Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

Kalian memiliki channel Youtube? Ingin mendapatkan data channel youtube? Atau ingin menghubungkannya dengan aplikasi lain? Jika iya, maka kalian membutuhkan yang namanya Youtube API Key. Saat ini, youtube telah menyediakan sebuah API untuk para developer agar dapat dengan mudah mendapatkan segala informasi pada Youtube dengan mudah . Sehingga, kalian tentu sangat membutuhkan ini untuk semakin terorganisir dalam mengelola Youtube.

Apa sih API Key itu?

API (Application Programming Interface) adalah suatu metode yang berguna untuk menghubungkan sehingga dapat berkomunikasi antar aplikasi atau website. Dengan menggunakan API, kalian bukan hanya dapat menghubungkan atau berkomunikasi antar aplikasi atau website saja, tetapi dapat juga menggunakan sumber daya atau data yang ada tanpa perlu mengetahui bagaimana aplikasi atau website tersebut dibuat.

Kegunaan API Key

  1. Sebagai alat pemantau subscriber sebuah channel youtube
  2. Menampilkan informasi yang berkaitan dengan channel youtube pada aplikasi lain
  3. Untuk mendapatkan embed seluruh video yang ada pada youtube
  4. Melakukan autentikasi pengguna ke dalam akun Youtube
  5. Mengelola video yang diunggah

Untuk penggunaan API tergolong cukup mudah, namuan untuk mendapatan kunci atau API Key yang dibutuhkan sebagai akses utama untuk dapat memakai sebuah API Youtube cukup menjadi masalah. Saat ini Youtube telah menerapkan API yang jauh lebih sempurna dibanding sebelumnya, tapi untuk API Key juga memiliki batasan tersendiri, dan tidak bisa dibilang unlimited.

Sebelumnya, API Key ini tidak dibutuhkan bagi para pemilik channel youtube untuk mendapatkan informasi baik itu mencari atau hanya ingin mendapatka sesuatu didalamnya, tapi saat ini harus menggunakan API Key dan terbilang wajib.

Nah, maka dari itu, yuk sekarang kita sama-sama lihat bagaimana cara mendaptkan Youtube API Key dengan Mudah!

Baca Juga : 10 Tips Paling Efektif untuk Social Media Marketing!

Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

  1. Masuklah ke halaman Google Developer Console di link https://console.developers.google.com/ dan login menggunakan akun Google
  2. Klik tombol Buat Project pada halaman dashboard
  1. Isi nama projek. Dan klik Buat
  1. Untuk mendapatkan API Key, klik  + AKTIFKAN API DAN LAYANAN atau klik library API pada halaman Projek kalian
  1. Kemudian kalian scroll ke bagian Youtube, dan klik Youtube Data API v3
  1. Untuk mendapatkan Youtube Data API v3, klik tombol Aktifkan
  1. Setelah itu, kalian akan diarahkan kembali ke halaman Dashboard. Kali ini, kalian perlu membuat credential agar API tersebut dapat digunakan. Klik tombol Buat Kredensial
  1. Isi dorm kredensial sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika sudah, klik tombol Kredensial apa yang saya butuhkan?
  1. Dan, API Key Youtube telah kalian dapatkan. Jika sudah berhasil kalian salin, klik Selesai

Nah itu tadi bagaimana cara mendapatkan YoutubeAPI Key dengan mudah. Kalian bisa langsung mencobanya, semoga berhasil dan Selamat Belajar!