fbpx

Yuk Intip! Apa Aja Sih Jenis-Jenis Website ?

Sebelum kalian membuat website,tentu kalian harus mengetahui jenis website yang kalian butuhkan.website terdiri atas berbagai jenis di internet dan dapat di kategorikan namun berdasarkan fungsi, platfotm dan sifatnya.

Membuat website sama dengan ketika kalian  membeli produk. Ada hal-hal yang harus di pertimbangkan untuk menentukan produk yang cocok untuk anda. sebab itu terdapat beberapa macam website,namun setiap website membawa fungsi yang berbeda.

Misalnya, kalian ingin membeli computer, tentu ada jenis dan spesifikasi tertentu yang anda inginkan bukan? Sama juga ketika kalian membuat website. Kalian harus memahami jenis-jenis website yang ada agar  bisa menentukan jenis web yang terbaik.

Karena dengan menentukan jenis website yang akan kita buat akan berdampak pada tampilan, konten, dan konsep yang kita terapkan pada website. Semua nya harus berkesinambungan dan berelasi agar tidak ambigu jika para pengguna internet mengunjungi website kita nantinya. Nah, ada beberapa jenis website yang ada di mesin pencari dan itu akan kita bahas sama-sama . Nah apa aja sih jenis website nya itu? Yuk kita Intip!

 

  1. Blog atau website Pribadi

Sejak awal tahun 2000-an, blog menjadi tren baru sebagai jurnal pribadi yang bisa dikelola dan diakses secara online. Jika Anda ingin menuliskan pengalaman pribadi, opini, atau kisah perjalanan, Anda bisa mempublikasikannya melalui blog.

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama ).

Cikal bakal blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses blog Justin.

Berkat inisiatifnya membuat jurnal online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger.

Walaupun begitu, inisiatif Justin Hall pada awalnya tidak disebut sebagai blog, tetapi sebagai “personal home page”. Justin memanfaatkan personal home page tersebut untuk menuliskan kehidupan pribadinya, dari kuliah, hubungan dengan ayahnya, hingga kehidupan asmaranya .

Selain digunakan sebagai jurnal pribadi, blog juga dapat digunakan sebagai alat content marketing. Anda dapat mendatangkan trafik ke website toko online atau website perusahaan Anda melalui blog.

Anda dapat membuat konten atau artikel menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh calon konsumen Anda. Misalnya, Anda menjual sepatu kulit. Anda bisa menulis artikel di blog content marketing dengan kata kunci seperti “cara merawat sepatu kulit” atau “sepatu kulit terbaik”.

 

  1. Ecommerce /toko online

Kalian juga dapat memanfaatkan website untuk membuat toko online. Meskipun kalian sudah berjualan di marketplace atau media sosial, kalian tetap memerlukan website. Sebagaimana kalian memiliki toko fisik di dunia nyata, website dapat difungsikan sebagai “toko” kalian di dunia maya.

kalian bisa mengarahkan calon konsumen dari media sosial ke website toko online agar semua transaksi terjadi di website. Jadi semua transaksi toko online bisa tercatat secara otomatis dan Anda bisa mengevaluasinya dengan mudah menggunakan bantuan Google Analytics.

Apasih Toko Online itu? Ecommerce atau Toko Online adalah sebuah industri bisnis dimana penjualan dan pembelian barang atau jasa dilakukan dengan sistem Online menggunakan Internet atau jaringan komputer lainnya.

Toko Online menggunakan teknologi yang meliputi Teknologi Mobile Commerce, Transfer Elektronik, Manajemen stok barang, Internet Marketing, Proses Transaksi Online, Pertukaran Data Elektronik / Electronic Data Interchange (EDI), dan Manajemen Data System Otomatis.

Sistem Toko Online modern menggunakan World Wide Web (WWW) untuk setiap transaksinya, meskipun saat ini telah berkembang lebih jauh menuju teknologi seperti e-mail, perangkat mobile, social media dan telepon.

Toko Online berkembang sangat pesat di Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin membaur dengan kehidupan masyarakat, kebutuhan seperti pakaian, makanan, perlengkapan rumah tangga dan segala macam yang dijual di Toko pada umumnya, tersedia lengkap di Toko Online.

 

  1. Website Perusahaan

Di jaman sekarang banyak perushaan besar maupun kecil yang menggunakan website unduk menjual jasa ataupun produknya di website. Kemajuan perusahaan tersebut terbukti semakin menaik dan popular karena manfaat dari website perusahaan ini

Contoh web perusahaan yaitu: Nestle, Lukoil, Unilever, HSBC, GSK.TrueLinksWear, Fronks , Zugu, dan lainya.

 

  1. Organisasi atau instansi pemerintah

Website juga dapat dimanfaatkan sebagai laman resmi organisasi. Hal ini agar masyarakat bisa mengakses informasi terbaru tentang kegiatan organisasi dengan mudah. Biasanya website organisasi menggunakan domain .org atau .or.id. Sedangkan website instansi pemerintah menggunakan domain .go.id.

 

  1. Media sharing

Jenis website ini berguna untuk berbagi media baik gambar, file musik, hingga video. User dapat upload ke situs tersebut dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Contoh website jenis ini ialah seperti souncloud, youtube, dan berbagai web stock photo.

 

  1. Komunitas Online

Manfaat dari website komunitas ini dapat di rasakan oleh komunitas itu sendiri. Biasanya di dalam website komunitas terdapat satu hal yang di bahas mulai dari ilmu pengetahuan,politik,ekonomi,fans idola,ataupun yang lainya.

berikut ini contoh dari Komunitas online: kaskus, detik forum, fiksimini, tengah, diatas, fotografer.net, dan lainya.

 

  1. Website Berita

Website berita bertujuan untuk menyampaikan hal penting tentang politik,ekonomi,social budaya,teknologi dalam internasional maupun global.

Berikut ini contoh website berita: detik.com, kompas.com, liputan6.com, tribunnews.com, viva.co.id, dan lainya

Sudah faham kah kalian fungsi-fungsi dari website berserta contoh yang di atas tadi?, sesungguhnya masih banyak lagi contoh dan fungsi website tersebut , nanti kalo di sebut satu per satu bisa bosen kalian. Jadi kami persingkat  agar mudah di fahami. Sekian artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

18 November 2019
X
X