6 Tips Live di Tiktok! Dijamin Rame Penonton!

tips live di tiktok
Tips Live di Tiktok

Dengan semakin populernya Tiktok sebagai media promosi, kamu perlu tahu nih tips live di Tiktok supaya banjir penonton!

Platform tersebut kini merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Penggunanya mencapai angka 800 juta user.

Influencer Marketing Hub mengatakan bahwa Tiktok wajib digunakan perusahaan jika target audiens utama mereka adalah gen-z dan generasi milenial.

Meski begitu, menjalankannya tak semudah yang dibayangkan. Tanpa strategi yang tepat, strategi pemasaran yang kamu lakukan tidak akan memberikan hasil yang baik.

Argia Academy akan memberikan 7 tips live di Tiktok khusus untuk kamu. Yuk, simak selengkapnya!

Tips Live di Tiktok

Banyak pengguna di Tiktok yang mengeluhkan live yang mereka lakukan tidak ramai. Tapi, kini kamu tidak perlu khawatir! Argia Academy akan berikan tips yang bisa kamu lakukan saat live di Tiktok!

  • Pilih waktu live yang tepat

Sejatinya, tidak semua media sosial memiliki jadwal yang spesifik untuk mengadakan live. Tapi, berbeda dengan TikTok. Ada waktu tertentu saat pengguna sedang banyak yang aktif di aplikasi tersebut.

Mengutip laman Pepperland Marketing, waktu terbaik untuk live di Tiktok adalah jam 9 sampai 11 pagi pada hari Senin hingga Jumat. Kalau tidak sempat mengadakan live pada jam tersebut, kamu bisa live setelah jam 7 malam saat orang-orang selesai beraktivitas.

  • Mempersiapkan setting yang memadai

Tips live di Tiktok selanjutnya adalah mempersiapkan setting yang memadai. Sama halnya ketika kamu livestream di Youtube, latar tempat dan peralatan memiliki peran yang penting. Apabila tempat dan alat-alat rekamanmu kurang mumpuni, audiens akan kesulitan untuk menikmati konten dalam sesi live.

Kamu pilih tempat yang terang dan rapi untuk keperluan live-mu.  Jika dirasa masih terlalu gelap, kamu bisa persiapkan alat pencahayaan atau lighting khusus. Selain itu, sediakan juga kamera dan mic agar kamu bisa tampak jelas di hadapan para audiens live Tiktok-mu.

  • Rencanakan sesi live dengan baik

Tak ada konten kreator profesional yang tampil live dengan skrip lengkap. Namun, supaya bisa tampil lebih maksimal, kamu tetap harus merencanakan setiap segmen dalam acara live dengan baik.

Kamu bisa urutkan rangkaian aktivitas yang akan kamu lakukan selama sesi live Tiktok berlangsung. Selanjutnya, kamu bisa persiapkan teks agar keperluan promosi dapat berjalan dengan mulus.

Pastikan tiap segmen sudah direncanakan secara detail. Jangan sampai kamu kebingungan di tengah live berlangsung ya!

  • Bikin judul live yang menarik

Ketika kamu menekan tombol untuk live di Tiktok, akan muncul timer dan dalam waktu tiga detik, kemudian kamu akan langsung masuk live. Di saat yang sama, kamu juga akan melihat kotak untuk memasukkan teks untuk nama acara live yang kamu adakan. 

Kamu bisa gunakan kotak kecil ini untuk menulis judul live di Tiktok yang akan menarik orang untuk menonton. Kamu juga bisa gunakan hashtag populer dalam judul supaya orang dapat mencarinya dengan mudah.

Tak hanya itu, sediakan juga cover photo yang menarik, sehingga audiens akan mengingat profil Tiktok-mu.

  • Libatkan audiens

Apa pun konten live-mu, gunakan setiap kesempatan untuk menumbuhkan hubungan antara kamu dan audiens. Karena, supaya upaya pemasaran di media sosial bisa lancar, harus ada rasa kepercayaan antara audiens dan streamer.

Kamu bisa menyambut mereka saat memasuki sesi live. Selain itu, kamu bisa melakukan sesi tanya jawab atau sekadar balas komentar, sehingga audiens bisa merasa diperhatikan.

  • Tambahkan CTA

Tips live di Tiktok terakhir adalah menyertakan CTA. Cara yang baik untuk menutup setiap live selain berterima kasih kepada audiens adalah dengan membuat mereka tetap terlibat.

Idealnya, kamu perlu membuat CTA yang dapat mendorong audiens untuk membantumu mencapai target. Berikut ini beberapa contoh CTA yang bisa kamu lakukan:

  • Minta audiens untuk menonton live pada waktu yang sama di jadwal kamu selanjutnya.
  • Beritahu mereka untuk mengunjungi situs webmu
  • Bagikan audiens kode diskon dan beri tahu mereka untuk menggunakannya sebelum kedaluwarsa.
  • Minta audiens untuk follow akun media sosialmu.

Intinya, kalau kamu ingin live Tiktok yang bagus, jangan lupa untuk bangun komunitas bersama para audiens.

Itulah tips live di Tiktok yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau audiens pada sesi live di Tiktok. Jangan lupa untuk rencanakan konten dan rangkaian live-mu dengan baik.

Kalau kamu mau belajar bagaimana cara memanfaatkan Tiktok untuk bisnismu lebih dalam lagi, kamu bisa ikutan kelas digital marketing bareng Argia Academy. Daftarnya di sini ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x