fbpx

8 Alasan Mengapa Harus Memilih Laravel Menjadi Framework Untuk Website Kamu!

Membuat sebuah aplikasi teknologi, salah satunya website menjadi sebuah pekerjaan yang tidak bisa dibilang mudah. Namun, hal tersebut tak menghalangi para developer untuk terus mengembangkan teknologi. Dan di sisi lain, berhasil merebut perhatian masyarakat dunia dalam beberapa waktu terakhir ini. Melihat fenomena ini, akhirnya munculah tool-tool ataupun teknik baru yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan para developer untuk membangun website lebih mudah dan cepat. Tool itu adalah framework.

Kecermatan dalam memilih framework yang baik, menjadi hal yang cukup fatal. Framework yang baik adalah framework yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi website yang akan kalian bangun. Tidak hanya itu, framework juga harus bisa menyederhanakan proses pembuatan dan menghasilkan performa aplikasi web yang kita bangun menjadi lebih maksimal.

Dan seperti yang sudah sebagian besar dari kalian ketahui, bahwa sudah cukup banyak framework PHP di dunia ini. Mulai dari Codeigniter yang ringan dan mudah dipelajari, Zend Framework yang terlalu kompleks dan enterprise, Cake PHP yang bisa dengan ajaib membuat prototype CRUD dalam hitungan detik, hingga yang lebih robust si Yii Framework. Dan pada dasarnya, semua framework yang ada sama saja, hanya saja dengan struktur yang berbeda.

Akhir-akhir ini, dari sekian banyak framework PHP yang muncul, ada satu framework PHP yang menjadi primadona bagi sebagian besar para developer nih, ya ya ya, ini dia LARAVEL!

Apa Sih Laravel Itu?

Laravel adalah salah satu framework PHP terbaik yang dikembangkan oleh Taylor Otwell. Sebagai sebuah framework PHP, Laravel hadir sebagai platform web development yang bersifat open source. Yang menarik dari laravel adalah sintaksnya yang ekspresif dan elegan yang dirancang khusus untuk memudahkan dan mempercepat proses web developement.

Nah, sejak kemunculannya di tahun 2012, Laravel mengaku menjadi framework yang “clean and classy”, yang dimana pada tahun itu Laravel dianggap cukup aneh dan berbeda dimana framework ini muncul dengan membawa ideologi baru yang selama masa itu jarang diperhatikan, yaitu aspek “clean code” dan “expressiveness”. Dua aspek itu menjadikan laravel memiliki kode yang lebih singkat, mudah dimengerti, dan ekspressif. Jadi, hanya dengan membaca sekilas kode yang ditulis kalian sudah bisa menduga apa maksudnya tanpa perlu membaca dokumentasi.

Manfaat Laravel untuk Pengembangan Website

Dengan menyediakan beberapa keunggulan dibidang tool dan fitur unggulan lainnya, Laravel menawarkan beberapa keuntungan apabila kalian menggunakan laravel sebagai framework dasar dalam mengembangkan website kalian. Apa aja? Yuk kita lihat!

  1. Website menjadi lebih mudah dikembangkan
  2. Terdapat namespace dan tampilan yang membantu kalian dalam mengorganisir dan mengatur sumber daya website
  3. Proses pengembangan menjadi lebih cepat sehingga menghemat waktu karena Laravel dapat dikombinasikan dengan beberapa komponen dari framework lain untuk semakin mengembangkan website yang kalian bangun

Nah, setelah tau gambaran umum mengenai Laravel. Yuk kita simak apa saja yang dimiliki Laravel hingga banyak developer yang menjadi jatuh hati dan memutuskan untuk memilih Laravel, dan mungkin kalian selanjutnya?

 

8 Alasan Mengapa Laravel menjadi Pilihan Terbaik!

 

  1. Mudah dan Dokumentasi Lengkap

Sebuah framework yang baik adalah yang bisa dengan mudah digunakan dan tergolong awam untuk pengguna pemula. Di Laravel ini, meski kalian bukan seorang yang expert dalam bidang web development, akan tetapi sudah memiliki basic pemahaman PHP dengan baik, maka kamu tidak perlu ragu dan khawatir. Laravel akan dengan mudah bisa kalian pahami strukturnya, sebab dokumentasi yang mereka sediakan tergolong ke dalam dokumentasi yang sangat baik, rapi, mudah dan jelas. Sehingga akan sangat membantu kalian dalam memahami dan mempelajari Laravel.

 

  1. Keamanan

Laravel akan memberikan kalian beberapa pilihan penting yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang kalian bangun tetap aman. ORM Laravel menggunakan PDO yang dapat mencegah SQL Injection. Serta memiliki fitur proteksi csrf token,dan masih banyak hal lainnya lagi yang mampu menunjang keamanan aplikasi website kalian.

 

  1. Syntax yang Cool dan Expressive

Laravel diciptakan dengan melakukan pendekatan yang berbeda dengan framework lainnya, misalnya dengan membuang parameter yang sifatnya flagging dan memilih untuk membuat fungsi yang berbeda. Pendekatan semacam ini lebih jelas, karena minimal satu parameter fungsi telah disederhanakan. Dan yang lebih ekstrimnya lagi, kalian bisa saja membuat aplikasi website tanpa Model, View, atau Controller.

 

  1. Template Layout Ringan

Framework laravel menyediakan template layout yang ringan dan terdapat fitur untuk menambahkan tamplate tambahan yang ringan. Sehingga para developer dapat membuat dan melakukan pengembangan menggunakan layout yang cukup powerful.

 

  1. Mendukung Framework MVC (Model-View-Controller)

Laravel adalah salah satu dari sekian banyak framework PHP yang mendukung framework MVC. MVC ini menangani hampir keseluruhan bagian aplikasi dari Laravel. Dengan MVC, antara logika dan tampilan aplikasi dipisahkan, sehingga performa menjadi lebih optimal.

 

  1. Mempunyai Banyak Library Object Oriented

Library Object Oriented disediakan dengan skala yang cukup banyak oleh laravel. Selain itu, laravel juga mempunyai berbagai macam library yang tidak akan kalian jumpai di dalam framework PHP yang tak kalah populer lainnya. Salah satu library yang paling penting adalah library otentikasi. Laravel memiliki library otentifikasi Bcrypt hashing dimana itu menjadi fitur yang tercanggih di bidang otentifikasi.

 

  1. Tersedia Tool Artisan

Kalian para developer pasti terkadang membutuhkan interaksi antara laravel dengan framework lain menggunakan command line yang berguna untuk membuat dan menangani environment di aplikasi website kalian.

Nah, laravel mempunyai tool Artisan yang mana merupakan tool command line. Fungsi utama dari Artisan adalah melakukan tugas repitisi dan memproses permorgraman yang kompleks yang mana terkadang kalian sebagai developer terkadang mengabaikannya selama projek aplikasi website kalian berjalan.

 

  1. Memiliki Fitur Migration

Migration adalah salah satu fitur utama yang dimiliki oleh Laravel. Dengan migration memungkinkan kalian untuk mempertahankan struktur database yang kalian miliki tanpa harus membuatnya kembali. Migration memungkinkan kalian untuk menuliskan code php untuk mengatur database. Dengan migration pula kalian dapat mengembalikan beberapa perubahan terakhir yang kalian lakukan pada database.

Itu tadi informasi apa saja yang bisa kalian jadikan pertimbangan untuk memilih Laravel dan terangkum dalam 8 Alasan Mengapa kamu harus memilih laravel sebagai framework pembangun aplikasi website yang akan kalian bangun. Dan sebenarnya masih ada begitu banyak kelebihan, fitur, dan tool yang akan menunjang berbagai kemudahan untuk kalian. Kalian bisa langsung mencoba dan merasakan ke elegan-an laravel. Selamat mencoba dan Semangat Belajar!

15 Januari 2020
X
X