SUKSES! Pelatihan Digital Marketing 3 Hari Argia Academy X PT PLN (Persero) UPP JBTB 4 Bersama Desa Perante Situbondo

pelatihan digital marketing
Pelatihan Digital Marketing

Situbondo (21/06) – Argia Academy bekerja sama dengan PT PLN UPP JBTB4 mengadakan pelatihan digital marketing selama 3 hari di Desa Perante, Kecamatan Asembagus, Situbondo.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Kepala Desa Perante, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Bapak Camat Asembagus. Selanjutnya, sambutan dari kedua pihak penyelenggara, yakni perwakilan dari PT PLN UPP JBTB 4 dan Direktur Argia Academy, Bapak Kurniawan Subiantoro. Setelah sambutan dari pihak-pihak terkait, acara pun dibuka secara resmi oleh Bapak Lurah Asembagus

pelatihan digital marketing
Pembukaan Pelatihan Digital Marketing

Pelatihan Digital Marketing di Desa Perante

Setelah pembukaan, pelatihan digital marketing resmi dimulai dengan materi tentang digital marketing dan branding, serta materi tentang platform digital marketing. Materi ini diisi oleh Bapak Kurniawan Subiantoro, selaku mentor dari kedua mentor tersebut di Argia Academy. Pada materi tersebut, Pak Kurniawan menyampaikan selayang pandang tentang digital marketing dan juga platform apa saja yang biasanya digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan usaha mereka.

Selain jenis-jenis platform yang sering digunakan, pada pelatihan digital marketing ini Pak Kurniawan juga menunjukkan berbagai jenis konten promosi yang sempat viral. Sehingga, mampu memberikan gambaran kepada para audiens terkait jenis konten seperti apa yang akan dibuat.

pelatihan digital marketing
Penyampaian Materi oleh Pak Kurniawan Subiantoro

Pak Kurniawan menyampaikan materi tentang digital marketing dan branding, serta materi tentang platform digital marketing selama kurang lebih 2 jam, kemudian dilanjutkan dengan materi tentang content marketing yang disampaikan oleh Kak Rizky yang merupakan trainer dari materi tersebut dan juga kepala divisi konten di Argia Academy.

Pada materi content marketing, Kak Rizky menyampaikan apa saja usaha yang bisa dilakukan oleh para pengusaha agar konten promosi mereka bisa tampil dengan optimal di media sosial. Kak Rizky memberikan beberapa contoh kalender konten sederhana yang bisa ditiru. Karena keahlian Kak Rizky lebih berfokus pada Instagram, maka Kak Rizky juga menunjukkan beberapa contoh konten Instagram dan bagaimana cara mengunggah konten di Instagram.

Setelah menyampaikan materinya selama kurang lebih 2 jam, pelatihan digital marketing hari pertama selesai.

pelatihan digital marketing
Penyampaian Materi oleh Kak Rizky

Di hari kedua, pelatihan dimulai dengan materi tentang foto produk yang disampaikan oleh Kak Khilma. Pada materi ini tidak hanya disampaikan secara teori saja, tetapi juga praktik foto produk secara langsung menggunakan produk dagangan para UMKM di Desa Perante. Teori yang diberikan berupa alat sederhana yang digunakan untuk foto produk dan juga tips sederhana bagi para awam agar bisa dilakukan dengan mudah. Peserta pun juga mengikuti pelatihan dengan lancar.

pelatihan digital marketing
Penyampaian Materi oleh Kak Khilma

Selanjutnya, materi yang disampaikan adalah tentang desain grafis menggunakan platform Canva yang diajarkan oleh Kak Nerry. Kak Nerry sendiri merupakan seorang mobile Canva specialist. Pada pelatihan ini diberikan materi tentang cara desain konten Instagram untuk bisnis yang dimiliki oleh para peserta. Desain yang diajarkan bisa menggunakan template yang sudah ada dan juga bisa membuat konten sendiri dari awal. Sehingga, peserta bisa membuat konten dengan atau tanpa template.

Penyampaian materi yang disampaikan oleh Kak Nerry selama 2 jam. Kemudian, dengan berakhirnya materi dari kak Nerry, maka berakhir juga pelatihan pada hari kedua bersama warga Desa Perante.

Penyampaian Materi oleh Kak Nerry

Hari ketiga dimulai dengan materi tentang social media marketing yang disampaikan oleh Kak Rizka. Materi yang disampaikan berupa pentingnya media sosial untuk keperluan promosi usaha dan juga ada bonus materi tentang Tiktok untuk kebutuhan promosi. Kak Rizka memberikan materi tentang bagaimana membuat konten di Tiktok supaya performanya bagus dan viral. Sehingga, mampu menghasilkan banyak penjualan dari konten yang kita buat. Peserta juga diajarkan bagaimana algoritma media sosial, khususnya Tiktok, bekerja.

Peserta juga diajarkan beberapa pengantar tentang media sosial dan manfaatnya bagi usaha. Sehingga, peserta bisa mengerti apa saja yang bisa dihasilkan oleh media sosial. Jadi, peserta tidak hanya sekadar bikin konten tanpa mengerti esensinya. Materi yang disampaikan Kak Rizka selama 2 jam.

Diakhir penyampaian materi, Kak Rizka mengajak para peserta untuk membuat Tiktok bersama untuk meningkatkan semangat para peserta. Peserta juga mengikuti dengan senang.

pelatihan digital marketing
Penyampaian Materi oleh Kak Rizka

Materi terakhir dari pelatihan digital marketing di Desa Perante diisi oleh Mas Rofiul tentang marketplace. Pada materi kali ini, Mas Rofiul mengajarkan tentang cara untuk memaksimalkan marketplace yang kita miliki agar lebih banyak cuan yang masuk dari penjualan di sana. Materi yang diberikan benar-benar praktikal. Sehingga, para peserta bisa langsung mengaplikasikan ke marketplace yang mereka miliki secara langsung. Sesi penyampaian materi sangat interaktif dan peserta menunjukkan ketertarikan yang tinggi untuk materi ini.

Penyampaian Materi oleh Mas Rofiul

Setelah penyampaikan materi selesai, pelatihan digital marketing dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada peserta yang membuat desain terbaik. Desain yang dinilai adalah dari desain Canva yang dibuat sehari sebelumnya bersama dengan Kak Nerry. Setelah itu, pelatihan digital marketing Argia Academy X PT PLN (Persero) JBTB 4 di Desa Perante selesai.

Demikian pelatihan yang sudah dilaksanakan Argia Academy bersama dengan PT PLN (Persero) JBTB 4 di Desa Perante. Kalau kamu juga mau belajar digital marketing sama Argia Academy, bisa daftar di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x