7 Tips Upgrade LinkedIn Biar Dilirik Banyak Perusahaan!

upgrade linkedin
Upgrade LinkedIn

Banyak banget fresh graduate yang mengeluh susah dapat kerjaan belakangan ini. Bukan cuma perkara pandemi aja, tapi saingan yang begitu bejibun membuat mereka sulit kecantol di perusahaan yang mereka lamar. Terus gimana ya biar dilirik perusahaan? Upgrade LinkedIn! Kali ini Argia Academy bakal ngasih tips untuk meningkatkan LinkedIn supaya perusahaan lebih tertarik!

Tips Upgrade LinkedIn

Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, perusahaan sering banget melihat jejak digital kita sebagai pertimbangan mereka untuk merekrut kita. Salah satunya adalah dengan melihat profil LinkedIn kita.

LinkedIn sendiri merupakan sebuah website jaringan sosial yang berorientasi bisnis. Biasanya digunakan untuk jaringan profesional. Banyak sekali perusahaan yang membagikan informasi terkait kebutuhannya akan tenaga kerja tertentu melalui LinkedIn. Kemudian, banyak calon tenaga kerja yang membagikan profilnya di website tersebut.

Profil LinkedIn kerap kali diisi dengan curriculum vitae dari orang-orang yang sedang mencari kerja. Dengan harapan website tersebut mampu menyambungkan dengan perusahaan yang mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut.

Ada setidaknya 750 juta anggota yang tergabung di LinkedIn. Hal ini membuat kamu harus mengatur profil LinkedIn-mu agar bisa dilirik oleh perusahaan. Karena, dengan jumlah anggota yang sebanyak itu, perusahaan akan melihat banyak sekali profil pelamar setiap harinya. Potensi profilmu cuma di-skip aja bakal tinggi. Jadi, kamu harus bisa upgrade profil LinkedIn kamu supaya lebih stand out. Gimana caranya?

  • Headline profil yang sesuai

Kebanyakan orang mengisi headline profil dengan sesuatu yang justru tidak sesuai dengan keahlian yang ditawarkan. Alih-alih mengisi dengan posisi yang dikuasai, mereka justru mengisi dengan motivasi diri. Kerap kali terlihat pengguna justru mengisi dengan kalimat seperti “Long life learner” yang justru tidak sesuai dengan posisi pekerjaan.

Baiknya diisi dengan posisi yang lebih spesifik. Contohnya, jika kamu berkeahlian dalam membuat konten dan menginginkan pekerjaan di bidang perkontenan, kamu bisa isi dengan “Copywriter/Content Writer” atau dengan posisi lainnya yang sesuai dengan keahlianmu. Hal ini akan memudahkan para pencari tenaga kerja untuk menemukan kamu.

  • Menggunakan foto yang profesional

Tujuan utama dari tampil di LinkedIn adalah supaya kita terlihat profesional. Jadi, kamu harus bisa tampil secara profesional. Foto menggunakan pakaian yang formal dan memberikan senyum karir kamu yang terbaik agar bisa membuat perusahaan melirik. Tidak perlu menggunakan filter yang aneh-aneh, cukup menggunakan pas foto yang formal dan menarik. Gunakan foto yang 60-70% menunjukkan bagian atas tubuhmu dan menunjukkan wajahmu dengan jelas.

  • Tulis deskripsi yang sesuai

Cara selanjutnya untuk upgrade LinkedIn adalah dengan menjelaskan siapa dirimu di sana. Tulis siapa kamu dan apa keahlianmu dengan jelas. Tulis juga pengalaman kerja dan riwayat pendidikan kamu. Kamu bisa jelaskan dengan lebih detail apa saja yang kamu lakukan di tempat kerjamu dan apa saja yang kamu dapatkan dari sana.

  • Isi detail pengalaman kamu

Hal ini sangat penting untuk dapat upgrade LinkedIn kamu. Kamu harus mengisi dengan detail segala pengalaman yang pernah kamu lakukan. Pengalaman apa saja? Pengalaman kerja, magang, dan organisasi. Kamu bisa menulis beberapa poin untuk bisa meningkatkan performa LinkedIn milikmu, pertama apa saja yang kamu lakukan selama masa baktimu. Tuliskan dengan detail apa pekerjaan dan posisimu di sana. Kedua, tuliskan apa targetmu di sana. Dari pekerjaan yang kamu lakukan, apa saja targetnya. Usahakan menulis dengan menggunakan angka, sehingga lebih terukur dengan jelas. Terakhir, kamu bisa tuliskan apa yang kamu hasilkan dari target kerjamu. Sehingga, perusahaan bisa menilai performa kerjamu.

  • Memaksimalkan section feature

Kamu bisa mengisi section ini dengan portofolio kerja yang pernah kamu lakukan. Entah itu dengan bukti-bukti karya kamu atau bahkan dokumentasi kerja kamu. Semisal, foto ketika kamu mendapatkan penghargaan, artikel yang pernah kamu buat, desain-desain yang kamu kerjakan, dan lain sebagainya. Dengan begitu upgrade LinkedIn kamu akan lebih maksimal. Karena, kamu mampu memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh LinkedIn dengan baik.

  • Share keahlianmu lewat artikel

Langkah selanjutnya untuk upgrade LinkedIn adalah dengan menceritakan secara lengkap terkait pengalaman, pengetahuan, atau kemampuanmu lewat artikel. Contohnya, jika kamu merupakan seorang psikolog anak, kamu bisa membagikan artikel tentang parenting, emosi anak, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi cara buat upgrade LinkedIn kamu. Gimana? Sudah ada gambaran dong ya gimana kamu bakal ngatur LinkedIn kamu ke depannya supaya lebih teroptimasi lagi.

Selain upgrade LinkedIn, kamu juga perlu upgrade diri kamu supaya semakin bisa menjadi pertimbangan untuk perusahaan yang mau merekrut kamu. Keahlian yang saat ini lagi naik daun tentu saja keahlian digital marketing dong! Kamu bisa belajar digital marketing secara lengkap dan menyenangkan di Argia Academy. Lagi ada promo menarik loh! Yuk daftar sekarang di sini, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x