5 Ide Gimmick Marketing untuk Sosmed Bisnismu!

ide gimmick marketing
Ide Gimmick Marketing

Apa aja, ya, ide gimmick marketing yang bisa kamu terapkan di sosmed bisnismu supaya ramai engagement? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Pernahkah kamu melihat giveaway di sosial media sebuah brand? Pasti pernah, dong! Tujuannya tentu saja untuk memperluas jangkauan konsumen lewat platform digital secara efektif.

Di era digital seperti ini, banyak brand yang memanfaatkan sosial media sebagai media untuk berpromosi. Dengan konten yang tepat, penjualan produk dan brand awareness bisa meningkat drastis.

Mengadakan giveaway adalah satu dari beberapa gimmick yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan sekaligus brand awareness produk. Apakah kamu udah ngerti dengan konsep gimmick di sosial media? Kalau belum, yuk simak penjelasan lengkap dan beberapa ide gimmick marketing di sosial media berikut ini!

Apa itu Gimmick Marketing?

Gimmick atau gimik, merupakan sebuah strategi pemasaran di media sosial guna menarik perhatian calon konsumen. Saat mengadakan gimmick, marketer akan fokus akan berusaha sekreatif mungkin agar pesan yang disampaikan meninggalkan kesan positif pada audiens. Jika dilakukan dengan tepat, tentu hal ini mampu meningkatkan minat beli para audiens.

Gimmick tidak memerlukan biaya tinggi seperti beriklan di media cetak maupun media televisi. Makanya, UMKM punya kesempatan lebih baik dalam mengelola budget pemasarannya dengan cara ini. Dengan biaya rendah, banyak penjual bisa sukses menarik perhatian konsumen dan meningkatkan brand awareness produk masing-masing.

Kesan dari konten gimmick kita harus menimbulkan kesan positif dan relevan dengan target audiens. Gimmick yang bagus akan membuat orang ingat dengan produk kita.

Ide Gimmick Marketing untuk Sosmed Bisnismu

Nah, berikut adalah beberapa macam gimmick yang terbukti efektif dan banyak digunakan oleh brand lewat berbagai platform sosial media:

  • Giveaway

Kalau followers di sosial media kalian sudah lumayan banyak, kamu bisa mengadakan giveaway untuk memperluas target konsumen. Caranya gampang banget! Kamu bisa memberikan hadiah untuk followers-mu, dengan beberapa syarat tertentu, seperti follow, repost, dan lain sebagainya. Mereka juga bisa diminta untuk menandai teman sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya, pemenang bisa dipilih secara acak dari mereka yang sudah memenuhi syarat tadi. Jika tujuanmu adalah untuk memperluas brand awareness sekaligus mengenalkan produk terbaru pada calon konsumen, ide gimmick marketing yang satu ini bisa jadi yang paling tepat.

  • Kuis dadakan

Mirip dengan giveaway, mengadakan kuis juga bertujuan untuk membawa traffic yang lebih besar ke akun sosial media bisnis kita. Tekniknya juga tidak jauh beda. Kita bisa mengadakan sebuah kuis, memberi audiens pertanyaan seputar produk kita, dan mereka harus memberi jawaban yang tepat sekalius melakukan beberapa persyaratan yang kita tentukan.

Konten kuis ini bisa kita tentukan sendiri atau konsumen dibebaskan memilih. Bisa juga followers memberi jawaban yang tepat di kolom komentar, sembari juga menandai beberapa teman mereka di sosial media. Jangan sampai memberikan pertanyaan yang terlalu sulit, ya!

  • Diskon terbatas

Ide gimmick marketing selanjutnya adalah dengan memberikan diskon terbatas. Bisnis apapun pun yang sedang menawarkan diskon, pasti lebih digandrungi oleh para audiens. Tapi, jika mengadakan diskon secara terus-menerus, tentu kita bisa rugi. Sehingga, kita bisa memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memberikan diskon, seperti, diskon di hari-hari gajian atau di hari-hari besar. Diskon yang kita tawarkan tidak perlu terlalu besar, namun pilihan waktu harus tepat agar relate dengan kondisi para calon konsumen.

  • Memilih nama brand yang unik

Dalam membuat ide gimmick marketing, kita bisa sedikit melakukan rekayasa. Salah satunya adalah dalam hal memberi nama brand atau produk yang menarik perhatian. Contohnya seperti Es Kepal Milo. Dari namanya menimbulkan bayangan produk es krim Milo yang tebal dan padat seperti kepalan. Padahal, produk ini hanyalah es serut yang dibentuk bulat padat dan ditaburi Milo di bagian atasnya. Nah, nama yang menarik ini terbukti sukses sebagai strategi pemasaran kedua brand tadi. Sehingga, jangan remehkan penamaan brand, karena ide gimmick marketing ini terbukti mampu menaikkan penjualan secara drastis.

  • Adaptasi tren viral

Kita bisa mencomot ide dari film, adegan, ataupun kata-kata yang tengah viral sebagai konten pemasaran. Contohnya adalah adegan di Layangan Putus dengan tagline bombastis “It’s My Dream Mas, Not Hers!”. Beberapa akun brand mempelesetkan kata-kata di adegan itu, sementara brand lain memproduksi beberapa meme tanpa lupa menyisipkan pesan agar kita membeli produk mereka. Pengguna sosial media senang dengan konten seperti ini. Dan jika kita bisa dengan kreatif memanfaatkannya, bisa jadi traffic dan brand awareness kita bisa meroket.

Nah, itu tadi beberapa ide gimmick marketing yang bisa kamu terapkan di promosimu. Ingin belajar tentang gimmick marketing lain yang bisa kamu terapkan di sosmedmu? Yuk belajar bareng Argia Academy! Langsung aja cek informasinya di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x