2 Hari Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Bersama Disperindag Kab. Kediri

pelatihan digital marketing untuk umkm
Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM

Argia Academy bersama dengan Disperindag Kab. Kediri bekerja sama mengadakan pelatihan digital marketing untuk UMKM selama 2 hari. Apa saja ya kegiatannya?

Pada tanggal 15-16 November 2022, Argia Academy bersama dengan Disperindag Kab. Kediri mengadakan pelatihan digital marketing menggandeng para pemilik UMKM untuk memaksimalkan media digital untuk pemasaran.

Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM

Pelatihan digital marketing ini dibagi menjadi 2 kelas. Masing-masing kelas berisi 35 peserta. Pada hari pertama, kelas A mendapatkan materi tentang Fundamental Digital Marketing, Social Media Marketing, dan Content Marketing. Sedangkan, untuk kelas B mendapatkan materi Social Media Marketing, Fundamental Marketing, Design with Canva.

Masing-masing kelas berdurasi kurang lebih 2 jam. Setiap materi yang disampaikan tidak hanya teori saja, melainkan juga praktik.

Kelas Fundamental Digital Marketing diisi oleh Bapak Kurniawan Subiantoro atau yang akrab dipanggil dengan Kang Wawan.

pelatihan digital marketing untuk umkm
Kang Wawan Saat Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM

Di materi ini, Kang Wawan memberikan materi berupa dasar-dasar yang perlu diketahui sebelum terjun ke dunia digital marketing. Kang Wawan menunjukkan berbagai jenis studi kasus dari berbagai promosi melalui media sosial yang sempat viral dan memberikan tips-tips yang perlu dilakukan oleh para peserta untuk semakin meningkatkan performa konten mereka di media sosial.

Setelah mendapatkan materi dari Kang Wawan, peserta juga mendapatkan materi tentang Social Media Marketing yang disampaikan oleh Kak Rizka yang merupakan mentor social media marketing di Argia Academy dan seorang konten kreator di Tiktok.

pelatihan digital marketing untuk umkm
Kak Rizka Saat Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM

Berbekal pengalamannya sebagai seorang konten kreator, Kak Rizka berbagi tips tentang cara membuat konten promosi di Tiktok yang menarik. Selain itu, kak Rizka juga memberikan tips untuk mengatur akun Tiktok agar performa semakin maksimal.

Para peserta juga menunjukkan antusias dengan aktif memberikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Peserta juga langsung melakukan praktik pembuatan konten promosi di Tiktok. Konten dibuat secara sederhana menggunakan foto atau video yang sudah ada.

Materi selanjutnya adalah Design with Canva yang disampaikan oleh kak Nerry. Kak Nerry merupakan seorang desainer profesional yang menggunakan Canva sebagai media untuk mengedit desainnya. Dan kali ini kak Nerry akan membagikan berbagai tips desain agar desain media sosial para peserta semakin bagus.

Kak Nerry Saat Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM

Kak Nerry mengajarkan cara membuat desain feed Instagram yang bagus dan praktis dengan memanfaatkan fitur-fitur Canva secara sederhana.

Kak Nerry mengajarkan cara untuk membuat desain 9 feed sekaligus dalam 1 lama desain Canva saja. Semua peserta aktif mengukuti praktik yang dicontohkan kak Nerry dan mampu mengikutinya dengan baik.

Selain Kak Nerry, para peserta juga berkesempatan belajar tentang SEO bersama Kak Fuad. Kak Fuad menyampaikan cara untuk meraih posisi pertama di mesin pencari. Tidak hanya di Google saja, namun juga di marketplace dan media sosial.

Kak Fuad Saat Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM

Kak Fuad mengajarkan cara mencari kata kunci yang bagus agar performa website, marketplace, dan media sosial kita lebih bagus. Sehingga, konten dan produk yang kita jual lebih mudah ditemukan oleh para audiens.

Kak Fuad memberikan banyak materi praktik kepada para peserta agar peserta bisa lebih mudah dalam memahami cara mengoptimasi mesin pencari. Peserta mampu memahami materi dari kak Fuad dengan baik dan cukup aktif dalam mengikuti kelasnya, meskipun materi yang disampaikan cukup teknis.

Selanjutnya adalah kelas dari mas Rofiul tentang marketplace. Mas Rofiul sendiri merupakan seorang mastah di bidang marketplace, khususnya Shopee. Melalui pengalamannya selama bertahun-tahun menjadi penjual di Shopee, mas Rofiul berbagi tips kepada para peserta agar penjualan di marketplace semakin meningkat.

Mas Rofiul Saat Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM

Mas Rofiul lebih fokus pada sharing terkait pengalamannya selama berjualan di marketplace dan kendala yang beliau hadapi selama ini. Beliau juga memberikan tips pemasangan harga di marketplace agar mampu mempengaruhi psikologis peserta.

Para peserta yang notabenenya memang sudah berkecimpung juga di marketplace turut bersemangat mengikuti materi yang disampaikan oleh mas Rofiul. Para peserta aktif bertanya dan mengikuti arahan mas Rofiul dengan baik.

Acara berlangsung dengan lancar tanpa adanya halangan yang berarti. Peserta mengikuti pembelajaran digital marketing secara antusias dan bersemangat selama 2 hari.

Acara diakhiri dengan penutupan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kediri.

Kalau kamu mau kita datengin juga untuk belajar bareng digital marketing, bisa langsung cek website kita di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x