fbpx

Cara Build Website WordPress Menjadi Aplikasi Android

Semakin berjalannya waktu, tak terasa dunia semakin berkembang begitu pesat. Segala lini kehidupan bertransformasi ke tahap yang cepat dan segalanya serba dipermudah. Apalagi, sekarang dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0, dimana segalanya serba digital. Para masyarakat hanya memerlukan sebuah gadget untuk menyelami segala aspek dunia. Segalanya hanya memerlukan satu klik saja sudah bisa mendapatkan segala yang kita inginkan.

Salah satunya adalah munculnya aplikasi android. Aplikasi android kini telah memiliki pengguna yang cukup banyak. Iklan dan aktifitas pemasaran pun secara perlahan-lahan beralih ke telepon pintar melalui aplikasi android. Hal tersebut dikarenakan banyak manfaat yang diperoleh baik bagi para pengguna maupun para developer/pebisnis, antara lain :

  1. Fleksibel, baik dari segi waktu maupun tempat
  2. Pelayanan Terbaik, terutama bagi para pebisnis yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi klien atau pelanggan
  3. Manajemen Hubungan Pelanggan yang Baik, aplikasi android ini dapat menjadi alat manajemen hubungan pelanggan yang sangat baik karena fiturnya yang dapat berinteraksi dengan pelanggan atau klien secara real time. Sehingga, dengan aplikasi android ini memudahkan para pebisnis untuk mendapatkan penilaian yang bagus dari pengguna.

 

Nah, untuk membuat sebuah aplikasi android sendiri pada umumnya lumayan sulit untuk dilakukan. Karena memang kita perlu memahami sistem pemrograman android yang tidak cukup mudah untuk dipelajari. Namun, bagi kalian para pengguna wordpress tak perlu khawatir. Kita bisa dengan mudah mengubah website wordpress kita menjadi sebuah aplikasi android tanpa harus memahami terlebih dahulu pemrograman android. Kita hanya memerlukan sebuah plugin saja untuk membuild nya menjadi APK. Nah, mau tau caranya? yuk kita simak bagaimana cara membuild website wordpress menjadi aplikasi android!

Cara Membuild WordPress Menjadi Aplikasi Android

  1. Download plugin “wappPress” melalui link https://wordpress.org/plugins/wapppress-builds-android-app-for-website/

  1. Masuklah ke dalam dashboard website wordpress kalian. Nah, membuild wordpress menjadi aplikasi android ini hanya bisa dilakukan apabila Website WordPress Sudah di-Online-kan atau Bukan di Localhost.
  2. Klik menu Plugin » Add New.

  1. Kemudian klik Upload Plugin » Choose File. Kemudian pilih file plugin WappPress yang sudah kalian download sebelumnya. Klik Install Now.

  1. Setelah terinstal, klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin.

  1. Klik menu wappPress BASIC » wappPress BASIC

  1. Kemudian akan muncul halaman seperti di bawah ini, klik menu Settings & Build APP. Nah, wappPress sendiri menyediakan dua versi, yakni versi berbayar dan versi gratis. Yang tentunya kedua versi tersebut memiliki fitur yang berbeda, kalian bisa memilih yang versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang jauh lebih lengkap dari pada versi yang gratis.

  1. Untuk pertama, kalian akan masuk ke step Setting. Kalian bisa melengkapi form-form yang sudah disediakan. Dan disamping kanan akan muncul preview atau tampilan yang nantinya akan muncul di aplikasi android kalian nantinya. Setelah selesai, klik Save Changes.

  1. Kemudian lanjut ke step Build Android App.
  2. Name : nama dari website atau organisasi perusahaan kalian
  3. Email : email website atau organisasi perusahaan kalian
  4. App Name : Nama aplikasi yang akan kalian buat, hanya terdiri dari 5 karakter
  5. Choose Launcher Icon Design Type : Icon atau gambar dari aplikasi kalian, bisa menggunakan desain icon kalian sendiri atau menggunakan desain dari wappPress
  6. Choose SplashScreen Design Type : Gambar yang akan ditampilkan ketika aplikasi pertama kali dibuka atau dijalankan.
  7. AdMob : Memperbolehkan iklan di dalam aplikasi kalian atau tidak.

 

Setelah selesai, klik Build Generate App. Maka wappPress akan membuild website wordpress menjadi aplikasi android.

Nah, itu tadi bagaimana cara membuild website wordpress kalian menjadi aplikasi android. Kalian bisa mencobanya dan Selamat Belajar!

16 September 2019

0 responses on "Cara Build Website Wordpress Menjadi Aplikasi Android"

    Leave a Message

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

    I agree to these terms.

    X
    X