Laragon, Alternatif Terbaik Pengganti XAMPP

Cara Install Laragon, Alternatif Terbaik Pengganti XAMPP – Kalian para penggiat programming dan website? Pastinya udah akrab banget dong dengan aplikasi XAMPP, khususnya para pengguna Windows nih. Ya, karena sudah bukan rahasia umum lagi kalau aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang menjadi kebutuhan utama untuk development website dan aplikasi di komputer lokal. Dan terbukti, XAMPP memang sudah sangat membantu kalian para developer dan menjadi hal yang sangat diandalkan.

Untuk pengguna PHP biasa, XAMPP memang sudah sangat mumpuni. Namun, XAMPP kurang fleksibel untuk framework yang membutuhkan versi PHP tertentu, memasang ekstensi tertentu, atau membutuhkan konfigurasi lain yang perlu dikustomisasi. Misalnya, framework laravel dan codeigniter. Dari hal itu, mulai banyak pengguna XAMPP yang merasa bahwa XAMPP sudah tidak mampu lagi menyokong pengembangan website di komputer lokal. Lalu, apa solusinya dong?

Tenang, Kalem, Santuy! Solusinya adalah mengganti XAMPP dengan Laragon, alternatif terbaik yang gak kalah keren dan powerfull dari XAMPP. Laragon itu apa sih?

Baca Juga : Cara Membuat Email Domain Sendiri

Laragon, Pengganti XAMPP

Laragon adalah universal development environment portabel, terisolasi, cepat & kuat untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby. Aplikasi ini cepat, ringan dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga sangat bagus untuk membangun dan mengelola aplikasi web modern. Ini berfokus pada kinerja yang dirancang dengan stabilitas, kesederhanaan, fleksibilitas, dan kebebasan.

Keunggulan Laragon

  • Pretty URLs

Kalian dapat mengakses project melalui app.test saja tanpa harus menggunakan localhost/app.

  • Portable

Kalian bisa memindahkan folder (ke disk lain, ke laptop lain, menyinkronkan ke Cloud, dsb) tanpa perlu khawatir merusak sistem.

  • Isolated

Sistem Laragon terisolasi dari sistem operasi yang kalian miliki sehingga apapun yang kalian lakukan tidak akan mempengaruhi komputer lokal.

  • Easy Operation

Laragon sudah mengotomatiskan banyak konfigurasi yang kompleks sehinga kalian tinggal memakainya saja. Kalian bisa menambah versi baru dari PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL, MongoDB, atau yang lainnya dengan mudah.

  • Modern & Powerful

Aplikasi ini  sangat Modern & Powerful, hadir dengan arsitek modern yang cocok untuk membangun aplikasi web modern. Kalian dapat menggunakan Apache & Nginx sekaligus karena sepenuhnya dikelola. dan juga membuat segalanya jauh lebih mudah seperti : Cukup dengan satu klik saja, kalian bisa membuat CMS WordPress/Laravel, kalian juga bisa menunjukkan proyek lokal kepada pelanggan, bahkan mengaktifkan/menonaktifkan ekstensi PHP

Cara Install Laragon

  1. Download laragon pada link ini
  2. Double click file laragon yang sudah kalian download
  3. Jika muncul pesan security, cukup klik Run untuk melanjutkan instalasi
  4. Kemudian akan muncul gambar seperti ini, yakni Setup – Welcome Page. Klik Next  
  1. Selanjutnya pada Setup – Select Location, pilih lokasi atau direktori yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan folder hasil instalasi laragon, dengan cara klik Browse. Jika sudah, klik Next
  1. Pada Setup – Options, klik Next
  1. Instalasi akan berjalan, tunggu sampai proses selesai
  2. Klik Start All untuk memulai penggunaan 

Nah itu tadi bagaimana cara install laragon dengan segala kelibahannya yang mampu maju menjadi alternatif terbaik pengganti XAMPP. Selamat mencoba dan Semangat Belajar Argiatics!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.