8 Ide Konten Sosmed Marketing Anti Boring

ide konten sosmed marketing
Ide konten sosmed marketing

Melakukan strategi sosial media marketing tentu membutuhkan konsistensi dalam membuat konten marketing. Biar branding gak boring, simak 8 ide konten sosmed  marketing berikut ini.

Ide Konten Sosmed Marketing

Sosmed masa ki

Membangun brand dan melakukan promosi di sosmed perlu kerja keras dan ketekunan, terutama dalam membuat konten marketing.

Kalau kamu rutin memposting konten marketing yang menarik dan bermanfaat, maka audiens-mu bisa tertarik untuk melakukan pembelian atau mengikuti akun.

Tetapi, membuat content plan atau content calendar tidak mudah. Lama-kelamaan kamu akan kehabisan ide dan follower akan berkurang jika sosmed brand-mu tidak lagi membuat konten yang segar.

Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa ide konten sosial media marketing berikut ini:

  • Tips & Trick

Konten marketing yang bersifat edukatif dirasa dapat memberikan manfaat untuk audiens yang melihatnya. Itulah mengapa ide konten sosmed marketing tips dan trick amat digemari followers.

Konten tips dan trick tidak memaksa audiens untuk membeli produk, yang mana itu adalah hal yang kurang nyaman bagi audiens, melainkan sebagai konten untuk membangun brand awareness dan teknik soft selling.

  • Info Industri

Konten marketing yang bersifat informatif dapat mencerminkan ekspertasi seseorang atau sebuah brand. Dengan begitu, audiens akan lebih percaya dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Konten seperti info industri memberi manfaat bagi audiens yang memiliki ketertarikan atau berkutat di bidang industri serupa.

  • Behind the scenes

Konten yang memperlihatkan behind the scene dari produk atau layanan yang ditawarkan dapat menampilkan keunggulan atau value dari brand yang kamu bangun.

Misalnya, kamu memperlihatkan proses pembuatan produk yang higienis di lokasi dan fasilitas yang bersih, serta dikerjakan oleh karyawan dengan seragam steril.

Dengan begitu akan meningkatkan kepercayaan konsumen akan produkmu yang memiliki standar kebersihan yang tinggi dan membuat mereka tidak ragu untuk mengkonsumsinya.

  • The Superheroes

Dalam sebuah bisnis, bukan hanya produk yang menjadi daya tarik bagi audiens. Karena, bisnis dijalankan oleh sekelompok orang dengan kemampuan dan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda.

Kamu bisa mengangkat profil karyawan yang berprestasi, kisah sukses pendiri perusahaan, maupun kisah mitra bisnismu sebagai sebuah kisah inspiratif. Kisah-kisah seperti itu akan selalu ditunggu audiens brand-mu.

Tunjukkan apresiasimu kepada orang-orang yang membantu dan turut andil dalam kesuksesan bisnismu. Dengan begitu, calon konsumen akan menganggap perusahaanmu yang menghargai kerja keras orang lain.

  • Top List

Salah satu ide konten sosmed marketing yang mudah dibuat adalah konten top list. Top list adalah daftar populer dari suatu hal yang dapat bermanfaat atau menarik minat audiens.

Contohnya, kalau kamu menjual produk skincare untuk wajah berjerawat, maka kamu bisa membuat konten dengan judul “8 Kebiasaan Sepele Penyebab Jerawat”.

Tentu hal tersebut bermanfaat untuk audiens-mu yang memiliki masalah serupa. Lalu, kamu bisa mengakhiri konten dengan menawarkan solusi perawatan kulit berjerawat dengan menggunakan produk yang kamu jual.

Hal tersebut merupakan salah satu soft-selling tanpa kesan memaksa, namun memberikan edukasi dan info yang bermanfaat.

  • Polling

Salah satu target pembuatan konten marketing adalah untuk meningkatkan reach dan engagement audiens sosmed-mu. Ide konten sosmed marketing seperti polling adalah salah satunya yang sering digunakan untuk meningkatkan engagement rate di sosial media.

Pertanyaan-pertanyaan polling harus dibuat menarik dan hasil polling harus dapat memberikan manfaat bagi audiens-mu.

Buat batas waktu untuk mengumpulkan polling dan berikan rewards jika salah satu pilihan polling menjadi yang lebih unggul.

  • Quiz

Membuat konten marketing memang harus konsisten dan tekun agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi, kamu juga harus melihat apakah konten marketing-mu didominasi oleh konten yang bersifat promosi.

Jika iya, maka hindari hal tersebut dengan membuat konten quiz yang melibatkan audiens agar engagement rate meningkat. Berikan hadiah kepada pemenang kuis agar follower lebih bersemangat dalam berpartisipasi di kuis yang kamu buat.

  • Video Animasi

Data menunjukkan bahwa ide konten sosmed marketing berupa video bisa memberi views dan engagement terbanyak dibanding konten visual, tekstual, maupun audio saja.

Video animasi yang menyuguhkan visual menarik dan pembahasan yang bermanfaat tentu akan membuat audiens betah berlama-lama di sosmed kamu.

Gimana? Udah ada gambaran belum mau ngonten tentang apa di sosmed marketing kamu? Kalau masih bingung dan mau belajar lebih dalam lagi tentang ide konten sosmed marketing buat sosmed bisnismu, yuk belajar bareng Argia Academy!

Nggak cuma belajar tentang ide konten aja, kamu juga bakal diajarin bagaimana algoritma sosmed bekerja sampai cara membaca analisis. Tertarik? Langsung aja klik di sini, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x