4 Tips Viral di Instagram Reels

viral di instagram reels
Tips Viral di Instagram Reels

Setelah hadirnya Instagram Reels, semuanya lantas ingin membuat konten yang viral di Instagram Reels. Tapi, bagaimana ya caranya?

Agustus 2020 merupakan hari istimewa bagi Instagram. Pasalnya, platform ini meluncurkan satu fitur terbaru mereka, yakni Instagram Reels. Fitur ini langsung berhasil menjadi fitur yang paling disukai oleh para penggunanya, meskipun awalnya sempat diragukan karena disebut sebagai tiruan dari Tiktok.

Berbeda dengan IGTV dan Stories, Reels memungkinkan konten video singkat kita mudah untuk membuat akun kita untuk ditemukan oleh non-followers kita. Karena, Instagram akan mempromosikan konten Reels kita kepada orang yang mempunyai potensi untuk menyukai konten kita.

Algoritma dari Instagram Reels ini mirip dengan FYP dari Tiktok. Sehingga, bagi kamu yang sudah akrab dengan Tiktok, Reels bukanlah sesuatu yang asing untuk kamu.

Meski begitu, kamu tidak bisa hanya mengandalkan algoritma tersebut untuk bisa viral di Instagram Reels. Lantas, apa saja caranya? Yuk simak artikel dari Argia Academy ini sampai selesai!

Tips Viral di Instagram Reels

Ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan agar Instagram Reels kamu banjir engagement. Hal ini jauh lebih penting dari sekedar mengetahui algoritma saja. Karena, algoritma hanya kendaraan agar video kita ditemukan orang lain. Namun, tentu kita tidak hanya ingin video kita sekedar ditonton saja, tetapi juga banjir engagement. Untuk itu, kamu perlu mengetahui hal-hal berikut ini!

1. Riset konten Reels yang cocok untuk kamu

Kalau kamu baru terjun ke dunia Instagram Reels, maka hal yang harus kamu lakukan adalah riset. Kamu bisa lakukan riset ini dengan sering menonton konten Reels orang lain. Tujuannya agar kamu bisa lebih mengenal jenis konten Reels seperti apa yang disuka oleh audiens dan cocok denganmu.

Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa lebih mengenal dirimu sendiri. Kamu tidak akan kehilangan arah dalam membuat konten. Kamu juga bisa lebih mengerti konten yang akan kamu buat nantinya akan direkan dan diedit dengan teknik yang seperti apa.

Selanjutnya, pastikan kamu juga harus tahu citra seperti apa yang kamu bangun di Instagram. Semisal, kamu membuat konten edukasi desain di Instagram, maka Reels yang kamu buat tidak jauh dari bidang tersebut. Sehingga, hal ini akan semakin memperkuat branding-mu bagi followers.

2. Gunakan musik populer dan fitur editing bawaan Instagram

Salah satu cara yang ampuh agar bisa viral di Instagram Reels adalah dengan menggunakan lagu yang sedang trending pada konten kita. Hal ini akan membuat video kita mendapat lebih banyak penonton.

Selain itu, untuk edit videonya juga disarankan untuk memakai fitur langsung dari Instagram Reels. Kamu bisa masukkan saja video mentahnya, kemudian kamu bisa mengedit warna, transisi, musik, sampai menambahkan elemen lain, seperti teks dan stiker. Hal ini akan lebih bagus lagi jika kamu take video langsung menggunakan kamera Instagram.

Dengan begitu, Instagram bisa menempatkan videomu di urutan lebih atas dalam algoritmanya. Sehingga, kesempatan videomu untuk dipromosikan secara lebih luas ke timeline orang lain menjadi lebih besar.

3. Video yang singkat lebih diminati

Durasi maksimal yang diberikan oleh Instagram Reels adalah 60 detik. Kamu bisa memanfaatkannya secara utuh, namun video yang bisa dikemas secara singkat, padat, dan jelas lebih disukai oleh audiens. Hal ini bisa meningkatkan engagement dari konten yang kamu buat dibandingkan dengan konten yang panjang.

Hal ini dikarenakan video dengan durasi yang panjang sering membuat orang lebih bosan. Sehingga, mereka akan berhenti menonton video kamu dan menonton video lainnya. Hal ini akan menghambat kamu agar bisa viral di Instagram Reels.

Selain itu, semakin singkat video yang kamu buat, maka akan semakin tinggi potensi video kita akan ditonton ulang oleh audiens. Semua tontonan ini akan terhitung sebagai views baru. Sehingga, akan meningkatkan nilai view kontenmu.

4. Menggunakan video yang jelas dan memanjakan mata

Salah satu elemen penting agar bisa viral di Instagram Reels adalah visual konten yang memanjakan mata. Sebagai konten kreator, kamu harus bisa menyajikan gambar yang jelas dan menarik.

Kamu harus bisa tahu angle yang bagus untuk membuat videomu. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain atau tripod agar bisa lebih stabil. Sementara, untuk gawai yang kamu gunakan tidak perlu yang super profesional. Cukup maksimalkan gawain yang kamu miliki agar bisa menghasilkan konten video yang bagus.

Nah itu dia cara agar bisa viral di Instagram Reels. Pastikan kamu memperhatikan hal-hal di atas agar Instagram Reels kamu bisa semakin bagus dan meningkat ya performanya!

Buat kamu yang mau belajar Instagram lebih dalam dan cara bikin konten menarik supaya bisa viral di Instagram Reels, ikut yuk kelasnya di kursus digital marketing di Argia Academy. Daftarnya di sini ya guys!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x