fbpx

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online

Apakah Anda bingung dengan bagaimana memulai bisnis online Anda??????????????

Yuk baca sampek selesai 😀😇


Nah disini kita akan bahas bersama tentang bagaimana mengawali bisnis online dan bagaimana langkah-langkahnya.


Tahapan awalan ini cenderung banyak berhubungan dengan cara menjual via internet:


1. Miliki Mindset Bisnis Yang Benar


Kita harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita.


Jangan sampai ketika kita sudah berhasil membangun usaha sampai susah payah, namun akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus bisnis.


Jika Anda masih bekerja pada bisnis Anda, maka Anda adalah karyawan pada bisnis Anda sendiri. Tetapi jika yang Anda lakukan adalah bagaimana membuat bisnis Anda semakin berkembang, seperti dari 1 menjadi 2, dari 2 menjadi 10, dst, maka Anda adalah pebisnis.


Ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

  • Modal.
  • Produk yang akan dijual.
  • Pasar yang akan disasar.
  • Strategi pemasaran.
  • Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

Untuk itu, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, benahi dulu mindset Anda.


Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya adalah yang sifatnya teknis.


Anda bisa saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren. Atau, bisa saja Anda sangat ahli dalam suatu bidang.


Namun jika Anda tidak mempunyai visi terhadap kemampuan Anda, tidak mempunyai semangat untuk belajar dan bertahan, ya sama saja, bisnis Anda akan segitu-segitu saja.


Usahakan supaya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar Anda, dan juga bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.


Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan, juga supaya bisa melayani lebih banyak orang dan lebih bermanfaat bagi sesama?


2. Mulai Dengan Jualan


Di langkah kedua ini kita harus memutuskan apa yang harus kita jual. Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu.


Ini adalah beberapa tips cara menemukan produk yang akan dijual:

Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda.

Anda adalah problem solver, Anda adalah pemberi solusi dari permasalahan orang-orang.

Tukar manfaat yang bisa Anda berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.


Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.


Saran saya, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.


Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

  • Contoh barang fisik

Sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.

  • Contoh produk digital

Bisa berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.

  • Contoh jasa

Bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.

Mengapa Kita Harus Merencanakan dan Memahami Pola Pemasaran Online?


Karena kita harus menyusun konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan mau nggak mau juga harus belajar ilmu bisnis.


Biasanya hambatan yang muncul pada fase ini adalah, kadang kita menginginkan segala sesuatu sempurna. Dan bsia ditebak, akhirnya malah nggak jalan-jalan.


3. Buat Website Jualan atau Toko Online


Tahapan ketiga adalah membuat website jualan maupun toko online. Atau bisa juga kita sebut sebagai lapak online.


Nantinya ini kita gunakan sebagai tempat jualan online atau berpromosi di internet.


Karena kita hendak memanfaatkan media internet atau berjualan via online, maka secara teknis langkah-langkah cara jualan online-nya adalah:

Pada saat tahap awal, cobalah berjualan lewat pasar online (situs marketplace), situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.

Ketika Anda sudah ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat website sendiri.


Untuk penjelasan yang pertama, contohnya adalah jualan lewat media sebagai berikut:

Pasar online (situs marketplace) – Bukalapak, Tokopedia, OLX, dll.

Situs media sosial – Facebook, Twitter, Instagram.

Aplikasi social chat – BBM, LINE, WhatsApp, Telegram.


Untuk penjelasan langkah kedua, yakni dengan membuat website sendiri, tujuannya nanti website ini akan kita jadikan sebagai lapak online atau workshop RESMI usaha kita di dunia maya.


Keuntungannya, kalau kita sudah memiliki website sendiri, ke depannya bisa kita jadikan sebagai PUSAT tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.


Jadi kalau kita pasang status di situs social media, forum, dll, kan jadi lebih keren kalau di bagian bawah status tersebut kita kasih link menuju situs kita.


Situs marketplace, social media, dan forum online, bisa diibaratkan seperti Mall / Pasar / Tempat Berkerumunnya Orang Banyak di dunia online. Sedangkan website, bisa diibaratkan Kantor / Toko kita di internet.


4. Promosi Online


Setelah website jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Isilah website dengan konten yang meyakinkan.


Jangan asal copy paste.


Gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan di website, karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.


Untuk materi konten web-nya, tampilkan yang simpel-simpel saja dulu, dan sebisa mungkin memuat informasi sebagai berikut:

  • Profil usaha.
  • Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya.
  • Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.
  • Cara pemesanan dan form order nya.
  • Logo usaha / bisnis.

Mengenai logo, menurut saya itu tidak boleh dianggap sepele. Karena bisa membawa dampak yang luar biasa bagi entitas usaha dan bisnis Anda. Yakni pengakuan dan trust / kepercayaan dari calon konsumen maupun pelanggan.


5. Mentor dan Lingkungan Yang Positif


Bagi Anda yang hendak belajar bisnis online dengan lebih serius, saya sarankan untuk mulai mencari mentor. Dialah yang akan “membimbing” Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Mentor ini bisa teman Anda, orang tua, saudara, guru, dosen, maupun pelaku bisnis yang Anda anggap sudah berhasil dalam bidang usaha yang digelutinya.


Mereka sudah melalui proses jatuh bangun dan manis pahit getir serta asam garam dalam membangun bisnis dan kehidupannya, sehingga Anda bisa belajar dari pengalaman prosesnya. Dan sudah semestinya kita menaruh hormat pada para mentor kita ini, karena dari mereka lah wasilah ilmu hidup dan ilmu bisnis itu bisa sampai kepada kita.


Dengan adanya mentor ini, Anda bisa mempercepat proses trial and error yang Anda butuhkan selama berproses menuju puncak.


Selain itu, bergabunglah dengan komunitas bisnis dan komunitas-komunitas lain yang mendukung tujuan Anda, serta milikilah lingkungan yang positif. Ini juga akan sangat mendukung proses belajar Anda supaya lebih kondusif dan terarah.


Semakin sering Anda bertemu, berkumpul, dan berdiskusi dengan orang-orang yang satu vibrasi dan satu visi, Anda akan menemukan berbagai peluang dan dukungan untuk saling support, berbagi semangat, dan ilmu. Itu adalah aset penting yang perlu Anda miliki untuk melangkah maju.


Tentunya, miliki juga niatan untuk membantu yang lain, jangan hanya kepentingan diri kita saja yang diurusi.


Hidup itu GIVE AND TAKE, artinya kita GIVE dulu, baru TAKE. Berikan dulu apa yang kita punya, barulah kita dapatkan hikmah dari apa yang kita berikan.


Take action dan eksplor potensi Anda. Yakinlah, Anda pasti bisa!

15 Maret 2019

7 responses on "Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online"

  1. Heya i am for the first time here. I found this board
    and I find It truly useful & it helped me out much. I hope to give
    something back and help others like you helped me. http://Www.vintagehouserestaurant.com/

  2. Jesus tells us because did Thomas. to live by FAITH, not by sight.
    One subject is covered, plus there is a in order to another patient.
    You also have to remember that you’re most likely the one delivering the speech. http://www.yanghuobaby.com/discuz/upload/home.php?mod=space&uid=169693&do=profile&from=space

  3. We stumbled over here by a different page and thought I might as well check things out.
    I like what I see so i am just following you.
    Look forward to exploring your web page for a second time. http://oldehickorytaproom.com/

  4. Usսally I ɗo not learn article on blogs, but I woսld lіke
    to say that thіs write-up veгy presѕured me to
    take a ⅼook at and do so!Your writing style has been amazeԁ me.
    Thabk yоu, quite grеat article. https://Projectstudentsafety.org/sitemap.xml

  5. Тhis is a topic wһuich is close to my heɑrt… Thank you!

    Exactly where are your contact details thougһ? http://atalacademy.com/klinik-hipnoterapi-jakarta-bekasi-kota-bks-jawa-barat/

  6. Ciao a tutti vengo dall’italia

  7. Hello. And Bye.

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

X
X