jangan Di kopas ya !

 

Selebihnya dari menggali minat dan akrabi dokumentasi, seorang programmer tidak boleh malas mengetik ya! Terkadang ada yang mengcopy paste kode karena malas mengetik. Seorang programer akan sering terlibat dalam penulisan kode-kode pemrograman. Jika anda bereferensi di internet usahakan kode yang anda butuhkan itu ditulis bukan hanya dikopas saja. Agar anda tau seluk beluk kode tersebut dan akan menambah daya ingat tentang kode kode yang dipelajari. Memang sih kita tidak perlu menghafal semua sintaks bahasa pemrograman, kita hanya perlu mengingat bagian-bagian umum saja.

  1. Gunakan cara berfikir “Bagaimana Jika”

 

Semisal anda sehabis melihat referensi kode di internet, setelah itu anda gunakan konsep “bagaimana jika” dan terapkan kode tersebut di program  sesuai pola pikir anda. Konsep berfikir “bagaimana jika” ini akan membuat kita bersikap kritis terhadap baris-baris kode yang kita buat.

  1. Tiada hari tanpa ngoding

 

Selain lebih memantapkan konsep ,anda harus lebih sering mengulik tentang pemrograman ini. Karena belajar pemrograman ini hampir sama seperti belajar bahasa asing, perlu diasah setiap hari supaya kemampuan kita tidak berhenti ditengah jalan. Jadi selalu luangkan waktu untuk menuliskan kode-kode pemrograman setiap hari.

 

Nah, anda bisa langsung menerapkan cara cara mudah belajar pemrograman diatas. Disamping dari 5 tips diatas, anda harus lebih sering menggali referensi dari berbagai media tentang bahasa pemrograman. Dan patuhi instruksi dalam belajar pemrograman oleh yang lebih mahir yaa.

5 September 2019

1 responses on "5 Tips Gampang Belajar Pemrograman Bagi Pemula"

  1. Hi, very nice website, cheers!
    ——————————————————
    Need cheap and reliable hosting? Our shared plans start at $10 for an year and VPS plans for $6/Mo.
    ——————————————————
    Check here: https://www.good-webhosting.com/

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

X
X