7 Tips Raup Cuan dengan Tiktok Bisnis!

tiktok bisnis
Tiktok Bisnis

Selain memaksimalkan penggunaan hashtag, apa aja ya tips raup cuan dengan Tiktok Bisnis? Yuk simak artikel ini!

Aplikasi Tiktok semakin naik daun sejak awal pandemi hingga kini. Platform tersebut kini dipenuhi dengan konten yang lebih bervariatif dan membahas berbagai topik.

Hal ini membuat Tiktok mampu menarik  berbagai penonton dari berbagai lini minat. Mulai dari politik, dance cover, komedi, game, edukasi, kuliner, seni, dan masih banyak lagi.

Hal ini membuat Tiktok menjadi platform yang bagus untuk memasarkan bisnis. Semakin banyak creator atau pebisnis yang berbagi behind the scenes bisnisnya, namun juga tetap memperkenalkan produk atau tutorial menggunakan produk yang mereka jual.

Upaya ini efektif untuk meningkatkan penjualan jika brand berhasil menampilkan sisi terbaik dari produknya dalam kontennya. Tentu saja harus didampingi dengan target pasar yang tepat di Tiktok.

Dengan memasarkan bisnis melalui Tiktok, brand juga memiliki kesempatan yang besar untuk viral.

Sebagai pebisnis, kamu bisa memaksimalkan fungsi Tiktok Bisnis untuk pemasaran. Apa saja tipsnya?

Tips memaksimalkan Tiktok Bisnis!

Menurut Foundr, hampir setengah dari seluruh pengguna Tiktok berusia di bawah 30 tahun dan 25% berusia di bawah 20 tahun. Pengguna berusia 50 tahun ke atas hanya 11% dari keseluruhan.

Hal ini menunjukkan bahwa Tiktok digunakan oleh semua kalangan dan didominasi remaja. Menggunakan Tiktok Bisnis akan sangat berdampak bagi penjualan. Bagaimana tips memaksimalkan Tiktok Bisnis?

  • Mengubah akun Tiktok menjadi Tiktok Bisnis

Supaya bisnismu lebih kredibel, kamu bisa mengubah akun Tiktok-mu menjadi akun bisnis. Caranya, masuk ke profil atau ‘Saya’. Kemudian klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Klik ‘Kelola Akun Saya’, lalu pilih ‘Alihkan ke Akun Bisnis’. Kemudian, akan muncul dua pilihan tipe akun. Klik tipe akun ‘Bisnis’ dan pilih kategori bisnis yang sedang kamu jalankan.

Selain itu, kamu juga perlu mengubah profil di akun Tiktok bisnismu agar nampak lebih profesional.

Gunakan foto profil dan tulislah bio yang menjelaskan tentang brand-mu secara singkat, lengkapi dengan link yang mengarahkan ke toko online atau lapak marketplace-mu.

Dengan begitu, calon pelanggan yang masuk ke profilmu bisa dengan mudah diarahkan untuk berbelanja.

  • Buat konten yang relevan

Bagian terpenting dari mengoptimalkan Tiktok adalah menciptakan konten yang menarik. Mulailah dengan membuat perencanaan konten.

Kira-kira bagaimana cara membuat konten yang bisa bisa memperkenalkan brand dan produkmu? Format konten apa yang menarik bagi target pasarmu?

Kamu bisa membuat konten tentang latar belakang brand-mu, atau menunjukkan daya tarik dari setiap produk. Misalnya, proses packaging produk yang unik atau behind the scene pembuatan produk.

Selain itu, kamu perlu terus update dengan tren yang ada di Tiktok. Gunakan lagu yang sedang tren atau format video yang banyak digunakan oleh kreator agar penonton lebih relate dengan kontenmu.

  • Memaksimalkan fitur di Tiktok

Tiktok mempunyai berbagai fitur yang bisa kamu maksimalkan, seperti filter, effect suara, dan transisi. Fitur editing video ini akan membuat konten yang kamu buat lebih menarik.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur seperti duetstitch atau react untuk berkolaborasi dengan kreator lain.

  • Gunakan hashtag yang relevan

Hashtag yang relevan akan membantu kontenmu lebih mudah ditemukan oleh penonton yang tertarik dengan topik konten tersebut.

Gunakan hashtag yang sesuai dengan bisnis atau produkmu, serta tema video yang kamu buat. Misalnya, #smallbusiness, #fashionkorea, dan lainnya sesuai kebutuhan.

  • Buat caption yang menarik

Meski sering diabaikan, caption video adalah salah satu unsur penting. Buatlah caption yang menarik dan menjual.

Kamu bisa memberikan penjelasan singkat tentang produk atau brand-mu, serta cara calon pelanggan bisa berbelanja produkmu. Namun, pastikan caption tidak terlalu panjang, karena akan menutupi videomu.

  • Iklankan kontenmu

Tiktok memberikan ruang bagi brand yang ingin memasarkan bisnisnya. Brand bisa memasang iklan di TikTok. Ada beberapa jenis iklan yang tersedia di Tiktok:

  • Pre-roll ads yang muncul di awal saat pengguna membuka aplikasi TikTok.
  • In-feed ads yang muncul di laman For You atau Following.
  • Promoted hashtag yang mengajak pengguna untuk menggunakan branded hashtag tertentu, biasanya disertai dengan challenge dan merupakan bagian dari sebuah campaign promosi.
  • Branded effects adalah filter yang dapat digunakan saat membuat konten video. Filter branded menampilkan effect menarik dengan grafis atau warna sesuai campaign dari brands.
  • Perhatikan waktu posting

Sama dengan media sosial pada umumnya, Tiktok juga memiliki waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Kamu bisa mengunggah pada pukul 10 hingga 13.00 atau pada prime time pukul 19.00 ke atas. Atau perhatikan waktu luang dari audiensmu sendiri.

Nah itu tadi tips memaksimalkan Tiktok Bisnis supaya bisa raup cuan yang lebih banyak. Mau belajar lebih dalam tentang Tiktok? Yuk belajar di Argia Academy. Informasi selengkapnya ada di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x