Tren Instagram 2023! Apa Aja ya?

Tren Instagram 2023

Instagram baru saja merilis prediksi tren Instagram 2023! Apa aja ya yang bakal rame di tahun depan?

Laporan prediksi tren Instagram telah dirilis. Instagram mengeluarkan laporan ini setelah melakukan survey kepada para Gen Z (usia 16-24 tahun) di AS. Tren ini difokuskan pada isu budaya, sosial, finansial, hingga partisipasi politik. Instagram bahkan mewawancarai beberapa konten kreator yang terkenal di kalangan Gen Z untuk memperkuat hasil laporannya.

Laporan prediksi tren ini mencakup topik-topik seperti fashion, kecantikan, web3, kencan, dan lain sebagainya yang berpusat pada kegiatan komunitas dan koneksi, sebagaimana fungsi dari Instagram itu sendiri.

Tren Instagram 2023

Instagram telah melakukan survey pada kalangan Gen Z dalam prediksi tren Instagram-nya di tahun depan. Apa saja ya hasilnya?

Kecantikan

Pada tahun 2023, para Gen Z berencana untuk membuat fashion-nya sendiri. Alasannya, karena isu utama bagi para Gen Z saat ini adalah isu tentang perubahan iklim.

Pakaian DIY dinilai dapat menjadi alternatif untuk membantu menyelamatkan bumi dari bahaya global warming. Karena, salah satu pemicunya adalah industri fashion cepat.

Lebih dari setengah Gen Z yang disurvey oleh Instagram mengatakan bahwa mereka akan membuat fashion mereka sendiri. Selain alasan perubahan iklim, membuat pakaian mereka sendiri lebih hemat dan melatih kreativitas mereka. Karena, mereka termasuk generasi yang juga terdampak jika terjadi lonjakan biaya.

Sehingga, bagi kamu konten kreator yang ada di bidang fashion, akan sangat bagus jika memperbanyak konten DIY fashion dan tips untuk berhemat dalam dunia fashion. Berikan tips untuk merenovasi baju lama mereka menjadi gaya yang lebih kekinian.

Social Justice

Pada tahun 2023, para Gen Z akan berbelanja dengan tujuan mendukung sebuah isu yang mereka pedulikan. Hal ini karena Gen Z adalah generasi aktivis dan akan lebih banyak Gen Z di tahun depan yang akan menggunakan uang mereka untuk mendukung sebuah isu tertentu.

Beberapa remaja yang belum cukup umur untuk melakukan pemilihan kandidat politik akan menggunakan Instagram untuk menggalang dana. Dan isu yang paling menjadi perhatian Gen Z adalah advokasi kepada para penyandang disabilitas. Bahkan. 3 dari 4 pengguna Instagram dari kalangan Gen Z memilih untuk mengikuti influencer yang menyandang disabilitas.

Para Gen Z berharap bahwa ke depannya semakin banyak orang yang mendukung para konten kreator penyandang disabilitas. Karena, orang-orang seperti itulah yang membutuhkan dukungan lebih.

Jika kamu merupakan pelaku usaha dan berpromosi melalui Instagram, ada baiknya kamu juga membantu untuk menjembatani kepedulian Gen Z terhadap hal ini. Bantu donasi kepada para penyandang disabilitas melalui pembelian produkmu. Atau gandeng konten kreator disabilitas untuk membuat konten bersama sebagai bentuk dukunganmu.

Kecantikan

Dalam laporan tren Instagram 2023 dari bidang kecantikan, dikatakan bahwa Gen Z menggunakan make up sebagai bentuk ekspresi diri. Banyak yang menggunakan make up untuk mengekspresikan diri mereka daripada hanya sekedar mempercantik diri mereka. Sehingga, mereka akan lebih eksperimental dengan make up.

Perubahan iklim juga turut mempengaruhi tren dalam kecantikan gen Z. Mereka cenderung membeli produk yang dapat melindungi dan merawat kulit mereka dari bahaya perubahan iklim.

Untuk kamu yang merupakan konten kreator di bidang kecantikan, kamu bisa bereksperimen dengan make up dan membuat riasan yang lebih ekspresif. Selain itu, berilah rekomendasi dan tips skincare yang cocok untuk melindungi kulit dari bahaya iklim buruk, seperti polusi udara dan sinar matahari yang terlalu intens.

Web3

Gen Z ingin membangun dunia yang lebih mudah untuk dikenali melalui metaverse. Dengan membangun dunia baru, mereka berharap dapat lebih ekspresif dan memberikan kesetaraan dalam ruang digital. Gen Z merasa bahwa perlu ada avatar yang mampu mencerminkan berbagai tipe tubuh, pakaian, dan warna kulit di tahun depan.

Pada laporan tren Instagram 2023 ditemukan bahwa Gen Z akan mendapatkan inspirasi fashion dan kecantikan dari avatar digital atau influencer. Sehingga, kecantikan dan fashion AI akan terus berlanjut.

Keuangan

Pada laporan tren Instagram 2023, para Gen Z dikatakan akan menggunakan media sosial untuk menghasilkan uang. Para Gen Z akan lebih aktif untuk membuat konten dan memonetisasi konten mereka. Sehingga, literasi keuangan menjadi prioritas bagi mereka.

Gen Z adalah kelompok yang suka mengambil inisiatif dan suka mempelajari keterampilan baru. Salah satu yang paling ingin mereka pelajari adalah kemampuan finansial.

Instagram telah menjadi sebuah platform yang dapat memonetisasi konten yang mereka buat. Hal ini pun disadari oleh para Gen Z, sehingga mereka ingin mendapatkan uang di Instagram.

Sehingga, untuk kamu konten kreator di bidang finansial, inilah saatmu untuk bersinar. Berikan mereka tips menabung dan berinvestasi, serta cara mendapatkan uang dari internet.

Kuliner

Gen Z mengeksplorasi budaya melalui masakan. Sebaganyak 68% pengguna Instagram Gen Z ingin mencoba berbagai kuliner dari daerah lain yang mereka lihat di media sosial. Sehingga, melalui kreator dan konten makanan viral sebagai pintu gerbang kuliner dunia, Gen Z mampu menemukan banyak jenis kuliner di seluruh dunia.

Kreator

Laporan tren Instagram 2023 juga memberikan prediksi terkait kegiatan yang akan ada dalam sebuah komunitas konten kreator. Mereka mengatakan bahwa pertemuan tatap muka antara kreator dan penggemarkan akan mendorong komunitas keduanya.

Pemuda Gen Z bersemangat untuk mewujudkan hubungan digital mereka pasca pandemi. Mereka sangat menantikan pengalaman tatap muka dengan kreator yang berpengaruh bagi mereka.

Gen Z berharap bahwa influencer favorit mereka dapat merambah ke jenis media yang lebih baru, seperti podcast contohnya.

Musik

Para Gen Z sangat ingin untuk menghadiri acara musik. Pasca pandemi, Gen Z ingin terhubung kembali dan melepaskan penat dengan cara menghadiri acara musik.

Musik yang disukai adalah musik yang mampu mengekspresikan diri mereka. Gen Z ingin agar musik dapat menjadi media pemersatu dan membuka pandangan mereka kepada dunia yang lebih luar.

Menurut laporan tren Instagram 2023, para Gen Z dikatakan akan sangat menyukai untuk mendengarkan lagu yang bukan berbahasa Inggris, seperti KPop dan Latinx.

Asmara

Berdasarkan laporan tren Instagram 2023, mereka melaporkan bahwa Gen Z akan lebih nyaman untuk berkomunikasi secara online dan teks daripada secara langsung. Sehingga, fitur DM di Instagram akan turut mendorong koneksi dan percakapan antara teman dan hubungan asmara. Bahkan, Instagram digadang-gadang akan menjadi aplikasi kencan terbaru,

Gen Z lebih memilih platform seperti Instagram sebagai media kencan dan memperluan koneksi. Karena, Instagram menawarkan komunikasi yang lebih transparan, jujur, dan langsung.

Gen Z sangat menyukai meme. Berdasarkan laporan tren Instagram 2023, Gen Z dikatakan bahwa mereka suka berkirim meme sebagai pesan pertama untuk orang yang mereka sukai, namun 39% mempunyai selera meme yang buruk dan hal tersebut membuat orang tersebut jadi kurang menarik.

Gen Z juga sangat menyukai astrologi dan horoskop. Mereka bahkan tidak mau berkencan dengan orang yang tidak kompatibel secara astrologi.

Demikianlah laporan tren Instagram 2023 yang sudah dirilis di akhir tahun ini. Masih bingung gimana menyesuaikan kontenmu dengan informasi di atas? Yuk belajar bareng Argia Academy! Mumpung ada promo loh. Baca dulu informasi selengkapnya di sini, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x