2 Cara Dapat Orderan Pertama di Shopee! Dijamin AMPUH!

orderan pertama di shopee
orderan pertama di shopee
Orderan pertama di Shopee

Bagi kalian yang baru mulai berjualan di Shopee, tentunya kalian ingin tahu bagaimana sih caranya dapat orderan pertama di Shopee? Orderan pertama ini nantinya akan sangat berpengaruh dengan banyaknya orderan selanjutnya. Dan biasanya, untuk mendapatkan orderan pertama ini lebih sulit daripada mendapatkan orderan selanjutnya. Jadi bagaimana caranya?

Orderan Pertama di Shopee

Permasalahan umum yang sering dialami para pemula di Shopee adalah bagaimana agar tokonya bisa segera pecah telur alias mendapatkan pembelian yang pertama. Pembelian pertama ini akan mempengaruhi banyaknya pembelian selanjutnya.

Untuk bisa mendapatkan pembelian pertama di Shopee, kamu bisa melakukan beberapa pengaturan di akun Shopee-mu, agar semakin bisa mengoptimalisasi performa toko online-mu.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar bisa segera mendapatkan orderan pertama di Shopee?

1. Aktifkan fitur “Gratis Ongkir”

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa toko kamu di Shopee sudah terverifikasi dan terdaftar di program “Gratis Ongkir” di Shopee. Bagaimana caranya?

Pertama, kalian harus mengunggah foto KTP kalian beserta foto diri kalian memegang KTP. Kemudian, kamu bisa memasukkan nomor rekening kalian, serta pastikan e-mail kalian sudah terverifikasi. Jika semua hal tersebut sudah dilakukan, maka toko kalian langsung akan mendapatkan voucher subsidi ongkir dari Shopee. Sehingga, ketika ada konsumen yang hendak beli di toko kalian, konsumen akan mendapatkan subsidi atau potongan untuk ongkos kirimnya.

Hal ini terbukti sangat ampuh dalam menarik minat konsumen dalam memberi barang di toko kita. Karena, umumnya para calon pembeli akan melihat apakah sebuah toko mempunyai subsidi ongkir atau tidak. Dan para calon pembeli ini cenderung lebih tertarik dengan toko yang menyediakan “Gratis Ongkir”.

Bahkan, meskipun barang yang kalian lebih murah dari toko yang lain, jika tidak ada subsidi ongkir, penjualan kamu akan tetap kalah dengan toko lain yang mempunya subsidi ongkir.

Keuntungan lain verifikasi data-data yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mengunggah sampai dengan 2.000 produk. Karena, jika kalian belum meng-update data kalian, kalian hanya bisa mengunggah 100 produk saja.

2. Perbanyak viewers produk

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah meningkatkan viewers dari produk-produk kamu. Tidak harus semua produk, cukup beberapa produk sudah cukup.

Viewers ini maksudnya adalah para pengunjung yang melihat produk yang kamu jual di tokomu. Semakin banyak orang yang melihat produkmu, maka Shopee akan semakin sering merekomendasikan produkmu kepada para konsumen.

Lalu, bagaimana caranya agar para konsumen mau melihat produk kita?

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah memastikan gambar produk yang kita pajang jelas dan terang. Hal ini tidak hanya berlaku di Shopee saja, melainkan juga di marketplace yang lainnya.

Hal pertama yang dilihat oleh para konsumen adalah gambar produk kita, sehingga orang akan tertarik jika kita memajang foto produk kita yang jernih dan bagus.

Hal lain yang harus kalian perhatikan terkait foto produk ini adalah, jika supplier kalian menjual produknya melalui Shopee, maka kamu harus membedakan foto produk kalian dengan foto produk supplier kalian. Terutama untuk foto pertama yang muncul di beranda Shopee kalian.

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan viewers produk kamu adalah menambahkan banyak kata kunci yang relevan pada judul produk kamu. Contoh, jika kalian menjual gamis muslim wanita, kalian tidak hanya menuliskan “gamis muslim wanita” pada judul produkmu. Kalian bisa tambahkan kata kunci lainnya, seperti “gamis muslim wanita | dress korea | fashion wanita” dan seterusnya. Sehingga, ketika ada konsumen yang mencari “dress korea”, maka Shopee akan merekomendasikan produk kalian.

Cara ketiga, kalian harus memperhatikan deskripsi produk kalian. Tidak hanya judul saja yang harus mengandung kata kunci. Deskripsi produk kalian juga harus mengandung banyak sekali kata kunci relevan yang mempunyai nilai yang tinggi.

Selain kata kunci, kalian harus menjelaskan dengan detail terkait produk yang kalian jual di Shopee. Contohnya jika kalian menjual baju, kalian bisa jelaskan bahan kain bajunya, ukurannya secara detail, dan lain sebagainya.

Lalu, jika kita sudah melakukan semua hal di atas namun belum juga mendapatkan orderan pertama di Shopee, apa yang harus kita lakukan?

Inilah pentingnya pancingan agar produk kalian nampak ada beberapa penjualan yang sudah terjadi beserta dengan ulasannya. Caranya adalah dengan memancing para pembeli kalian dari platform lain untuk memberikan ulasan dan membeli di Shopee kamu. Pembelian tidak harus secara real. Tujuannya sendiri adalah supaya menciptakan orderan pertama di Shopee bayangan untuk memancing orderan pertama di Shopee yang sebenarnya.

Demikian tips untuk mendapatkan orderan pertama di Shopee. Kalau kamu tertarik belajar lebih dalam tentang marketplace yang satu ini, kamu bisa belajar bareng digital marketing sama Argia Academy. Informasi selengkapnya, bisa kalian lihat di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x