3 Faktor Penting Algoritma Instagram Reels

algoritma instagram reels
Algoritma Instagram Reels

Baru-baru ini Instagram membagikan sebuah berita baru melalui postingan terbarunya terkait algoritma Instagram reels. Kalau menggunakan Instagram sebagai salah satu platform untuk melaksanakan digital marketing, maka kamu harus mengetahui bagaimana algoritma dari fitur Instagram reels agar performamu di Instagram semakin kuat.

Dengan mengetahui bagaimana algoritmanya bekerja, kamu bisa lebih mudah menyusun strategi digital marketing ke depannya. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah!

Bagaimana Instagram Merekomendasikan Konten Reels kepada Pengguna?

Algoritma Instagram reels bertujuan untuk menyajikan konten yang tidak hanya disukai oleh pengguna, tetapi juga konten yang berpotensi mendapatkan interaksi dari audiens.

Agar bisa menentukan konten reels mana yang akan ditunjukkan pada audiens, algoritma akan mempertimbangkan kemungkinan pada penggunanya untuk melakukan hal-hal di bawah ini, yakni sebagai berikut:

  • Menonton konten reels sampai habis
  • Memberikan interaksi pada konten reels tersebut (like, comment, share, dsb.)
  • Menganggap konten reels tersebut menarik dan menghibur
  • Menggunakan audio untuk membuat konten versi mereka sendiri

Kamu mungkin akan bingung dengan poin terakhir jika kamu belum familiar dengan reels atau Tiktok. Intinya, kamu bisa menge-klik audio dari konten tersebut di pojok kanan bawah, kemudian gunakan audio tersebut untuk membuat konten video reels kamu sendiri.

Setiap konten reels akan memiliki laman di mana kamu bisa mengambil audio dari reels tersebut dan membuat video baru dengan track yang sama.

Faktor Penting Algoritma Instagram Reels

Aktivitas pengguna merupakan faktor yang paling penting bagi Instagram dalam merekomendasikan konten reels. Algoritma yang digunakan Instagram akan menentukan konten reels mana yang pernah mendapatkan interaksi dari audiens tertentu dan apakah mereka telah berinteraksi secara langsung dengan kreator di konten reels tersebut.

Semakin banyak interaksi kreator, seperti membalas komentar, mengirim DM, dan menggunakan tag akan dapat membantu kontenmu muncul di banyak user.

Instagram juga mampu melihat informasi tentang video dan konten kreator dari video yang kamu buat di Instagram reels. Singkatnya, berikut ini merupakan beberapa faktor penting pada algoritma Instagram reels, yakni sebagai berikut:

  1. Aktivitas pengguna: interaksi audiens dengan konten reels dan kreatornya. Interaksi ini berupa like, comment, hingga mengirimkan pesan melalui direct message.
  2. Informasi tentang reels: hal-hal yang diperhatikan meliputi popularitas, audio track, dan pemahaman video lewat pixel dan frame keseluruhan.
  3. Informasi tentang kreator: hal yang diperhatikan merupakan informasi tentang siapa dan bagaimana pengguna lain berinteraksi dengan kreator tersebut.

Tipe Konten yang Dihindari Algoritma Instagram Reel

Ada beberapa jenis konten Instagram yang tidak akan direkomendasikan oleh algoritma Instagram reels, meskipun konten tersebut sangat populer, yakni sebagai berikut:

  • Video resolusi rendah dan memiliki watermark. Instagram tidak akan mempromosikan konten yang mempromosikan platform lain di platformnya. Sehingga, konten yang memiliki watermark, terutama watermark dari platform lain, tidak akan direkomendasikan oleh Instagram reels kepada audiens yang lebih luas.
  • Video yang membahas politik. Video yang membahas tentang politik akan mengundang terjadinya polarisasi antar masyarakat, khususnya dengan para audiens di Instagram reels tersebut.
  • Video yang dibuat oleh tokoh politik atau figur pemerintahan. Sama seperti poin sebelumnya, video yang dibuat oleh tokoh politik atau pemerintahan bisa menimbulkan keributan, baik secara online atau offline. Sehingga, Instagram ingin mengurangi terjadinya hal tersebut dengan tidak merekomendasikan konten yang dibuat oleh tokoh politik atau figur pemerintahan secara lebih luas.

Kesimpulan

Algoritma Instagram reels tentu akan selalu mengalami perubahan. Tapi, kalau kamu bisa selalu beradaptasi dengan perubahan tersebut, kamu akan terus menemukan cara baru untuk menyasar audiens yang memang hendak kamu tuju.

Kalau kamu menggunakan Instagram sebagai platform utamamu dalam melakukan promosi digital, maka kamu bisa mulai memperdalam ilmu tentang algoritma Instagram reels. Supaya kamu bisa menjalankan strategi digital marketing dengan lebih tepat sasaran.

Para trainer Argia Academy sudah berpengalaman dalam menangani berbagai media sosial, salah satunya adalah Instagram reels. Kamu bisa belajar tentang algoritma media sosial secara lebih mendalam bersama kami di sini. Yuk daftar sekarang!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x