fbpx

Sejarah Internet Di Dunia

Secara umum, internet merupakan salah satu jaringan komputer yang dalam beberapa tahun terakhir diimplementasikan kedalam lingkungan sosial yang ada diseluruh dunia, baik dari kaum muda maupun tua sudah tidak asing lagi dengan kehadiran dari salah satu objek yang ada didalam jaringan komputer tersebut.

Hal ini bisa disebabkan karena banyak sekali sejarah dan catatan penting yang terangkum secara ringkas yang perlu anda ketahui lebih jelas.

Pertamakali Internet Di Dirikan

via google.com

Internet pada awalnya merupakan sebuah jaringan yang ada didalam komputer, serta keberadaannya merupakan salah satu ide pemikiran matang yang dianalisa oleh beberapa orang yang ada didalam Departemen Pertahanan yang ada di Amerika Serikat. Selain itu, kemunculannya pertama kali diperkenalkan dan dimulai tahun 1969, dimana pada saat itu diluncurkan melalui sebuah hasil rancangan yang bernama ARPA, yang menjadi cikal bakal dari kehadiran internet.

Selain itu, ARPA tersebut lebih dikenal dengan nama ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network, yang mana beberapa dari pihak pencetusnya lebih dominan untuk menjalankan sistem komputer dan internet dengan berbasis UNIX. Hal tersebut tentunya bukanlah tanpa alasan, dimana sistem UNIX tersebut bertujuan untuk memberikan jangkauan yang jauh lebih mudah dalam komunikasi, termasuk dari jaringan telepon sekalipun.

Tujuan Awal Internet

Kemudian, kehadiran dari internet tersebut pertama kali diciptakan hanya untuk membangun, sekaligus mempertahankan proyek yang didasari untuk keperluan militer, baik di Amerika Serikat (sebagai Negara penciptanya) maupun negara-negara lainnya diseluruh dunia. Keberadaan dari internet pada saat itu bukan hanya dijadikan sebagai sistem komunikasi untuk mengakses jaringan dunia maya saja (tentunya tidak secanggih sekarang).

Saat itu, keberadaan dari internet lebih dominan untuk digunakan sebagai sarana penghubung antara sistem kinerja dari militer, misalnya dengan proyek nuklir yang dirancang sebagai alat tempur untuk perang, yang dilandasi dari Departemen Pertahanan di Amerika Serikat, atau yang dikenal dengan nama USA Department of Defense. Selain itu, kinerjanya saat itu masih disangkut pautkan dengan ARPANET sebagai menjadi jaringan utamanya

Lalu, jaringan internet yang pertama kalinya populer di Amerika Serikat merupakan salah satu kinerja yang berlandaskan dari ARPANET. Dimana, pada saat itu keberadaannya sudah terakses ke seluruh jagat raya, termasuk di Indonesia yang mana beberapa waktu awalnya hanya bisa mengakses sekitar 4-5 situs saja.  Internet terdahulu ini sistemnya sudah terakses pada mulai pada tahun 1969.

Namun, disamping itu perlu diketahui lebih menyeluruh jika ARPANET pada tahun-tahun tersebut masih dijadikan sebagai ‘primadona’ atau jaringan internet pertama yang membuat gempar dunia. ARPANET mulai diperkenalkan ke sejumlah Negara di dunia secara itensif selama 3 tahun berselang atau ketika mulai tahun 1972, tepatnya pada bulan Oktober. Keberadaan dari ARPANET ini sudah mulai berkembang dan menguat dibeberapa daerah diseluruh kawasan Amerika Serikat.

Tersebarnya penggunaan Internet Dunia

Kemudian, setelah mendunianya ARPANET, penggunaannya tidak hanya di bidang militer saja, namun kini mendunia menjadi kebutuhan diluar dunia militer. Sebelum Namanya menjadi internet, ARPANET terpecah terlebih dahulu menjadi MILNET dan ARPANET, meskipun begitu kedua jaringan ini saling berhubungan/interkoneksi. Kemudian, lama kelamaan jaringan yang saling berhubungan itu disebut dengan nama DARPA hingga sekarang disebut dengan istilah internet.

Internet pada saat ini menjadi peranan yang sangat penting dalam dunia informasi dan komunikasi. Hal tersebut dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dengan membuat jejaring sosial seperti Facebook dan juga membuat situs informasi seperti Wikipedia dan sejenisnya. Bisa dilihat sendiri masyarakat sekarang ini sudah terbantu dengan adannya internet, hal tersebut membuat internet juga bisa dijadikan sumber bisnis yang menguntungkan.

Sumber Link : https://jagad.id/sejarah-internet/

Maret 15, 2019

0 responses on "Sejarah Internet Di Dunia"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    About

    Argia Academy adalah sekolah teknologi dan digital marketing. Kurikulum Argia Academy disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan teknik digital marketing dan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pemasaran DIgital (Digital Marketing) Jenjang IV Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) (PeraturanPresiden No.8 Tahun 2012).

    Argia Academy Indonesia

    contact us

    Alamat: Bengawan Solo Regency Kav 3-4, Jl. Bengawan Solo Kota Blitar 66122

    Telp:
    – Head Office : (0342) 809 917
    – Telp : 082 142 334 334

    Email: 

    X
    X