6 Aplikasi Pengganti PayPal yang Bisa Kamu Pakai

aplikasi pengganti paypal
Aplikasi Pengganti Paypal

PayPal belakangan ini menjadi rame dibicarakan pasca diblokirnya aplikasi ini oleh Kominfo. Untuk itu, bagi kamu yang sering mengakses PayPal, kamu harus tahu aplikasi pengganti PayPal yang bisa kamu gunakan!

Aplikasi pengganti PayPal menarik untuk diketahui setelah Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) melakukan pemblokiran terhadap aplikasi ini.

PayPal sendiri merupakan rekening online yang dapat mengirim atau menerima uang dari orang lain. Aplikasi ini diblokir dengan alasan karena tidak mendaftar PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) hingga batas waktu yang telah ditentukan. Namun, karena banyaknya tuntutan dari masyarakat, layanan PayPal dibuka kembali selama 5 hari sampai dengan Jumat 5 Agustus 2022.

Aplikasi Pengganti PayPal

Untuk berjaga-jaga jikalau PayPal akan diblokir selamanya, berikut ini Argia Academy akan membagikan beberapa alternatif lain pengganti PayPal:

  • TransferWise

TransferWise merupakan sebuah aplikasi yang bisa melakukan pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri dengan biaya transfer yang jauh lebih rendah daripada platform lain dengan proses yang juga lebih cepat.

Aplikasi ini sudah hadir di Indonesia sejak 2020 dan sudah terdaftar di Bank Indonesia. Sehingga, aman bagi kamu yang mau menggunakannya.

  • Google Wallet

Google Wallet merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang sudah tersedia di lebih dari 40 negara dan bisa digunakan di smartphone dan PC.

Google sendiri memiliki 2 jenis layanan pembayaran, yakni Google Wallet dan Google Pay. Bedanya, Google Pay merupakan layanan untuk pembayaran transaksi pembelian online di aplikasi.

  • Flip

Dengan menggunakan Flip, pengguna bisa melakukan pembayaran antar negara dengan biaya yang murah. Bahkan, pengguna tidak perlu repot dalam bertransaksi. Karena, pengguna dapat mengirimkan uang dalam bentuk mata uang rupiah tanpa harus menukarkan mata uang ke negara tujuan secara manual.

  • Doku

Doku adalah layanan pembayaran di Indonesia yang menyediakan jasa pembayaran hingga transfer dana. Doku memiliki 4 produk, yakni payment gateway, transfer services, e-commerce, dan QRIS.

Keunggulan DOKU dibandingkan dengan layanan yang lainnya adalah dengan menggunakan layanan ini, pengguna bisa menggunakan link pembayaran yang mengarahkan pada produk yang dijual oleh penggunanya.

Doku juga memiliki fitur transfer dari luar negeri. Aplikasi ini juga memiliki layanan yang berguna untuk transaksi secara online.

  • Xendit

Xendit menawarkan beberapa pilihan layanan terintegrasi, seperti payment link, integrasi e-commerce atau API.

Aplikasi Xendit dapat menjadi alternatif aplikasi pengganti PayPal, karena aplikasi ini mampu menerima pembayaran lokal dan internasional. Xendit juga bisa melakukan pengembalian uang.

  • Midtrans

Midtrans merupakan layanan keuangan yang merupakan bagian dari GoTo Financial. Keunggulan yang ditawarkan adalah layanan pembayaran.

Midtrans mempunyai 24 metode pembayaran, mulai dari kredit/debit, ATM/bank transfer, sampai dengan e-wallet. Midtrans juga bisa digunakan untuk mengirimkan dan mencairkan dana. Layanan ini juga bisa mengirimkan uang ke banyak penerima sekaligus.

Itulah tadi beberapa aplikasi pengganti PayPal yang bisa kamu gunakan untuk transaksi kamu. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Kalau kalian tertarik dengan digital marketing, kamu bisa ikut kelas digital marketing di Argia Academy! Ada promo khusus hari kemerdekaan loh. Berminat? Lihat informasi selengkapnya di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x