fbpx

Materi Blogger

Hai para pemula pengguna blogger, apa kalian sudah tahu apa itu blogger? bagaimana caranya memulai menggunakan blogger ??? Yuk kita belajar bersama !


A. Pengertian dan Sejarag Blogger
   

Istilah Blog merupakan singkatan dari web log yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa aneka macam konten atau tulisan-tulisan yang bisa dipublikasi (posting) pada sebuah halaman web umum (template blog).

Tulisan-tulisan dalam sebuah web seringkali diurutkan dari postingan yang terbaru lalu postingan yang lama. Meskipun tidak selamanya demikian, tergantung bagaimana pengguna mengaturnya di bagian sidebar.

Situs web seperti ini biasanya bisa diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan pembahasan yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Pengunjung web biasanya datang karena menuliskan suatu kata kunci tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine lainnya. Jika web kita berada di posisi nomor satu atau berada di halaman satu Google (atau mesin pencari lainnya), maka potensi untuk dikunjungi semakin besar.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. 

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog

B. Perbedaan Blog, Blogger, Blogging dan Blogspot

  • Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar (TLD).
  • Blogger adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger.com, dengan subdomain .blogspot.com.
  • Blogging adalah aktivitas pengguna blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan konten tulisan, gambar, video dan lain-lain. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.
  • Blogspot adalah subdomain alamat blog di platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.co.id, di Jepang, alamatnya menjadi blogspot.jp, di Hongkong menjadi blogspot.hk, di India menjadi blogspot.in, dan lain sebagainya.

 C. Manfaat dan Kegunaan Blog

Blog memiliki fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, hingga program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas.

Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan.

Namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas, contohnya yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.

Untuk lebih jelasnya, saya akan coba jabarkan manfaat dan kegunaan dari sebuah blog, antara lain yaitu sebagai berikut :

  1. Blog dapat dijadikan alat untuk meningkatkan pencitraan diri kita, sehingga hal itu bisa membuka banyak kesempatan bagi kita dalam mengejar kesuksesan.
  2. Blog sangat berguna dalam melatih kreatifitas yang dimiliki seseorang.
  3. Blog dapat dijadikan sebagai penunjang bisnis kita, jika kita memiliki sebuah perusahaan ataupun usaha bisnis.
  4. Blog bisa dijadikan wadah untuk kita beramal dalam hidup ini, salah satu amalan yang tidak akan pernah putus meskipun meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat.
  5. Blog bisa dijadikan wadah dalam menyampaikan aspirasi.
  6. Blog bisa dijadikan media untuk mengajak orang ke arah yang lebih baik.
  7. Blog dapat meningkatkan popularitas seseorang.
  8. Blog dapat dijadikan media dalam menyalurkan hobi.
  9. Blog bisa dijadikan sumber pendapatan.

D. Jenis – Jenis Blog

Secara garis besar blog itu terbagi menjadi 2 bagian, yaitu blog gratis dan blog berbayar. yang termasuk kedalam blog gratis antara lain yaitu, blogger, wordpress dan yang termasuk blog berbayar biasanya blog wordpress yang dibuat dengan menggunakan hosting dan domain.

  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, puisi atau syair, keluhan, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog politik: Tentang berita, aktivis, politik, kampanye dan semua persoalan tentang politik.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu (niche).
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (literary blog).
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dan lain-lain.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh wirausahawan atau pegawai untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti binatang, tanaman dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan atau traveling.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, selera fesyen, perkembangan mode, liputan pameran mode dan lain-lain.
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi (blog gado-gado)
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

E. Cara Mendaftar Blogger

  1. Buat terlebih dahulu account email.
  2. Masuk ke www.blogger.com.
  3. Klik tombol Ciptakan Blog Anda.
  4. Masukkan alamat email, password, nama tampilan, verifikasi kata, dan jangan lupa memberi tanda centang untuk menerima persyaratan yang ada, kemudian klik tombol Lanjutkan.
  5. Masukkan Judul Blog dan Alamat blog (URL).
    Untuk Alamat blog harus dipikirkan dengan benar, karena tidak dapat diubah lagi dikemudian hari. Klik Cek Ketersediaan untuk mengetahui apakah nama tersebut masih tersedia atau tidak.
  6. Pilih template yang Anda suka, kemudian klik tombol lanjutkan.

F. Cara Membuat Blog di blogger.com

      Silakan membuat akun Google terlebih dahulu.

    Jika akun Google-nya sudah siap, langsung saja disimak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama login ke https://blogger.com  menggunakan akun Google milik sobat.
  2. Setelah login, sobat akan diberi dua opsi profil yang ingin ditampilkan. Opsi yang pertama dengan menampilan profil Google+, yang kedua profil Blogger terbatas.Rekomendasi saya pilih saja opsi yang pertama yaitu dengan menampilan profil Google+.Jika sebelumnya sobat sudah membuat profil Google+, sobat bisa langsung menuju langkah nomor 3, tapi jika belum, silakan klik “Buat profil Google+” dan buat profil Google+ terlebih dahulu. 
  3. Klik “Lanjutkan ke Blogger” 
  4. Klik “Blog baru” untuk membuat blog baru 
  5. Masukan judul blog, alamat blog, dan pilih tema blog, setelah itu klik “Buat blog!”  
  6. Blog sudah jadi. Untuk melihat blog sobat tinggal klik tombol “Lihat blog

G. Menu-Menu di Blogger

Menu-menu di blogger terletak di sebelah kiri pada dashboard.

  • Daftar Blog yang dimiliki
    Di sebelah kiri paling atas sobat bisa memilih daftar blog yang sobat miliki jika sobat membuat lebih dari 1 blog.
  • Tombol “Entri baru”
    Di sebelah kanan menu Daftar blog adalah tombol untuk membuat postingan atau artikel baru
  • Postingan
    Menu untuk menampilkan daftar semua artikel yang ada di blog sobat
  • Statistik
    Menu untuk menampilkan statistik blog sobat seperti jumlah pengunjung, jumlah tayangan laman, sumber pengunjung, dan lain sebagainnya.
  • Komentar
    Menu untuk menampilkan semua daftar komentar yang masuk ke blog sobat.
  • Kampanye
    Menu ini khusus buat sobat yang ingin mempremosikan blog sobat melalui Google AdWords (harus ngeluarin duit)
  • Halaman
    Menu untuk membuat dan menampilkan semua daftar Halaman statis yang ada di blog sobat. Penjelasan tentang halaman statis ada di bawah.
  • Tata Letak
    Di sini adalah tempat sobat mengatur tata letak blog sobat dan juga tempat untuk memasang widget blog seperti widget artikel populer, atau widget pengikut.
  • Tema (sebelumnya disebut Template)
    Di sini adalah tempat untuk mengganti template atau theme blog sobat. Selain itu sobat juga bisa mengedit langsung template blog sobat pada menu ini.
  • Setelan
    Tempat pengaturan blog sobat. Jika sobat ingin mengganti judul blog, mengganti alamat, atau mengganti bahasa blog maka menu ini adalah tempatnya.

Selain menu-menu di atas sebenarnya masih ada satu menu lagi, hanya saja menu tersebut secara default tidak ditampilkan untuk blog-blog berbahasa Indonesia.

H. Cara Memosting Artikel

Cara posting artikel di blogger sendiri bisa dibilang sangat mudah. Pada dasarnya hampir sama seperti menulis email.


Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama sobat harus login dulu ke “Blogger” 
  2. Kalau sudah login, sekarang tinggal klik tombol “Entri baru
  3. Berikutnya sobat akan diarahkan ke halaman editor artikel di blogger.
  4. Setelah sobat sedikit paham dengan menu-menu yang ada pada editor artikel di blogger, setelah itu tinggal tulis apa aja yang ingin sobat tulis.
  5. Klik tombol “Publikasikan” jika artikelnya sudah selesai.
  6. Sekarang tulisan sobat sudah online dan bisa dibaca oleh banyak orang.

I. Cara Memasang Widget

Widget atau di blogger.com disebut Gadget merupakan sebuah konten di dalam blog selain artikel pada sebuah blog. Widget ini biasanya berada di bagian sidebar blog.

Widget di dalam blog bisa dipasang, dicopot, dan juga dipindah-pindah sesuai keingingan. Selain itu widget ini sifatnya opsional, tidak harus dipasang di blog. Jadi sobat bisa membuat blog tanpa memasang widget sama sekali.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasang widget atau gadget di blogger:

  1. Pertama pastinya login dulu ke “Blogger” 
  2. Setelah login, masuk ke menu “Tata Letak” 
  3. Nah di sini sobat bisa menambah widget dengan mengklik “Tambahkan Gadget
  4. Di blogger.com sudah disediakan beberapa gadget yang siap untuk dipasang. Tentunya sobat tidak wajib untuk memasang semuanya. Cukup pilih widget yang benar-benar dibutuhkan.

beberapa widget rekomendasi yang sebaiknya dipasang di blog:

  • Widget Entri Populer
  • Widget Label
  • Widget Arsip
  • Widget Profil

Selain widget-widget tersebut, ada satu lagi widget yang cukup sering digunakan di blogger, yaitu widget HTML/JavaScript.

Fungsi widget ini untuk menambahkan widget menggunakan kode HTML dan juga JavaScript. Umumnya digunakan untuk memasang widget pihak ketiga (widget bukan dari blogger.com) dan juga untuk memasang banner iklan.

J. Cara Mengganti/Memasang Template

Di blogger.com sudah disediakan beberapa template-template default yang bisa dipilih, selain itu sobat juga bisa menggunakan template pihak ketiga yang sudah bertebaran di internet.

Nah kemungkinan besar sobat akan lebih memilih untuk menggunakan template pihak ketiga karena template yang sudah disediakan blogger rata-rata jelek dan terlalu sederhana.

Terus gimana caranya untuk mengganti template di blog saya?

Silakan disimak di bawah ini:

  1. Mencari template blogger

Nah untuk mengganti template atau tema blog dengan template pihak ketiga, hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mencari template blogger untuk didownload.

Di luar sana banyak sekali penyedia template blogger, puluhan bahkan sampai ratusan, dari yang gratis sampai yang berbayar.

Untuk mencari penyedia template tersebut cukup cari di google dengan kata kunci seperti ini: “Template Blogger” atau “Free Blogger Template” atau “Template Blogger Keren” dll.

    2. Meng-extract file template

File template yang nanti sobat download umumnya dalam format .zip atau .rar.

Untuk memasangnya di blog sobat perlu meng-extract file tersebut.

Caranya seperti gambar di bawah ini:

Setelah diekstrak nanti di dalamnya terdapat file dengan ekstensi .xml, nah file itulah yang nanti akan sobat pasang ke blogger.

Berikut adalah langkah-langkah memasang template ke blog:

  1. Login ke “Blogger” 
  2. Klik menu “Tema” 
  3. Klik tombol “Backup / Pulihkan” 
  4. Sebelum memasang templatenya, klik dulu tombol “Download tema” untuk mendownlod template yang sedang digunakan sebagai backup/cadangan. 
  5. Kalau templatenya sudah di-backup, selanjutnya klik “Choose File” dan pilih template baru yang ingin sobat pasang. 
  6. Terakhir tinggal klik tombol “Upload

K. Cara Mengganti Judul Blog Dengan Logo

Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti judul blog sobat dengan gambar logo:

  1. Pertama sobat harus membuat terlebih dahulu sebuah logo untuk dijadikan sebagai judul blog. 
  2. Login dulu ke dasbor blog sobat. 
  3. Setelah itu masuk ke menu “Tata Letak” 
  4. Klik “Edit / Icon Pensil” pada bagian Judul Blog 
  5. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk sesuai gambar di bawah ini:
    1. Pilih file gambar logo di komputer sobat
    2. Pilih “Selain judul dan keterangan
    3. Klik “Simpan“Begitulah kira-kira cara mengganti judul blog dengan gambar logo. Sangat simple dan tidak pakai ribet.
15 Maret 2019

1 responses on "Materi Blogger"

  1. Hi, very nice website, cheers!
    ——————————————————
    Need cheap and reliable hosting? Our shared plans start at $10 for an year and VPS plans for $6/Mo.
    ——————————————————
    Check here: https://www.good-webhosting.com/

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

X
X