5 Perbedaan Instagram VS Tiktok, Mana yang Lebih Baik?

instagram vs tiktok
Instagram vs Tiktok

Instagram vs Tiktok, mana yang lebih kamu suka? Mana yang menurut kamu lebih mampu memenuhi kebutuhanmu? Nah, kali ini Argia Academy akan coba mengupas perbedaan di antara keduanya!

Baik Instagram atau Tiktok, kini menduduki peringkat 3 besar aplikasi media sosial yang paling populer di dunia. Bahkan, menurut data dari Global Apptopia, Tiktok mengungguli Instagram dari nilai jumlah unduhan mencapai 656 juta di tahun 2021. Sedangkan, Instagram hanya mencapai 545 juta pengunduh pada tahun yang sama.

Instagram dan Tiktok kini semakin bersaing untuk memenangkan pasar dengan cara terus melakukan inovasi yang memudahkan penggunanya.

Lalu, sebenarnya apa bedanya Instagram dan Tiktok? Yuk kita bahas lebih lengkap!

Instagram VS Tiktok

  • Audiens

Instagram vs Tiktok memiliki audiens yang berbeda. Mulai dari sebaran umur hingga jenis kelamin.

Menurut survey dari Statista, 34,6% pengguna Instagram di Indonesia berusia 18-24 tahun. Selanjutnya, usia 25-34 tahun sebesar 31,9%. Dari total pengguna keseluruhan sebesar 87,9 juta, 52,6% pengguna Instagram mempunyai jenis kelamin perempuan. Sisanya 47,4% berjenis kelamin laki-laki.

Untuk rentang usia, Tiktok mempunyai banyak pengguna di usia remaja. Menurut data, sebanyak 60% pengguna Tiktok berada di usia 16-24 tahun.

  • Jenis konten

Perbedaan Instagram vs Tiktok yang paling mencolok adalah dari segi konten yang disajikan. Tiktok cenderung menyajikan konten hiburan, sedangkan Instagram menyuguhkan konten yang bersifat lebih personal.

Tiktok memang hanya menyajikan konten berupa video, namun justru konten video inilah yang banyak disukai oleh penggunanya. Karena, konten-konten video di Tiktok ini lebih beragam dan menghibur.

Beberapa jenis konten yang sering muncul di laman FYP (For You Page) Tiktok antara lain: edukasi, tutorial, makanan, fashion & beauty, story telling, bakat, konten “racun”, hingga konten hiburan bergenre komedi.

Di sisi lain, konten Instagram memiliki jenis konten yang lebih lengkap. Selain video, Instagram juga menawarkan konten berupa gambar. Pengguna juga dibebaskan mengunggah postingan sesuai yang diinginkan.

Beberapa jenis konten yang diunggah oleh penggunanya adalah: single image, carousel, reels, video, IGTV, dan Instagram Story.

  • Kelengkapan Fitur

Perbedaan Instagram vs Tiktok selanjutnya adalah kelengkapan fitur di antara keduanya. Masing-masing platform mempunyai keunggulan masing-masing dari segi fitur yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

Berikut ini beberapa fitur yang ada di Tiktok, yakni: penambahan musik, hapus komentar dan blokir massal, live, screen-time management, in-app suicide prevention, filter video dan audio, risk warning tag, comment filter feature, FYP, stitch, restricted mode, dan duet.

Sementara itu, beberapa fitur Instagram, yaitu: professional dashboard, recently delete, live room, pesan lintas platform (IG dan Messanger_, reels remix, mematikan video dan audio saat live, menyembunyikan jumlah like, insight untuk reels dan video, security check up, terjemahan teks di Instagram Story, stiker link, upload foto dan video dari PC, dan stiker Add Yours.

  • Filter

Filter Instagram vs Tiktok menjadi salah satu perbedaan di antara keduanya yang paling mencolok. Dengan menggunakan filter, pengguna lebih percaya diri dalam membuat konten.

Filter yang dimiliki Tiktok tidak hanya untuk tampilan video saja. Cakupannya sendiri lebih banyak, seperti stiker, efek video, voice changer, beautify, dan auto captino. Semuanya memiliki tujuan untuk membuat konten pengguna lebih maksimal.

Di sisi lain, Instagram hanya memiliki filter stiker dan efek beautify saja. Namun, efek beautify sendiri masih menjadi favorit para pengguna.

  • Algoritma

Perbedaan Instagram vs Tiktok yang terakhir tentu saja adalah algoritmanya. Algoritma sendiri merupakan sebuah cara dari suatu platform untuk memilik postingan berdasarkan beberapa kriteria untuk disebarkan ke pengguna yang lebih luas.

Para kreator Tiktok sendiri berlomba agar videonya bisa masuk FYP. Karena, dengan masuk FYP, maka video yang dibuat akan tersebar secara lebih luas.

Berikut kriteria video bisa masuk FYP, diantaranya: interaksi, informasi video, jadwal upload, teknik editik, durasi video, trending video, audio, dan hashtag.

Sedangkan, untuk Instagram sendiri ada beberapa algoritma yang perlu kamu ketahui adalah: punya ciri khas, mengajak followers berinteraksi, hashtag, konsisten posting, menggunakan reels, dan pilih waktu post yang tepat.

Nah itu tadi perbedaan yang paling mencolok antara Instagram vs Tiktok. Kamu sendiri lebih suka pakai yang mana?

Mau belajar lebih dalam tentang media sosial? Yuk ikutan kelas digital marketing di Argia Academy! Lagi ada promo spesial hari kemerdekaan yuk. Daftarnya di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x