Jurusan Kuliah yang Bagus di Era Revolusi Industri 4.0

Sudahkan kalian menentukan jika sudah lulus ingin menjadi apa?

Untuk para generasi milenial yang baru lulus dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Apakah kalian masih bingung ingin mengambil jurusan apa? Atau ingin membandingkan jurusan kuliah apa saja yang banyak dicari perusahaan di era revolusi industri 4.0 ini?

Berikut adalah 5 jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan oleh dunia kerja di era sekarang:

  1. Digital Marketing/Pemasaran Digital

Program studi digital marketing memberikan pengajaran pemasaran dan keterampilan yang mendasar dalam analisis pemasaran, mengambil keputusan, dan komunikasi efektif ke organisasi-organisasi besar. Dalam program studi digital marketing akan diajarkan cara-cara mempromosikan sebuah brand produk melalui media internet yang mampu menjangkau konsumen secara cepat dan tepat waktu.

Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi, untuk menjangkau konsumen lebih luas dibutuhkan strategi pemasaran baru yang lebih up to date. Selain mempelajari teknik-teknik pemasaran yang efektif, kalian juga mempelajari konsep-konsep psikologi, antropologi, dan multimedia.

 

  1. Teknik Informatika

Program studi teknik informatika menerapkan prinsip-prinsip ilmu computer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak, system operasi dan kerja computer. Untuk menguasainya kamu harus memahami logika dan matematika (algoritma). Disini kalian akan menjadi programmer yang waktunya banyak habis untuk pemrograman. Selain itu, kalian harus menjadi ahli dalam system operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa system operasi tersebut sudah berjalan dengan lancar. Jika kamu suka koding dan minat dalam mengembangkan perangkat lunak, maka jurusan ini sangat cocok untuk kamu.

 

  1. Cyber Security

Program studi cyber security mempelajari cara melindungi dari serangan yang ada di dunia maya (cyber attack), jurusan ini sangat dibutuhkan untuk cyber defense (pertahanan dunia maya). Perkembangan internet yang sangat cepat membuat keamanan di dunia maya terancam akan adanya aktivitas para hacker. Mahasiswa akan dibekali dengan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan di dunia maya. Lulusan program prodi ini tentunya banyak dicari oleh industry swasta maupun pemerintah untuk mengamankan data dan system mereka

 

  1. Software Engineering

Software engineering adalah salah satu karir yang paling dibutuhkan saat ini. Para mahasiswa akan diajarkan mendesain algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak. Karena meningkatnya system computer dan informasi, diperlukan perangkat lunak yang sangat tangguh. Bermunculannya teknologi dan beragam model bisnis digital baru juga membutuhkan software engineering yang kreatif dan inovatif. Saat ini pun peluang bisnis dan lapangan kerja sebagai software engineering terbuka lebar di berbagai penjuru dunia.

 

  1. Teknologi Game

Program studi teknologi game mempelajari bagaimana game tersebut dibuat dan dapat dimainkan oleh banyak orang. Kita akan belajar mulai dari membuat cerita yang akan dibuat game, merancang system, merancang karakter game, membuat animasi dan storyboard, merancang user interface, melakukan programming, hingga produksi game dan mendistribusikannya. Seiring dengan perkembangan teknologi, akan banyak jenis game yang bermunculan, dan indutri game tidak akan punah dan terus berkembang. Dari game sendiri jika kita tekuni akan menghasilkan jumlah yang terbilang fantastis. Nah, untuk kamu seorang gamer sejati jurusan ini cocok banget buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.