10 Keuntungan Bergabung Affiliate Marketing di Marketplace

keuntungan bergabung affiliate marketing
Keuntungan Bergabung Affiliate Marketing di Marketplace

Affiliate marketing cocok untuk kamu yang terkendala modal dan produk untuk dijual. Apa saja ya keuntungan bergabung affiliate marketing?

Seorang affiliator yang sukses bisa menghasilkan ratusan hingga jutaan rupiah per bulannya. Tergantung seberapa besar niat dan usaha yang kamu lakukan.

Seorang affiliate marketer yang sukses dapat menghasilkan ratusan hingga jutaan rupiah per bulannya tergantung seberapa besar niat dan usaha yang Anda lakukan.

Jadi, jangan remehkan model bisnis yang tergolong sederhana ini. Setiap model bisnis pasti punya beberapa kelebihan dan kekurangan, termasuk pada model bisnis affiliate marketing ini.

Keuntungan Bergabung Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah program yang memberikan komisi untuk kamu ketika berhasil menjual produk dari suatu pihak (merchant) setelah kamu mempromosikannya.

Komisi yang kamu dapatkan tergantung pada kebijakan yang merchant (pemilik produk) tawarkan. Kamu bisa mendapatkan komisi mulai dari 5% hingga 70%.

Lalu, apa saja keuntungan bergabung affiliate marketing?

  • Tidak ada biaya produksi

Tingginya biaya untuk memproduksi suatu produk membuat para pemula usaha merasa berat jika harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membuat suatu produk.

Namun, dengan bergabung dengan affiliate marketing, kamu tidak perlu untuk memikirkan biaya produksi untuk memulai usahamu.

  • Biaya awal yang rendah

Menjadi seorang affiliator tentunya berbeda dengan cara tradisional, yang mana harus membangun lapak untuk menjajakan produk jualan.

Affiliator hanya memerlukan sebuah gawai yang terkoneksi dengan internet dan beberapa alat pendukung lainnya, termasuk software untuk membuat desain logo dan lain sebagainya.

  • Tidak ada biaya atau lisensi

Pebisnis konvensional harus menyiapkan anggaran untuk membayar ijin untuk berjualan di suatu area tertentu. Namun, kalau kamu gabung program affiliate marketing, kamu bisa menyimpan uang yang dialokasikan untuk biaya lisensi tersebut. Karena, dengan program affiliate marketing ini kamu bebas untuk bergabung di area mana saja.

  • Bisa menjual apa saja

Pada zaman teknologi seperti sekarang ini, hampir semua produk atau jasa bisa kita beli secara online.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini, kamu bisa memanfaatkan program affiliate marketing yang sudah ada, Kamu tinggal memilih produk apa saja yang mau kamu promosikan.

  • Tidak perlu rekrut karyawan

Berbeda dengan pebisnis konvensinal, keuntungan bergabung affiliate marketing adalah kamu bisa mendapatkan omset yang besar tanpa harus memikirkan gaji untuk karyawanmu.

  • Tidak menanggung biaya proses order

Dalam melakukan proses order secara online, merchant pasti memerlukan banyak biaya, seperti fee pemrosesan kartu kredit, fee refund dan sebagainya.

Namun, untuk kamu yang seorang affiliator, maka hal-hal seperti itu bukan menjadi suatu tanggung jawabmu.

  • Tidak perlu stok barang

Untuk kamu yang seorang affiliator tidaklah perlu untuk memusingkan tempat untuk menyimpan barang yang kamu jual. Sehingga, tidak jadi suatu masalah kalau kamu mempromosikan produk, seperti barang elektronik ataupun furniture yang pada dasarnya harus memiliki tempat untuk menyimpan barangnya.

  • Tidak perlu proses order

Kamu tidak perlu pusing memikirkan pengumpulan data customer, seperti nama, alamat, dan sebagainya. Karena, hal tersebut sudah ditanggung oleh merchant.

  • Tidak perlu melakukan pengiriman

Lupakan biaya dan betapa ribetnya menyiapkan dan mengirim suatu produk kepada customer di manapun mereka berada. Salah satu keuntungan bergabung affiliate marketing adalah membiarkan merchant yang meng-handle semua itu.

  • Tidak perlu ada customer service

Memiliki customer memanglah menjadi suatu kebanggaan bagi seluruh pebisnis dan merupakan hal yang bagus. Namun, kita juga harus siap apabila menghadapi komplain dan sebagainya.

Seorang affiliate marketer tidak perlu memikirkan hal tersebut, karena customer kamu s udah langsung ditangani oleh merchant.

  • Pasar seluruh dunia

Seluruh dunia pasti telah mengetahui internet dan dapat mengaksesnya. Sehingga, tidak menutup kemungkinan apabila kamu mendapat pengunjung dari customer di luar dari negari.

Itu tadi beberapa keuntungan bergabung affiliate marketing di masa kini. Buat kamu yang bingung karena ingin berbisnis, namun terhambat masalah modal, mungkin affiliate marketing adalah jawabannya.

Buat kalian yang ingin memaksimalkan media sosial untuk promosi affiliate marketing, kamu bisa belajar tipsnya bersama Argia Academy. Daftar di sini ya! Mumpung lagi ada diskon gede loh!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x