TOP 8 TREN PEMASARAN DIGITAL UNTUK 2019

via google.com

2018 hampir berakhir. Sebagian besar pedagang sudah sibuk mempersiapkan gelombang promosi terakhir, yaitu penjualan akhir tahun.Tidak dapat disangkal bahwa 2018 adalah tahun yang sangat penting bagi eCommerce, yang tumbuh secara eksponensial di Malaysia bersama dengan negara-negara lain di dunia.

Inilah pendapat saya tentang tren pemasaran digital 2019 di Malaysia :

1. KECERDASAN ARTIFICIAL (AI)

via google.com

Meskipun AI tidak benar-benar baru, kita dapat mengharapkan kematangan teknologi ini (melalui teknik pembelajaran mesin) untuk memberikan prediksi yang lebih akurat dalam pengambilan keputusan. Dua saudara besar di dunia pemasaran digital, Iklan Google dan Iklan Facebook telah menerapkan algoritme mereka sendiri pada platform periklanan mereka. Cepat atau lambat, sistem iklan akan memberikan saran yang lebih baik dan otomatisasi yang lebih cerdas dalam hal pengoptimalan iklan. Selain itu, semakin banyak perangkat lunak dan alat baru menggunakan AI untuk memecahkan masalah pemasaran digital saat ini. Semuanya menjanjikan hal yang hampir sama: menghemat waktu, energi, nol kesalahan.

2. APLIKASI PESAN SOSIAL

via google.com

Saya cukup yakin setiap pengguna ponsel cerdas tidak dapat bertahan hidup di dunia modern tanpa aplikasi perpesanan ini di ponsel mereka: WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat atau Line.Kehilangan aplikasi-aplikasi itu secara harfiah berarti terputus dari dunia dan teman-teman. Selain itu, kita dapat melihat semakin banyak bisnis menggunakan WhatsApp sebagai salah satu metode komunikasi resmi mereka. Generasi muda sekarang lebih suka menggunakan pesan daripada sebelumnya.Serupa dengan poin yang disebutkan di atas, kita bisa berharap untuk melihat kebangkitan chatbot, yang akan terus tumbuh tahun depan. Chatbot Facebook Messenger populer seperti ManyChat dan ChatFuel sebenarnya, telah mendapatkan banyak pelanggan baru tahun ini. Bagian terbaiknya adalah chatbots ini bahkan memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasikan fungsi dan memenuhi tujuan pemasaran digital mereka. Bahkan, setiap orang harus menginstalnya ke halaman bisnis mereka, menguji semua fitur, dan mengalami kekuatan otomatisasi.

3. AKTIVITAS AUDIO PENCARIAN SUARA

via google.com

Tahukah Anda mengapa pencarian suara adalah tren pemasaran digital berikutnya untuk tahun 2019? Lihatlah perangkat pintar seperti Google Home Mini, Amazon Echo, Mi AI Speaker. Pertumbuhan perangkat ini meningkat pesat dan diperkirakan akan tumbuh lebih banyak di tahun 2019. Sebagian besar ponsel Android modern sudah diinstal sebelumnya dengan Google Voice Search, pengguna hanya perlu menyebutkan “Ok Google” untuk mengaktifkan aplikasi. Tidak lupa Apple memiliki Siri di iPhone, iPad dan perangkat Mac. Istilah baru, SEO Pencarian Suara baru saja mulai muncul lebih sering karena semakin banyak bisnis ingin menjelajah ke wilayah pencarian suara. Tidak ketinggalan Bixby dari Samsung dan Cortana dari Windows, yang juga ingin memberikan pengalaman terbaik menggunakan teknologi pencarian suara di perangkat mereka.

4. INFLUENSI MIKRO

via google.com

Suka atau benci, generasi Z dan milenium tidak lagi menonton TV, melainkan YouTube. Akibatnya, banyak influencer baru lahir terutama dalam beberapa tahun ini. Dukungan atau sponsor untuk influencer media sosial ini meningkat sebanyak 4 angka / digit hanya untuk satu posting Instagram. Jika Anda ingin memaksimalkan kehadiran pemasaran digital Anda, Anda perlu tahu apa yang dicari audiens target Anda. Jika influencer dapat membantu Anda meningkatkan merek Anda, itu adalah langkah yang baik untuk meminta posting sponsor kepadanya. Meskipun hasilnya mungkin hanya peningkatan sementara, metode ini memastikan Anda menjangkau banyak pelanggan berkualitas dengan kecepatan cahaya.

5. DESAIN RESPONSIF SELULER

via google.com

Jika situs web Anda masih tidak responsif seluler, Anda HARUS mengubah situs web Anda sekarang. Bahkan Google sudah membuat pernyataan yang jelas tentang ini. Jangan ragu untuk mengklik tautan di bawah ini untuk mengetahui apakah halaman web Anda ramah seluler atau tidak: https://search.google.com/test/mobile-friendly Malaysia dianggap memiliki “pemirsa seluler yang besar tetapi sangat tumpang tindih dengan desktop” menurut laporan ‘Mobile-Firstness’ oleh comScore. Yang benar adalah ponsel adalah bagian dari titik yang menyentuh dalam perjalanan pemasaran digital. Jika situs web Anda tidak ramah seluler, maka maaf, Anda mungkin tidak dapat bergabung dengan perjalanan ini. Tidak ada yang suka menelusuri situs web jelek di telepon pintar lagi.

6. SYNC MEREK KOHESIF

via google.com

Salah satu alasan banyak pedagang berhenti menjual di pasar seperti Lazada, Shopee atau 11street di Malaysia adalah loyalitas merek. Dalam jangka panjang, jika Anda dapat membangun merek yang kuat, Anda dapat sepenuhnya mengendalikan bisnis online Anda, membangun basis penggemar Anda dan meningkatkan loyalitas merek. Untuk membuat pelanggan Anda mengingat merek Anda, diperlukan strategi sinkronisasi merek yang konsisten. Dengan kata lain, semua materi pemasaran digital Anda harus memiliki tema, pesan, dan nada yang sama untuk memberikan “pengalaman pelanggan” yang sama. Misalnya, selalu patuhi skema warna yang sama di seluruh Iklan Facebook, Iklan Google, buletin email, dan desain situs web Anda. Secara tidak langsung, orang akan mengingat warna-warna tertentu yang mewakili merek Anda. Contoh lainnya: Exabytes Digital memilih ungu; Exabytes memilih warna biru dan oranye untuk pencitraan merek.

7. PENCIPTAAN KONTEN & KURASI

via google.com

Oke, semua orang tahu bahwa konten adalah raja.Yang benar adalah setiap orang selalu mencari konten terbaik yang bisa dipelajari / diajarkan, menghibur dan memberikan nilai. Yup, Anda bisa murni fokus pada peningkatan penjualan, mengejar pendapatan, mencapai target. Namun, “konten” adalah faktor pendorong untuk membantu Anda dalam penjualan. Kecuali untuk produk tertentu, konsumen selalu ingin membandingkan, membaca ulasan, menonton video unboxing, mencari studi kasus nyata sebelum membeli apa pun. Ini hanyalah langkah-langkah penting sebelum membeli di era digital saat ini yang dipenuhi dengan ponsel dan desktop. Fokus pada memberi nilai lebih kepada pelanggan Anda, selalu pikirkan bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah dan masalah mereka dengan konten Anda.

8. LIVESTREAM

via google.com

Dengan munculnya video Facebook asli, Instagram TV baru, YouTube atau platform Twitch terutama untuk gamer, pengguna internet jatuh cinta dengan video. Video langsung lebih ekonomis, karena investasi besar pada produksi / pengeditan video tidak diperlukan. Setelah streaming langsung selesai, video dapat dipublikasikan ke platform yang sama. Mengapa orang menyukai video langsung? Saya percaya itu terutama karena spontanitas dan keaslian. Anda dapat langsung berkomentar, mengobrol, dan terlibat dengan tuan rumah selama streaming langsung. Misalnya, orang dapat berinteraksi atau tanya jawab dalam jajak pendapat langsung / video langsung. Ringkasan Dunia sedang berubah, dan teknologi memimpin. Tren pasti mengubah perilaku dan gaya hidup pengguna Internet / semua orang. Teknologi dan alat sudah ada di sana, dan yang Anda butuhkan hanyalah kreativitas dan eksekusi dalam pemasaran digital.

Sumber Link : https://www.exabytes.digital/blog/digital-marketing-trends-2019

March 15, 2019

0 responses on "TOP 8 TREN PEMASARAN DIGITAL UNTUK 2019"

Leave a Message

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

About

Argia Academy adalah sekolah teknologi dan digital marketing. Kurikulum Argia Academy disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan teknik digital marketing dan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pemasaran DIgital (Digital Marketing) Jenjang IV Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) (PeraturanPresiden No.8 Tahun 2012).

Argia Academy Indonesia

contact us

Alamat: Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo Kota Blitar 66122

Telp:
– Head Office : (0342) 809 917
– Telp : 082 142 334 334

Email: 

top
X