4 Tips Dapat Kerja di Upwork untuk Freelancer Pemula!

tips dapat kerja di upwork
Tips Dapat Kerja di Upwork

Kamu baru mulai jadi freelancer di Upwork? Masih kesulitan dapat kerja di Upwork? Pengen cepet pecah telur? Yuk kita simak tips dapat kerja di Upwork yang lengkap untuk pemula!

Berbeda dengan jaman dulu, ketika kita ingin mendapatkan gaji dolar, maka kita harus bekerja di luar negeri. Bekerja di luar negeri juga tidak mudah yang dibayangkan. Banyak proses yang harus kita tempuh.

Biasanya orang-orang akan mendaftar ke PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) agar bisa disalurkan bekerja di luar negeri. Calon TKI/TKW ini nantinya harus membayarkan sejumlah uang sebelum akhirnya diberangkatkan ke luar negeri untuk bekerja.

Namun, prosesnya tentu tidak semudah itu. Calon TKI/TKW akan dilatih kemampuan tertentu sebagai persiapan untuk bekerja di luar negeri. Kemampuan ini biasanya kemampuan bekerja tenaga kasar, seperti buruh pabrik, perawat orang tua, atau cleaning service. Hal ini tentu melelahkan secara tenaga.

Setelah melalui proses pelatihan yang lama, calon TKI/TKW harus bersaing dengan banyak pelamar lain dari seluruh Indonesia. Jadi, terkadang ada yang melalui proses pelatihan lebih lama dari yang lainnya. Karena, dia dianggap belum siap untuk berangkat. Hal ini tentu tidak menyenangkan. Mengingat kita butuh pekerjaan tersebut secepatnya.

Setelah terpilih untuk berangkat, masih banyak surat-menyurat yang harus diatur. Hal ini akan memakan banyak waktu, tenaga, dan tentunya biaya. Setelah semuanya selesai, barulah para calon pekerja ini akan diberangkatkan.

Sayangnya, jika dihitung kembali, sebenarnya bayaran yang diterima tidak sebesar yang dibayangkan kebanyakan orang. Bayaran yang diterima sebenarnya hanya UMR daerah setempat. Di mana biaya ini sebenarnya hanya cukup untuk menanggung kehidupan sehari-hari pekerja tersebut.

Dengan biaya yang ngepres tersebut, pekerja harus membagi gajinya untuk dirinya sendiri, dikirim ke keluarga, dan ditabung. Hal ini tentu tidak semudah yang dibayangkan. Karena, untuk hidup sehari-hari saja sudah harus super hemat.

Namun, setelah jaman berubah ke digital, mendapat gaji dolar bukan hal yang sulit. Kita bisa melakukannya bahkan dari kamar kita sambil rebahan. Gimana ya caranya?

Tips Dapat Kerja di Upwork

Upwork adalah jawaban bagi kamu yang punya keahlian, tapi bingung bagaimana bisa dapat kerja. Upwork sendiri merupakan sebuah platform penyedia pekerjaan freelance.

Di platform ini kamu bisa mendapatkan kerja sambilan sesuai dengan skill kamu dengan bayaran dolar tanpa harus pergi ke luar negeri. Penasaran gimana caranya biar bisa dapat job dari Upwork? Ini dia tips dapat kerja di Upwork dari Argia Academy!

  • Belajar bahasa Inggris

Pekerjaan yang tersedia di Upwork rata-rata berasal dari luar negeri. Sehingga, kemampuan dalam berbahasa Inggris sangat diperlukan di sini. Kamu tidak perlu harus super lancar, namun setidaknya kamu harus bisa dasar-dasar dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa Inggris ini akan lebih baik jika kalian lancar. Karena, tentu saja komunikasi akan lebih baik terjalin jika kedua belah pihak mengerti apa yang dibicarakan.

Selain itu, terkadang pihak pencari kerja akan meminta untuk meeting secara online ketika sudah deal proyek tertentu. Sehingga, kamu harus bersiap untuk bisa berbahasa Inggris secara lisan juga.

  • Siapkan portofolio

Tips dapat kerja di Upwork selanjutnya adalah kalian harus mempersiapkan portofolio kalian. Jangan hanya menuliskan keahlian kalian saja. “Saya bisa ini” atau “saya bisa itu”. Namun, tunjukkan hasil karya kalian berupa portofolio di Upwork kalian.

Dengan menunjukkan portofolio kalian secara nyata, maka pencari kerja akan lebih mudah untuk menilai kemampuan kamu. Tidak hanya sekadar membayangkan saja.

Selalu perbarui portofolio kalian supaya hasil karya kalian tetap relevan seiring perkembangan jaman.

  • Mulai dari proyek yang kecil

Tips dapat kerja di Upwork yang ini sering kali dilupakan oleh para freelancer pemula. Kebanyakan freelancer pemula langsung ingin job yang besar. Padahal, kita harus membangun portofolio kita dulu di Upwork. Sehingga, disarankan untuk mengerjakan dari proyek yang kecil dulu.

  • Buat proposal yang menarik

Sebelum kamu menaruh lamaran ke calon klien, pastikan kamu mengerti apa yang mereka minta. Kemudian, kamu bisa tawarkan apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu mereka. Pastikan kamu menjelaskannya secara detail, mulai dari cara mengerjakan, apa saja yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Sehingga, klien bisa mengerti dengan jelas.

Demikian tips dapat kerja di Upwork yang bisa kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua yang baru memulai karier freelance kalian di Upwork. Kalian tertarik untuk belajar tentang tips dapat kerja di Upwork lebih dalam lagi? Yuk ikutan Premium Class Upwork Argia Academy. Daftar di sini ya!

Buat kalian yang ingin belajar digital marketing secara lengkap dengan mentor yang berpengalaman, kamu bisa ikut kelas digital marketing di Argia Academy. Daftar sekarang yuk mumpung lagi ada promo Hari Kemerdekaan nih! Klik di sini untuk daftar!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x