fbpx

Cara Membuat Website Online

berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat sebuah website online (bisa diakses di internet).

Kita akan mempelajari teori seputar web hosting dan web domain, kemudian praktek cara membeli hosting dan domain, setting server, mengenal CPanel, upload dengan FTP, menginstall CMS seperti wordpress, dll. Di halaman ini, saya meng-index seluruh tutorial dan artikel cara membuat web online di duniailkom:

Mengenal Web Hosting dan Web Domain

A. Pengertian Web Hosting

web host atau web hosting adalah harddisk atau media tempat meletakkan file-file website agar bisa diakses dari internet.

Sebagaimana yang kita ketahui, sebuah website terdiri dari berbagai file seperti HTML, CSS, JavaScript dan PHP. Agar dapat diakses dari internet, file-file ini harus diletakkan di sebuah tempat. Tempat inilah yang dimaksud dengan web hosting.

Dalam implementasinya, kita akan ‘menyewa’ web hosting dari perusahaan penyedia web host. Umumnya jangka waktu menyewa ini mulai dari bulanan hingga tahunan. Harganya pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah per tahun tergantung layanan yang ditawarkan.

Faktor yang mempengaruhi harga diantaranya: ukuran harddisk, besar bandwidth, jumlah domain yang bisa ditambah, jumlah email, serta fitur-fitur tambahan lain.

Bentuk fisik dari web hosting ini adalah sebuah komputer server (komputer yang lebih ‘powerful’ jika dibandingkan dengan komputer rumahan). Umumnya server ini menggunakan sistem operasi Linux, namun kita tidak akan bersentuhan langsung dengan sistem operasi ini.

Di dalam server inilah terdapat aplikasi web server seperti Apache, Nginx, atau LiteSpeed. Web server inilah yang akan memproses pengiriman file-file website dari harddisk server ke web browser pengunjung.

B. Jenis dan Tipe Web Hosting

-Web Hosting Gratis atau Free Hosting
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server hosting di Dunia Komputer yang pertama adalah Free Hosting. Anda akan dengan mudah mencari layanan web hosting dan domain gratis ini di internet dengan menggunakan fasilitas search engine seperti google atau yang lainnya. Biasanya penyedia web hosting tidak mengenakan biaya atau memberikan tarif gratis sebagai sebuah promosi dari layanan hosting mereka yang berbayar. Jika anda ingin berpindah dan menggunakan fasilitas yang penuh, anda pun dapat dengan mudah melakukan upgrade.

-Web Hosting Berbagi atau Shared Hosting
Jenis hosting ini merupakan jenis hosting yang paling sering digunakan bahkan di seluruh dunia. Mengapa? Karena salah satu Macam-Macam Jenis Server hosting di Dunia Komputer ini bukan hanya murah, namun juga memiliki layanan yang dapat mencukupi segala kebutuhan pelanggan dari bisnis kecil sampai dengan bisnis menengah dan ini tergantung dengan jenis website. Biasanya, untuk menggunakan layanan web hosting ini anda hanya perlu untuk mengeluarkan biaya sebesar 100 hingga 200 ribu untuk mendapatkan ruang sebesar 2 GB – 7,5 GB dengan bandwith unlimited.

-VPS Web Hosting
Pengertian dan Macam-Macam Jenis Server di Dunia Komputer yang ketiga adalah VPS Web Hosting. Layanan ini sangat sesuai khususnya bagi anda yang memiliki situs atau website dengan traffic yang banyak setiap saat. VPS Web Hosting merupakan jalan tengah yang terbaik jika shared hosting sudah tidak dapat menghandle dan jika dedicated server terlalu mahal untuk anda. VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Jadi disini anda dapat seperti memiliki server sendiri untuk situs anda. dengan server ini

-Dedicated Web Hosting
Dedicated Web Hosting atau Dedicated server adalah sebuah layanan yang paling diinginkan oleh para webmaster. Hal ini karena server ini memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan handle terhadap traffic yang sangat banyak dan memiliki banyak fitur premium di dalamnya. Selain itu, anda pun memiliki control penuh terhadap server ini walaupun anda hanya menyewanya.

– Managed Web Hosting
Managed Hosting / Web Hosting Terkelola ini adalah web hosting yang dikhususkan untuk situs dengan Platform yang sama. Seperti misalnya Managed WordPress Hosting maka web hosting tersebut hanya dikhususkan untuk situs-situs yang dibuat dengan WordPress saja. managed web hosting biasanya lebih aman, kinerjanya lebih optimal, dan penyedianya punya orang-orang yang benar-benar paham dengan platform yang dipakai, jadi masalah kita lebih mungkin ditangani oleh orang yang benar. Selain itu, kita juga akan lebih mudah melakukan beragam pengaturan, mulai dari installasi WordPress itu sendiri, sampai setting macam-macamnya.

C. Hal-Hal Penting Sebelum Membeli Web Hosting

  • Pilih Perusahaan Lokal atau Luar Negeri
  • Bandingkan Harga dan Fitur yang Disediakan
  • Mencari Review dan Pengalaman Pengguna Lain
  • Kupon Discount dan Hari Khusus
  • Memisahkan Web Hosting dengan Domain Registrar
  • Jadi, Web Hosting mana yang sebaiknya saya beli?

Sumber referensi
https://blog.dimensidata.com/pengertian-lengkap-dan-macam-tipe-jenis-web-hosting/
https://www.duniailkom.com/tutorial-cara-membuat-website-online/

15 Maret 2019
X
X