3 Trend TikTok yang Bakal Rame di Tahun 2023!

trend tiktok 2023
Trend TikTok 2023

Menjelang akhir tahun 2022, TikTok merilis prediksi trend TikTok 2023 yang akan membantu para konten kreator dan pebisnis yang melakukan promosi melalui TikTok. Apa saja ya?

Menyambut tahun 2023, TikTok telah merilis prediksi konten seperti apa yang akan menjadi trend di tahun 2023. Prediksi ini didasarkan pada trend yang sudah ada saat ini dan selera audiens. Trend ini akan memberi dampak yang besar di tahun depan.

TikTok melihat beberapa selera audiens yang mulai berubah dan bagaimana perubahan ini sangat memengaruhi minat audiens dalam menikmati konten-konten yang ada di TikTok. Lantas apa sajakah tren TikTok 2023?

Trend TikTok 2023

Selama 1 tahun ke belakang, TikTok melakukan refleksi terhadap komunitas di platformnya. Mereka menemukan bahwa setelah menjalani karantina akibat Covid-19, masyarakat tidak perlu menjalani hidupnya sehari-hari secara “normal”. Seperti, tidak perlu bekerja di kantor dan tidak perlu memenuhi tuntutan sosial pada usia tertentu.

Karena hal tersebut, banyak orang yang kemudian membagikan kisah mereka secara nyata di TikTok. Hal ini kemudian mampu membentuk sebuah komunitas dan membuka pikiran para audiens.

Nah, para komunitas ini akan saling menginspirasi satu sama lain dan membuat perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, orang akan mengambil tindakan berdasarkan apa yang mereka lihat di FYP. Tindakan ini bisa jadi sederhana, seperti mencoba resep, membeli sebuah produk, dan lain sebagainya. Nah, hal ini akan memberi pengaruh lebih dalam dan menjadi trend TikTok 2023.

Menurut TikTok, di tengah perubahan kehidupan masyarakat pasca pandemi, orang akan mencari cara untuk menemukan kebahagiaan mereka. Dan TikTok akan menjadi alat untuk membantu mereka menemukannya.

Dengan penelitian yang sudah TikTok lakukan, TikTok memperkirakan 3 trend TikTok 2023. Apa saja, ya? Simak yuk!

1. Actionable entertainment

TikTok menyampaikan bahwa mereka sudah keluar dari era clickbait. Ke depannya pemasar harus bisa membuat konten yang lebih menarik agar bisa mendapatkan kepercayaan audiens. Hal ini akan menjadi trend TikTok 2023

Cara untuk membuat konten menarik adalah dengan membuat konten yang lucu, original, dan tentunya mampu menarik perhatian para audiens. Konten kreatif seperti ini akan mendorong kesuksesan kita di TikTok daripada membuat konten promosi yang terlalu hard-selling.

Untuk bisa meningkatkan kepercayaan audiens, kita harus bisa membangun personal branding kita dulu di TikTok. Kita bisa mulai membuat konten dari apa yang menjadi minat kita. Dengan begitu, orang yang mempunya minat yang sama dengan kita akan merasa lebih relevan. Ketika audiens sudah mulai merasa relevan, maka akan dengan sendirinya muncul rasa percaya.

Jika kita sudah mendapatkan kepercayaan audiens, maka selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah membuat mereka melakukan sebuah aksi yang sesuai dengan kita inginkan, seperti pembelian produk, mengunjungi website, dan lain sebagainya.

Untuk bisa lebih memaksimalkan konten kalian, dalam hal ini kalian harus meningkatkan kemampuan story-telling kalian. Agar audiens bisa lebih engage dengan kontenmu dari awal hingga akhir.

2. Making space for joy

Trend TikTok 2023 selanjutnya adalah membuat tempat yang nyaman bagi para audiensnya.

Semenjak pandemi, orang-orang merasa kelelahan karena kehidupan mereka sehari-hari. Sehingga, mereka akan lebih memprioritaskan kebahagiaan mereka dalam bentuk apapun.

Menggunakan pendekatan humor adalah cara yang bagus untuk membuat audiens menyukai kontenmu. Hal ini akan membantu kalian untuk saling terhubung dan bercerita. Para pebisnis pun akan lebih mudah untuk menjangkau audiens mereka.

Kamu bisa memanfaatkan trend TikTok yang lucu dan memodifikasinya sedikit sesuai dengan kebutuhan kontenmu. Jika menarik, maka para audiens tentu akan senang berinteraksi denganmu.

Brand bisa memberikan ide kepada para audiensnya tentang beberapa tips untuk memanjakan diri mereka dengan cara yang mudah untuk dilakukan. Hal ini akan memberikan audiens inspirasi untuk memberikan diri mereka sedikit kebahagiaan.

Untuk itu, brand harus pintar dalam memberikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh para audiens. Karena, audiens TikTok suka jika mereka merasa dipahami.

Kesimpulannya, trend TikTok 2023 adalah dengan membuat konten yang membantu para audiens untuk menemukan kebahagiaan mereka. Karena, kebahagiaan inilah yang akan menjadi faktor seseorang untuk melakukan pembelian.

3. Community-built ideals

Trend TikTok 2023 adalah merangkul gaya hidup yang spesifik dan beragam melalui konten kita.

Komunitas di TikTok membantu audiens untuk terikat pada minat mereka masing-masing, karena algoritmanya yang memberikan kita konten yang spesifik dan relevan. Dari hal tersebut, kita bisa memperluas wawasan dan saling menginspirasi untuk melakukan perubahan dalam hidup kita.

Sehingga, akan bagus jika kita membuat konten yang membahas sesuatu yang spesifik. Karena, audiens TikTok akan berusahan untuk mencari seseorang yang relevan dengan dia dan menjadikannya panutan untuk menjalani hidup sesuai yang dia inginkan. Maka, buatlah video yang spesifik dan se-relevan mungkin.

Beberapa tren di TikTok bahkan memfasilitasi koneksi dan eksplorasi para audiens untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang selama ini ada pada dirinya, seperti cara parenting yang baik, tips karier, bahkan rekomendasi film-film yang inspiratif.

Pada trend TikTok 2023, brand harus bisa lebih spesifik dalam membuat komunitas di TikTok. Buatlah sebuah komunitas di TikTok. Contohnya yang sudah ada seperti TikTok Dayang Hasiwi yang membuat komunitas #kasirvlog, yaitu untuk para kasir yang ingin membuat konten serupa. Sehingga, ini akan membuat audiens dengan background yang sama merasa dipahami.

Nah, itu tadi trend TikTok 2023 yang disampaikan sendiri oleh TikTok! Gimana? Udah ada bayangan kan mau bikin konten seperti apa? Kalau masih ingin belajar ngonten di TikTok lebih dalam lagi, kalian bisa belajar di Argia Academy sekarang juga. Mumpung ada promo! Yuk daftar sekarang di sini, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x