5 Tips Menaikkan Engagement Instagram Biar Makin Rame!

tips menaikkan engagement instagram
Tips Menaikkan Engagement Instagram

Salah satu kunci kesuksesan branding di Instagram bisa dilihat dari ramainya aktivitas di Instagram tersebut. Kali ini Argia Academy bakal membagikan tips menaikkan engagement Instagram supaya Instagram kamu makin ramai!

Instagram selalu menjadi perhatian para marketer di seluruh dunia sebagai platform untuk melakukan branding. Platform yang hadir pada tahun 2010 ini selalu berusaha untuk mengembangkan algoritmanya agar selalu terkini.

Berdasar data statistik, pengguna aktif Instagram per bulan mencapai angka 600 juta dengan tingkat keterlibatan yang cukup tinggi. Hal ini semakin meningkat karena didukung oleh beberap fitur Instagram yang terbaru, seperti Instagram Reels, Instagram Music, dan filter terbaru Instagram.

Instagram Reels menjadi favorit para pengguna belakang ini. Karena, fitur yang satu ini terbukti memiliki jangkauan yang lebih luas dari pada foto feed atau Instagram Story.

Para marketer menilai bahwa engagement rate menjadi kunci utama agar brand mereka bisa dikenal lebih luas dan dapat berkembang di media sosial. Karena hal inilah banyak yang mulai mencoba beberapa tips meningkatkan engagement Instagram.

Engagement rate sendiri merupakan sebuah metriks yang digunakan ketika melakukan pemasaran di media sosial. Hal ini berguna untuk mengukur performa sebuah konten pada platform media sosail. Engagement Instagram sendiri bisa dilihat dan diukur dari likes, comment, share, views, dan repost.

Tips Menaikkan Engagement Instagram

Ada banyak sekali tips menaikkan engagement Instagram yang bisa kamu lakukan supaya aktivitas di Instagram-mu lebih ramai. Salah satunya adalah dengan membuat konten yang sesuai dengan brand kamu. Namun, tentu tidak hanya itu saja yang perlu kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips menaikkan engagement Instagram ala Argia Academy!

  • Temukan ciri khasmu!

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menemukan ciri khasmu sendiri. Ciri khas di sini bukan berarti hanya 1 orang saja yang tampil sebagai model, namun kamu bisa bermain pada pemilihan kata, warna, sampai angle foto atau video yang kamu gunakan.

Kamu tidak perlu khawatir jika sedikit berbeda dari akun kebanyakan, karena hal tersebut yang akan menjadi nilai tambahmu bagi audiens. Namun, jika kamu belum menemukan ciri khasmu, kamu bisa melakukan metode ATM (amati, tiru, dan modifikasi) agar bisa menggali potensimu terlebih dahulu.

  • Ajak audiens berinteraksi

Tips menaikkan engagement Instagram selanjutnya adalah dengan mengajak audiensmu untuk memperbanyak interaksi denganmu. Kamu bisa menanyakan pendapat mereka terhadap sebuah isu yang masih relevan dengan brand-mu. Hal ini bisa kamu lakukan melalui konten foto, video, atau caption yang kamu gunakan.

Atau salah satu cara lainnya adalah melalui Instagram Story. Kamu bisa memberikan challenge, seperti polling atau Q&A dan arahkan ke postingan yang mau kamu ramaikan. Hal ini terbukti cukup berhasil bagi banyak brand.

  • Menggunakan hashtag yang sesuai

Ada beberapa perdebatan yang sering terjadi di kalangan para marketer terkait penggunaan hashtag pada postingan Instagram. Ada beberapa yang bilang bahwa penggunaan hashtag berpengaruh untuk menaikkan engagement Instagram, sementara beberapa lainnya menganggap tidak berpengaruh.

Beberapa marketer menyarankan untuk melakukan riset yang lebih mendalam terkait penggunaan hashtag untuk postingan agar bisa meningkatkan engagement. Namun, tetap tidak melupakan apakah hashtag tersebut pantas digunakan agar citra akun brand kamu tetap terjaga.

  • Konsisten posting

Tips menaikkan engagement Instagram yang satu ini cukup sulit untuk diterapkan. Karena, ketika postingan kita sepi peminat, kita merasa tidak bersemangat lagi untuk posting di Instagram.

Padahal dengan konsisten poasting, maka kamu akan lebih mudah untuk mengetahu konten seperti apa yang cocok dan berpotensi ramai engagement. Kalau kamu sudah menemukan polanya, maka akan mudah bagi kamu untuk meningkatkan engagement di Instagram.

Demikian beberapa tips menaikkan engagement Instagram yang bisa kamu lakukan untuk Instagram kamu. Kalau kamu penasaran dengan tips dan trik lainnya terkait cara bikin konten yang bikin ramai engagement di Instagram, kamu bisa ikut kelas kursus digital marketing di Argia Academy.

Ada promo spesial hari kemerdekaan loh! Yuk buruan daftar! Keburu pendaftarannya ditutup! Bisa daftar di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x