Apa Sih Perbedaan Domain dan Hosting? Yuk Temukan Jawabannya!

Sebagai orang teknis khususnya dibidang website, pasti tau dong kalau ada berbagai macam istilah dan nama dalam dunia perwebsite-an yang kamu jarang dengarkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tentunya itu menjadi hal yang fatal, dan harus kalian pahami dalam membuat sebuah webiste. Nah, dua diantaranya adalah HOSTING dan DOMAIN. Dua hal itu adalah hal yang penting dalam membangun dan keberlangsungan website kalian.

Dan tentu tidak sedikit dari kalian yang bertanya-tanya dan kebingungan, sebenarnya apa sih perbedaan domain dan hosting? Mengapa domain dan hosting menjadi elemen yang harus diperlukan dalam memabngun website? Dan masih banyak pertanyaan seputar hosting dan domain. Secara umum, hanya sedikit orang yang tahu tentang domain dan hosting, karena memang tidak setiap orang menggunakan website. Apalagi untuk kalian yang masih pemula yang baru ingin membuat website, pasti masing-masing dari kalian merasa asing dan awam tentang domain dan hosting.  Namun, apalagi kalian mau terjun ke dunia website, maka sebuah keharusan bagi kalian untuk memahami dua istilah tadi.  Karena dua komponen ini adalah komponen utama dalam pembuatan website. Tanpa domain dan hosting, website kalian tidak dapat di-online-kan dan tidak dapat diakses internet.

Nah, jadi, yuk kita intip dan pahami bersama apa definisi dan perbedaan antara hosting dan domain!

Hosting adalah sebuah lahan dimana kalian dapat membangun “rumah-rumah” di atasnya. Nah, rumah-rumah yang ada di dalam lahan itu dinamakan Domain sebagai nama alamat dari rumah kalian”

HOSTING

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data yang biasa ada di komputer. Komponen ini memiliki bentuk secara fisik yang disebut dengan server. Khusus hosting untuk website, biasa disebut dengan web hosting. Server untuk web hosting dilengkapi dengan sistem operasi dan juga software. Tujuannya agar bisa menjalankan web dan bisa terus beroperasi tanpa terkecuali.

Menurut wpbeginner, Hosting memiliki fungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan segala file yang dibutuhkan dan ada pada website kalian. Hal tersebut bertujuan agar website kalian nantinya dapat diakses oleh siapapun di internet secara online. File-file yang ada di dalam website harus disimpan dalam sebuah server Hosting yang aktif full selama 24 Jam.

Jadi, secara garis besar, ketika kalian mau membeli dan menyewa sebuah hosting, kalian akan secara otomatis mendapatkan jasa penyimpanan data yang nantinya dapat kalian gunakan untuk membangun dan mengonlinekan website milik kalian, baik itu dari segi teks, video, audio, gambar, file, database, dan lainnya.

DOMAIN

Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. Nama yang ada di dalam domain adalah nama yang kamu pilih sebagai alamat dari website kamu sendiri. Keberadaan domain ini juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan Hosting. Tanpa domain, website kalian tidak akan memiliki nama. Nama domain adalah nama yang akan mengirim pesan ke alamat IP server hosting. Jadi, saat kalian menulis nama domain di address bar, yang sebenarnya kalian akses adalah server IP yang akan kamu tuju.

Contoh domain :

  • argiaacademy,com
  • argiacyber.com

Domain sendiri ada dua jenis, yakni Domain gTLD Domain dan ccTLD.

  1. Domain gTLD

Adalah domain global dan tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain gTLD seperti : .com, .net, .org, dsb

  1. Domain ccTLD

Adalah sebuah domain yang diperuntungkan bagi negara masing-masing. Contoh dari domain cctld seperti : .co.id, .my.id, .id, co.fr, dsb

Untuk nama domain sendiri, berlaku satu domain satu pengguna dan domain tidak bisa di booking. Apabila kalian sudah menentukan nama domain, maka kalian harus segera melakukan pemesanan dan pelunasan, karena kalau tidak, nama domain kalian akan segera diaktikan oleh orang lain dan akhirnya kalian tidak bisa menggunakan nama domain tersebut.

KESIMPULAN

Kesimpulannya, hosting adalah tempat penyimpanan data. Sedangkan, server adalah kumpulan hardware yang mendukung kinerja hosting. Sementara itu, domain adalah nama atau alamat website kamu, bisa disebut juga identitas untuk mengakses website kamu dengan mudah. Kamu tidak akan bisa memiliki website tanpa ketiganya karena semuanya saling berkesinambungan dan saling bergantung satu sama lain.

Nah, itu tadi perbedaan hosting dan domain. Semoga kalian bisa sudah paham dan Selamat Belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published.