6 Tips Promosi di Tiktok! Bikin Bisnis Makin Laris!

Promosi di Tiktok

Kini para pebisnis semakin dipermudah untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas ke masyarakat. Apalagi sekarang konsumen memilih untuk berbelanja online.

Makanya, banyak penjual yang berbondong-bondong berjualan di marketplace hingga media sosial, salah satunya adalah Tiktok.

Sayangnya, masih ada beberapa pebisnis yang belum mengetahui cara promosi di TikTok. Sehingga, dapat meningkatkan penjualan mereka.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan kasih informasi buat kamu mengenai tips mempromosikan produk di Tiktok.

Tips Promosi di Tiktok

Apakah kamu pernah terlintas pikiran tentang sulitnya berjualan di Tiktok? Nah, mungkin ada yang kamu lupakan nih yaitu strategi promosi di Tiktok. Nggak perlu khawatir! Kita bakalan kasih tahu kamu nih cara promosi di Tiktok.

Supaya jualan kamu bisa laris manis, jangan lupa untuk bikin akun khusus untuk jualan kamu ya! Jangan gabungkan akun personalmu dengan akun jualanmu.

Manfaatkan fitur Tiktok Ads

TikTok menyediakan fitur ads (iklan) untuk para penjual yang jualan di aplikasi mereka. Makanya, penting banget nih buat kamu yang mau promosi di Tiktok untuk memanfaatkan fitur TikTok ads ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami dulu mengenai jenis iklan di Tiktok, diantaranya:

  • Brand Takeover, iklan ini muncul ketika kamu baru saja membuka aplikasi Tiktok dan tampilannya memenuhi layar.
  • In- Feed Video, kalau yang satu ini iklannya akan muncul di FYP saat kamu udah scroll dua hingga tiga video. Dan yang membedakannya dengan jenis iklan sebelumnya adalah iklan ini bisa disukai dan dikomentari.
  • Branded AR Content, iklan yang menggunakan filter atau stiker dengan nama brand bisnis kamu sendiri.
  • Hashtag Challenge, penggunaan hashtag di Tiktok dan iklan ini bakalan muncul di halaman discovery. Tujuannya untuk mengajak audiens berpartisipasi dalam penggunaan hashtag tersebut.

Bikin konten promosi berkualitas

Ketika kamu ingin berjualan online di media sosial, konten promosi menjadi hal yang sangat penting. Cara promosi di Tiktok selanjutnya adalah dengan membuat konten yang berkualitas, kamu akan menarik minat penonton untuk membeli produk kamu.

Coba bayangkan kalau kamu membuat konten yang biasa saja dan tidak ada nilai lebih untuk pelangganmu, mereka tentu tidak tertarik untuk beli produkmu.

Mungkin konten yang bisa kamu buat adalah berfokus pada produkmu. Contohnya, bisnismu berfokus berjualan pakaian, maka kamu bisa buat konten seperti mix and match menggunakan produk pakaianmu.

Dengan begitu, kamu bisa menampilkan keunggulan dari produk sekaligus memberikan value produkmu kepada audiens.

Gabung dengan affiliate

Apakah kamu pernah dengar Tiktok Shop Affiliate? Tiktok Shop Affiliate menghubungkan antara kreator dengan seller yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Kreator nantinya akan memasukkan link produk ke dalam konten videonya. Saat ada pengguna yang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian barang, maka kreator akan mendapatkan komisi dari program affiliate Tiktok ini.

Strategi promosi affiliate yang disediakan oleh Tiktok bisa kamu manfaatkan juga untuk mendapatkan pendapatan penjualan yang besar.

Tapi, sebelumnya, kamu sebagai seller harus daftar menjadi affiliate dulu nih. Berikut ini cara daftar Tiktok Shop Affiliate Seller:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Tiktok Shop terlebih dahulu
  2. Masuk ke akun seller di website Tiktok Shop Seller
  3. Berikutnya kamu kunjungi Tiktok Shop affiliate
  4. Pilih menu program lalu klik program toko
  5. Selanjutnya tekan tombol buat
  6. Tentukan jenis komisi dan persentase komisi yang akan kamu berikan
  7. Lalu pilih send
  8. Sekarang kamu sudah tergabung ke dalam program afiliasi di toko kamu.

Kerjasama dengan influencer

Pasti kamu sering menemukan brand yang menggunakan jasa influencer untuk me-review produk mereka dengan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, agar nggak salah pilih influencer, kamu mesti mempelajari audiens dari influencer tersebut, apakah cocok dengan persona dari target kamu.

Jangan lupa untuk ketahui juga fokus dari influencer tersebut seperti apa. Semisal kamu jualan make up atau skincare, maka pilih orang yang sering membuat konten tersebut.

Manfaatkan fitur stitch

Kalau kamu pengguna aplikasi Tiktok, nggak asing lagi nih sama yang namanya fitur stitch. Di mana orang bisa menanggapi video orang lain dengan video lainnya. Fitur satu ini bisa loh kamu manfaatkan juga sebagai cara promosi di Tiktok kamu.

Mungkin sudah ada beberapa brand juga yang menggunakan fitur stitch untuk memasarkan produknya. Kamu pun juga bisa membangun awareness para audiens, sehingga mereka bisa mengenal brand bisnismu.

Nah, itu tapi beberapa tips promosi di Tiktok dari Argia Academy. Pengen belajar tentang Tiktok lagi secara lebih mendalam? Yuk belajar di Argia Academy! Dengan biaya yang terjangkau dan mentor yang ahli, dijamin bakal membantu kamu untuk lebih joss lagi di Tiktok! Klik di sini ya untuk informasi selengkapnya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x