Cara Membuat Email Domain Sendiri

Cara Membuat Email Domain Sendiri – Di dunia bisnis online, email menjadi kebutuhan primer. Ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari komunikasi dan marketing online. Kenapa? karena diperlukan untuk melancarkan komunikasi antar karyawan, konsumen dan klien. Sebenarnya, tak hanya untuk pebisnis saja, hingga saat ini, lebih dari 90% populasi orang dewasa di Amerika Serikat mengaku menggunakan email setiap hari. Berdasarkan fakta ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa menerapkan email marketing bisa menjadi metode paling jitu untuk menjangkau audiens yang lebih besar.

Melihat fakta sekaligus peluang itu, pebisnis menjadikan tool ini sebagai salah satu tool yang diandalkan untuk berbisnis menjembatai konsumen dan partner. Karena itulah, penting bagi pelaku bisnis untuk memiliki email pribadi yang profesional. Salah satu caranya adalah membuat email domain sendiri (contoh, name@mydomain.com) alih-alih yang gratis yang sangat umum tampilannya (misalnya, name@gmail.com).

Manfaat Menggunakan Email Domain?

Jika kalian menggunakan dengan nama domain, maka kalian akan mendapatkan beberapa benefit atau keuntungan diantaranya sebagai berikut.

  • Meningatkan Kepercayaan dan Reputasi Brand

Sangat jelas jika perusahaan memiliki email dengan nama domain sendiri akan memberikan reputasi yang baik. Adanya hal ini akan membuat Kalian dan perusahaan terlihat profesional, baik itu di mata sesama pebisnis, maupun konsumen. Dengan demikian, brand atau bisnis kalian akan mempunyai tingkat kredibilitas yang lebih tinggi.

  • Email Lebih Terarah

Dengan menggunakan layanan email domain, melalui salah satu penyedia hosting murah, maka dipastikan bahwa traffic email akan stabil dan cepat. Hal ini dikarenakan email yang Kalian kirim atau terima tidak tergabung dengan pengguna email lainnya di seluruh dunia, seakan server email milik Kalian sendiri. Dan bisa kalian fokuskan untuk mempromosikan bisnis dan brand kalian.

  • Keamanan

Keamanan data merupakan hal yang penting, terutama menyangkut data perusahaan, Hal inilah yang akan menguatkan mengapa perusahaan harus memiliki email domain sendiri dan menggunakan layanan hosting yang terpercaya dalam menjaga keamanan data email perusahaan.

  • Kapasitas Lebih Besar

Jika Kalian menggunakan email dengan nama domain sendiri, Kalian akan lebih leluasa dalam mengatur kapasitas penyimpanan email, ditambah dengan spesifikasi tinggi dari penyedia layanan hosting yang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan email kalian.

Baca Juga : Chatbot Telegram : Permudah Bisnis dengan Vutura

Sebenarnya, manfaat dari penggunaan email dengan nama domain sendiri masih banyak. Namun manfaat di atas sudah mewakili betapa berpengaruhnya hal ini untuk menjalankan bisnis. Maka dari itu, yuk kita intip bagaimana cara membuat akun email  domain sendiri di Cpanel!

Cara Membuat Akun Email dengan Nama Domain Sendiri di Cpanel

A. Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum memulainya, kalian harus pastikan bahwa beberapa hal berikut ini sudah kalian siapkan.

  1. Akun Email Gmail : Ini merupakan syarat wajib yang harus kalian siapkan terlebih dulu. Sebagai pebisnis online tentunya sudah punya email Gmail kan? Bila belum punya, silakan membuatnya terlebih dahulu. Untuk email Gmail ini boleh akun email kalian sendiri, atau untuk perusahan/ bisnis kalian.
  2. Domain dan Hosting : Syarat wajib yang ke dua adalah domain dan hosting. Domain saja tidak cukup. Kalian juga harus punya hosting. Bila sudah punya, silakan lanjut.
  3. Koneksi Internet yang Stabil : Dalam cara membuat email dengan domain sendiri juga butuh koneksi internet. Tidak harus kencang, yang penting stabil.

 

B. Membuat Akun Email

  1. Masuk ke cPanel kalian dengan alamat namadomain.com/cpanel
  2. Pada menu Email, klik tanda + di samping kanan. Kemudian klik pada submenu dengan nama Email Accounts
  3. Kalian akan diarahkan ke halaman Email Account seperti gambar di bawah ini
  4. Pada form yang tersedia, isikan nama email dan password. Untuk mailbox quota biarkan default sepert itu
  5. Klik tombol Create Account. Jika sudah maka hasilnya akan seperti ini.

 

C. Membuka Email

  1. Buka webmail di alamat webmail.namadomain.com
  2. Masukkan alamat email dan password dari akun yang sudah kalian buat
  3. Setelah berhasil login, untuk pertama kalinya kalian diminta untuk memilih 1 dari 3 aplikasi webmail sebagai webmail default. 3 Pilihan aplikasi webmail ini antara lain Horde, RoundCube dan SquirelMail. Setelah kalian memutuskan mau pilih yang mana, silakan Set as Default lalu logo aplikasi webmailnya. Sebagai contoh pada tutorial ini kita akan memilih RoundCube.
  4. Hasilnya akan seperti ini

Nah itu tadi bagaimana cara membuat akun email domain sendiri. selamat mencoba dan Semangat Belajar!